Jimmy Van Heusen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jimmy Van Heusen
Jimmy Van Heusen (2).jpg
Jimmy Van Heusen bermain piano
Latar belakang
Nama lahirEdward Chester Babcock
Lahir(1913-01-26)26 Januari 1913
Syracuse, New York, Amerika Serikat
Meninggal6 Februari 1990(1990-02-06) (umur 77)
Rancho Mirage, California, Amerika Serikat
GenrePop
PekerjaanPenulis lagu, pianis

Jimmy Van Heusen (lahir Edward Chester Babcock; 26 Januari 1913 – 6 Februari 1990[1]), juga dinamai sebagai James Van Heusen, adalah seorang komponis Amerika. Dia menulis lagu untuk film, televisi dan teater, dan memenangkan satu Emmy dan empat Academy Awards untuk Lagu Orisinal Terbaik[2]

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Terlahir sebagai Edward Chester Babcock di Syracuse, New York, ia mulai menulis musik saat di SMA. Dia menamai dirinya sendiri pada usia 16 tahun, setelah pembuat kemeja Phillips-Van Heusen, untuk digunakan sebagai nama on-airnya saat pertunjukan lokal. Teman dekatnya memanggilnya "Chet".[3]

Belajar di Cazenovia Seminary dan Syracuse University, dia berteman dengan Jerry Arlen, adik laki-laki Harold Arlen. Dengan bantuan Arlen yang lebih tua, Van Heusen menulis lagu untuk Cotton Club, termasuk "Harlem Hospitality".

Dia kemudian menjadi pianis staf untuk beberapa penerbit Tin Pan Alley, dan menulis "It's the Dreamer in Me" (1938) dengan lirik oleh Jimmy Dorsey.

Berkolaborasi dengan penulis lirik Eddie DeLange, pada lagu-lagu seperti "Heaven Can Wait", "So Help Me", dan "Darn That Dream", karyanya semakin produktif, menulis lebih dari 60 lagu pada tahun 1940 saja. Pada tahun 1940 ia bekerja sama dengan penulis lirik Johnny Burke.

Burke dan Van Heusen pindah ke Hollywood dan menulis untuk pertunjukan musik panggung dan film sepanjang tahun 1940-an dan awal 1950an, memenangkan Academy Award untuk Lagu Orisinal Terbaik untuk "Swinging on a Star" (1944). Lagu mereka juga ditampilkan di A Connecticut Yankee in King Arthur's Court (1949).

Dia juga seorang pilot dari beberapa prestasi; Dia bertemu dengan Joe Hornsby, yang bekerja untuk FAA di Los Angeles dan putra pria terkenal Dan Hornsby, ayah dari Nikki Hornsby, saat itu karena musiknya yang tertarik dengan terbang. Joe Hornsby mensponsori Jimmy ke sebuah klub pilot eksklusif yang disebut Quiet Birdmen yang mengadakan pertemuan di restoran Proud Bird di LAX dan orang-orang ini adalah teman seumur hidup sampai tahun 1970-an. Jimmy juga bekerja, menggunakan nama kelahirannya, sebagai pilot uji paruh-waktu untuk Lockheed Corporation dalam Perang Dunia II.

Van Heusen kemudian bekerja sama dengan penulis lirik Sammy Cahn. Tiga penghargaan Academy Awards untuk Lagu Terbaik mereka menangkan dari lagu "All the Way" (1957) dari The Joker Is Wild, "High Hopes" (1959) dari A Hole in the Head, dan "Call Me Irresponsible" (1963) dari Papa's Delicate Condition. Lagu mereka juga muncul dalam Ocean's Eleven (1960), yang termasuk versi Dean Martin dari "Ain't That a Kick in the Head," dan dalam Robin and the 7 Hoods (1964), dimana Frank Sinatra menyanyikan lagu yang masuk nominasi Oscar "My Kind of Town."

Cahn dan Van Heusen juga menulis "Love and Marriage" (1955), "To Love and Be Loved", "Come Fly with Me", "Only the Lonely", dan "Come Dance with Me" dengan banyak komposisi mereka menjadi lagu untuk album Frank Sinatra pada akhir 1950-an.

Van Heusen menulis musik untuk lima musikal Broadway: Swingin' the Dream (1939); Nellie Bly (1946), Carnival in Flanders (1953), Skyscraper (1965), dan Walking Happy (1966). Sementara Van Heusen tidak mencapai kesuksesan di Broadway yang dia lakukan di Hollywood, setidaknya dua lagu dari musik Van Heusen dapat dianggap sebagai standar:[3] "Darn That Dream" dari Swingin' the Dream; "Here's That Rainy Day" dari Carnival in Flanders.

Dia dinobatkan sebagai salah satu dalam Songwriters Hall of Fame pada tahun 1971.[4]

Van Heusen menyusun lebih dari 800 lagu yang 50 lagu menjadi standar. Lagu Van Heusen ditampilkan di lebih dari dua ratus dua puluh film.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Meski tak dianggap tampan dengan standar konvensional, Van Heusen cukup dikenal wanita. James Kaplan dalam bukunya Frank The Voice menulis, "Dia bermain piano dengan indah, menulis lagu-lagunya yang sangat pedas tentang percintaan ... dia memiliki dompet gemuk, dia menerbangkan pesawatnya sendiri, dia tidak pernah pulang sendiri." Van Heusen pernah digambarkan oleh Angie Dickinson, "Anda tidak akan memilihnya daripada Clark Gable setiap hari, tapi daya tariknya tak tertahankan."[5] Pada usia 20-an ia mulai mencukur kepalanya saat ia mulai kehilangan rambutnya, sebuah praktik menjelang masanya. Dia pernah berkata "Saya lebih suka menulis lagu daripada melakukan hal lain - bahkan terbang." Kaplan juga melaporkan bahwa dia adalah "hipokondriak orde pertama" yang menyimpan manual Merck di samping tempat tidurnya, menyuntikkan dirinya dengan vitamin dan obat penghilang rasa sakit, dan menjalani prosedur pembedahan untuk penyakit nyata dan dibayangkan.[5]

Saya menulis lagu dengan serius saat menemukan anak perempuan.[6]

Van Heusen yang membawa Sinatra ke rumah sakit setelah Sinatra, yang putus asa karena perpisahan perkawinannya dengan Ava Gardner, mengiris salah satu pergelangan tangannya dalam sebuah usaha bunuh diri yang gagal pada bulan November 1953.[7] Namun, kejadian ini tidak pernah disebutkan oleh Van Heusen dalam wawancara radio atau cetak yang diberikan olehnya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Van Heusen menikah untuk pertama kalinya pada tahun 1969, pada usia 56, dan pensiun pada akhir 1970-an. Dia meninggal di Rancho Mirage, California, pada tahun 1990 akibat komplikasi setelah stroke, pada usia 77 tahun.[8] Istrinya, Bobbe, selamat darinya. Van Heusen dikuburkan di dekat keluarga Sinatra di Desert Memorial Park, di Cathedral City, California.[1][9] Nisannya terbaca Swinging On A Star.[10]

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Karakter Bob Hope dalam The Road to Hong Kong (1962) diberi nama Chester Babcock, mengacu pada nama kelahiran Van Heusen.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Dengan penulis lirik Sammy Cahn[sunting | sunting sumber]

Dengan penulis lirik Johnny Burke[sunting | sunting sumber]

Dengan penulis lirik Eddie DeLange[sunting | sunting sumber]

  • "All This and Heaven Too"
  • "Darn That Dream"
  • "Deep in a Dream"
  • "Heaven Can Wait"
  • "I'm Good for Nothing (But Love)"[11]
  • "Shake Down the Stars"
  • "So Help Me"

Dengan yang lain[sunting | sunting sumber]

Independen[sunting | sunting sumber]

  • It's 1200 miles from Palm Springs to Texas[12]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Palm Springs Cemetery District, "Interments of Interest"
  2. ^ "Academy Awards Database, Jimmy Van Heusen". Oscars.org. The Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Diakses tanggal June 11, 2017. 
  3. ^ a b Coppula, C. (2014). Jimmy Van Heusen: Swinging on a Star. Nashville: Twin Creek Books.
  4. ^ "Songwriters Hall of Fame, Jimmy Van Heusen". Diakses tanggal 5 November 2016. 
  5. ^ a b "The King Of Ring-A-Ding-Ding". Diakses tanggal 5 November 2016. 
  6. ^ a b Gilliland, John (1994). Pop Chronicles the 40s: The Lively Story of Pop Music in the 40s (audiobook). ISBN 978-1-55935-147-8. OCLC 31611854.  Tape 1, side A.
  7. ^ "Fridays Are For Frank: "(Love Is) The Tender Trap" — Sinatra & Jimmy Van Heusen". hmag. 29 January 2016. Diakses tanggal 5 November 2016. 
  8. ^ "Jimmy Van Heusen Collection of Musical Works and Papers". UCLA Libraries. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 March 2012. Diakses tanggal 13 April 2011. 
  9. ^ Brooks, Patricia; Brooks, Jonathan (2006). "Chapter 8: East L.A. and the Desert". Laid to Rest in California: a guide to the cemeteries and grave sites of the rich and famous. Guilford, CT: Globe Pequot Press. hlm. 239. ISBN 978-0762741014. OCLC 70284362. 
  10. ^ James "Jimmy" Van Heusen di Find a Grave
  11. ^ Online Archive of California (OAC). Finding Aid for the Jimmy Van Heusen Collection of Musical Works and Papers 1853-1994, bulk 1939-1972.
  12. ^ OCLC 498384972

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]