Sammy Cahn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sammy Cahn
Sammy Cahn 1950s.JPG
Cahn c. 1958
Latar belakang
Nama lahirSamuel Cohen
Lahir(1913-06-18)18 Juni 1913
New York City, New York, Amerika Serikat
Meninggal15 Januari 1993(1993-01-15) (umur 79)
Los Angeles, California, Amerika Serikat
PekerjaanPenulis lirik

Sammy Cahn (18 Juni 1913 – 15 Januari 1993) adalah seorang penulis lirik, penulis lagu dan pemusik Amerika Serikat. Dia terkenal dengan lirik romantisnya untuk film dan lagu Broadway, serta lagu-lagu yang berdiri sendiri ditayangkan perdana oleh perusahaan rekaman di Greater Los Angeles Area. Dia dan kolaboratornya memiliki serangkaian rekaman hit dengan Frank Sinatra selama masa jabatan penyanyi di Capitol Records, tapi juga menikmati hits dengan Dean Martin, Doris Day dan banyak lainnya. . Dia memainkan piano dan biola. Dia memenangkan Academy Award empat kali untuk lagunya, termasuk lagu populer "Three Coins in the Fountain".

Di antara lagu-lagunya yang paling bertahan adalah "Let It Snow! Let It Snow! Let It Snow!", ditulis bersama dengan Jule Styne pada tahun 1945.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Makam Sammy Cahn

Cahn meninggal pada tanggal 15 Januari 1993, pada usia 79 tahun di Los Angeles, California akibat gagal jantung. Jenazahnya dikebumikan di Westwood Village Memorial Park Cemetery.[2]

Dia mengubah nama belakangnya dari Cohen menjadi Kahn untuk menghindari kebingungan dengan komik dan aktor MGM Sammy Cohen.[3] dan kembali dari Kahn ke Cahn untuk menghindari kebingungan dengan penulis lirik Gus Kahn.

Dia menikah dua kali: pertama untuk vokalis dan mantan Goldwyn girl Gloria Delson[4] pada tahun 1945, dengannya ia memiliki dua anak, dan kemudian, pada tahun 1970, bersama Virginia (Tita) Curtis, mantan koordinator mode untuk perancang busana Donald Brooks. Dia adalah ayah dari Laurie Cahn dan gitaris jazz/fusion Steve Khan[5] yang, di awal kariernya, mengubah ejaan nama belakangnya menjadi Khan untuk "menciptakan identitas terpisah dari ayah yang terkenal" dan karena dia "sangat terluka dan marah kepadanya karena begitu banyak hal masa kecil."[6]

Komponis Garnisun Hintz menukar banyak surat dengan Cahn mengenai komposisi musik dan memberi kredit kepada Cahn dengan mengajari dia karya tulis lirik.[7]

Pengakuan, penghargaan dan warisan[sunting | sunting sumber]

Sammy Cahn dan penampil Broadway revue Words and Music.

Selama kariernya, ia dinominasikan untuk 31 Academy Awards, lima Golden Globe Awards, dan sebuah Emmy Awards. Dia juga menerima nominasi Grammy Awards, dengan Van Heusen, untuk Best Original Score Written for a Motion Picture or Television Show untuk film Robin dan 7 Hoods. Dia telah memenangkan Christopher Award, Outer Critics Circle Award, dan Theatre World Award (untuk Pendatang Baru Terbaik ke Broadway).[8]

Pada tahun 1988, Sammy Film Music Awards (the "Sammy"), sebuah penghargaan tahunan untuk lagu dan skor film, dimulai untuk menghormatinya.[9] Ketika diberitahu oleh Roger Lee Hall, Cahn mengatakan bahwa dia "merasa tersanjung dan merasa terhormat" bahwa penghargaan tersebut dinamai menurut namanya.[10] Dia dipilih karena dia telah menerima lebih banyak nominasi Academy Award daripada penulis lagu lainnya, dan juga karena dia menerima empat Oscar untuk lirik lagunya.

Pada tahun 1993, mengambil sentimen yang diungkapkan dalam lagu tersebut, "High Hopes," estat Cahn membentuk "High Hopes Fund" di Joslin Diabetes Center di Boston. Mantan pasien Joslin dan penulis lagu ini bertujuan untuk memberikan harapan dan dorongan kepada anak-anak penderita diabetes sambil mendukung penelitian tentang penyebab penyakit ini.

Lirik yang dia tulis untuk Sinatra adalah pokok bahasan dalam sebuah bab dalam Gilbert Gigliotti A Storied Singer: Frank Sinatra sebagai Sastra Conceit, "Come [Fly, Dance, and Waltz with] Us on Equal Terms": The Whitmanesque Sinatra of Sammy Cahn, "diterbitkan oleh Greenwood Press pada tahun 2002.

Musik[sunting | sunting sumber]

Cahn menulis banyak lagu termasuk:

Pemenang Academy Award
Nominasi Academy Award
Lagu terkenal lainnya

Lirik untuk film musikal termasuk Journey Back to Oz (1971) (musik oleh Van Heusen) dan The Wizard of Oz (1982) (musik oleh Joe Hisaishi).

Pentas[sunting | sunting sumber]

Cahn menulis lirik untuk musikal Broadway:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About this person: Jule Styne", New York Times, Retrieved 2013-12-16
  2. ^ (Inggris) Sammy Cahn di Find a Grave
  3. ^ "Sammy Cohen (I) (1902–1981)", IMDb.
  4. ^ Gloria Delson, IMDb.
  5. ^ Holden, Stephen, "Sammy Cahn, Word Weaver Of Tin Pan Alley, Dies at 79",The New York Times, January 16, 1993.
  6. ^ http://www.stevekhan.com/20qs.htm
  7. ^ Surat Ascap Composer Sammy Cahn pada Garrison Hintz dari Beverly Hills, New York, dan Chicago semuanya tertanggal sebelum tahun 1992 yang berkaitan dengan penulisan lagu.
  8. ^ https://www.youtube.com/watch?v=PeZ_EYQPzRg&feature=em-subs_digest Interview with Brian Linehan, 1975
  9. ^ http://www.americanmusicpreservation.com/sammys.htm The Sammy Film Music Awards
  10. ^ A Guide To Film Music: Songs and Scores. PineTree Press. 2007. hlm. 60. 
  11. ^ Gilliland, John (1994). Pop Chronicles the 40s: The Lively Story of Pop Music in the 40s (audiobook). ISBN 978-1-55935-147-8. OCLC 31611854.  Tape 2, side A.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]