Saltburn (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saltburn
Poster resmi
SutradaraEmerald Fennell
Produser
Ditulis olehEmerald Fennell
Pemeran
Penata musikAnthony Willis
SinematograferLinus Sandgren
PenyuntingVictoria Boydell
Perusahaan
produksi
  • MRC
  • Lie Still[1]
  • LuckyChap Entertainment
Distributor
Tanggal rilis
  • 31 Agustus 2023 (2023-08-31) (Telluride)
  • 17 November 2023 (2023-11-17) (Amerika Serikat & Inggris)
Durasi131 menit[3]
Negara
  • Inggris
  • Amerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$19.3 juta[4][5]

Saltburn adalah film drama psikologis komedi gelap tahun 2023[6][7] yang ditulis, disutradarai dan diproduksi oleh Emerald Fennell,[8] dibintangi oleh Barry Keoghan, Jacob Elordi, Rosamund Pike, Richard E. Grant, Alison Oliver dan Archie Madekwe. Berlatar di Inggris pada awal tahun 2000-an, film ini menceritakan seorang mahasiswa Universitas Oxford yang terobsesi dengan seorang mahasiswa kaya di kampusnya, yang mengundangnya untuk menghabiskan musim panas di rumah keluarganya yang eksentrik.[9]

Saltburn tayang perdana di Festival Film Telluride ke-50 pada 31 Agustus 2023, kemudian dirilis di Inggris pada 17 November 2023, dan di Amerika Serikat melalui rilis teater terbatas pada hari yang sama. Film ini dirilis secara luas pada 22 November 2023 sebelum dirilis secara streaming oleh Amazon Prime Video pada 23 Desember 2023. Film ini umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus dan menerima beberapa penghargaan, termasuk dua nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-81 untuk Aktor Terbaik (Keoghan) dan Aktris Pendukung Terbaik (Pike).

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2000an, mahasiswa penerima beasiswa, Oliver Quick kuliah di Universitas Oxford, berjuang untuk menyesuaikan diri karena kurangnya pengalamannya dalam perilaku berkelas. Dia berteman dengan Felix Catton, seorang mahasiswa kaya dan populer yang berempati terhadap cerita Oliver tentang penyalahgunaan zat dan masalah kesehatan mental orang tuanya. Ketika Oliver menjadi putus asa atas kematian mendadak ayahnya, Felix menghiburnya dan mengundangnya untuk menghabiskan musim panas di kediaman keluarganya, Saltburn.

Di Saltburn, Oliver bertemu orang tua Felix, Sir James dan Lady Elspeth, saudara perempuannya Venetia, dan sepupunya yang berkebangsaan Amerika Serikat, Farleigh. Oliver dengan cepat memenangkan hati keluarga Felix dan obsesinya terhadap Felix semakin berkembang. Suatu malam, dia melihat Felix melakukan masturbasi di bak mandi, dan dengan penuh nafsu Oliver meminum air sisa dari bak mandi yang digunakan Felix. Oliver merayu Venetia dan melakukan seks oral padanya saat dia sedang menstruasi; Farleigh menyaksikan hal tersebut dan memberi tahu Felix. Oliver mengklaim bahwa tidak terjadi apa-apa dan Farleigh melebihkan ceritanya. Suatu malam, Oliver menganiaya dan mengancam Farleigh. James mengusir Farleigh setelah menerima laporan dari Sotheby's bahwa Farleigh bermaksud menjual barang berharga dari koleksi James.

Saat musim panas berakhir, Elspeth dan James merencanakan pesta untuk ulang tahun Oliver. Felix mengejutkan Oliver dengan perjalanan menemui ibu Oliver. Oliver panik, dan saat tiba di rumah keluarganya di Prescot, Felix menyadari Oliver telah berbohong tentang keluarganya. Ayah Oliver masih hidup, tidak satu pun dari orang tuanya yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, dan mereka tinggal di lingkungan kelas menengah yang terhormat. Ngeri dengan penipuan Oliver, Felix memerintahkan dia pergi setelah pesta. Saat perayaan, Oliver mengungkapkan kekagumannya pada Felix, tetapi Felix menolaknya.

Keesokan paginya, Felix ditemukan tewas di labirin pagar tanaman Saltburn. Oliver menyiratkan penggunaan narkoba Farleigh ada hubungannya dengan kematian Felix, dan James kembali mengusir Farleigh dari Saltburn dan melarangnya untuk kembali. Setelah pemakaman Felix, Elspeth mendesak Oliver untuk tinggal di Saltburn. Oliver berduka atas kematian Felix dan melakukan aktivitas seksual di kuburan Felix. Malam itu, Venetia menuduh Oliver menghancurkan keluarganya. Oliver mencoba untuk merayunya tetapi dia menolaknya. Keesokan harinya, Venetia ditemukan tewas, pergelangan tangannya digorok di bak mandi. Putus asa atas kehadiran Oliver di Saltburn, James menyuap Oliver untuk pergi.

Bertahun-tahun kemudian, Oliver membaca tentang kematian James di surat kabar. Dia kebetulan bertemu dengan Elspeth di sebuah kafe dan dia senang melihatnya, bersikeras agar dia kembali bersamanya ke Saltburn. Setelah menghabiskan beberapa bulan bersama Oliver, Elspeth menjadi sakit parah. Di ranjang kematian Elspeth, Oliver mengungkapkan bahwa dia bertanggung jawab atas peristiwa tragis di Saltburn. Dia telah mengatur pertemuannya dengan Felix di Oxford dan membunuhnya dengan meracuni minumannya setelah penolakannya. Dia terlihat memegang silet di dekat bak mandi tempat Venetia pingsan, dan memalsukan email yang mengakibatkan pengusiran Farleigh dari Saltburn. Oliver merencanakan pertemuannya dengan Elspeth di kafe, di mana Elspeth kemudian mewariskan seluruh aset keuangannya kepada Oliver, termasuk Saltburn. Oliver membunuh Elspeth dengan melepas ventilatornya. Setelah sekarang mengambil alih kepemilikan Saltburn dan kekayaan Catton, Oliver menari telanjang di sekitar rumah.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Barry Keoghan sebagai Oliver Quick
  • Jacob Elordi sebagai Felix Catton
  • Rosamund Pike sebagai Lady Elspeth Catton, ibu Felix
  • Richard E. Grant sebagai Sir James Catton, ayah Felix
  • Alison Oliver sebagai Venetia Catton, kakak Felix
  • Archie Madekwe sebagai Farleigh Start, sepupu Felix
  • Carey Mulligan sebagai "Poor Dear" Pamela, teman Elspeth
  • Paul Rhys sebagai Duncan, pelayan di Saltburn
  • Ewan Mitchell sebagai Michael Gavey, teman Oliver
  • Sadie Soverall sebagai Annabel
  • Millie Kent sebagai India
  • Reece Shearsmith sebagai Professor Ware
  • Dorothy Atkinson sebagai Paula Quick, ibu Oliver
  • Shaun Dooley sebagai Jeff Quick, ayah Oliver
  • Lolly Adefope sebagai Lady Daphne
  • Joshua McGuire sebagai Henry

Tema[sunting | sunting sumber]

Film ini berfokus pada kelebihan dan obsesi. Fennell menyatakan, "Saya mengambil dari pengalaman saya sendiri sebagai seorang manusia, yang telah merasakan hal yang kita semua rasakan pada saat itu dalam hidup kita yaitu cengkeraman cinta obsesif yang benar-benar gila..."[10]

Film ini mendapat perbandingan penting dengan film tahun 1999, The Talented Mr Ripley karena tema umum yang dieksplorasi kedua film tersebut dan kesamaan antara Oliver dan Tom Ripley, protagonis kedua film. Meskipun Fennell meremehkan perbandingan ini[11], para kritikus menggunakan ini sebagai kritik untuk melemahkan orisinalitas film tersebut.[12][13]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 72% dari 257 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 6,9/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Saltburn yang dilapisi permen dan tajam dari Emerald Fennell adalah kejutan yang tidak senonoh yang akan menyegarkan bagi sebagian besar orang."[14] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 61 dari 100, berdasarkan 53 kritikus, yang menunjukkan ulasan yang "umumnya disukai".[15] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "B−" pada skala A+ hingga F, dan mereka yang disurvei oleh PostTrak memberikan skor positif keseluruhan sebesar 75%, dan 42% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikan film ini.[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Debruge, Peter (2023-09-01). "Saltburn Review: A Vicious Talented Mr. Ripley' Knockoff From the Director of Promising Young Woman". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2023. Diakses tanggal 2023-09-01. 
  2. ^ "Saltburn Trailer: Barry Keoghan Stars in Emerald Fennell's Promising Young Woman Follow-Up". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 September 2023. Diakses tanggal 31 August 2023. 
  3. ^ "Saltburn (16)". Irish Film Classification Office. September 20, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 October 2023. Diakses tanggal September 20, 2023. 
  4. ^ "Saltburn". The Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 December 2023. Diakses tanggal December 29, 2023. 
  5. ^ "Saltburn". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 December 2023. Diakses tanggal December 29, 2023. 
  6. ^ Barber, Nicholas (5 October 2023). "Saltburn film review: 'Lurid' comedy skewers Britain's super-rich". BBC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 November 2023. Diakses tanggal 26 November 2023. 
  7. ^ Monks Kaufman, Sophie (16 November 2023). "Saltburn: an ostentatious black comedy designed to shock". Sight and Sound. British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 November 2023. Diakses tanggal 28 November 2023. 
  8. ^ "Saltburn: Stars say film isn't afraid to push sex scene boundaries". BBC News. 13 December 2023. 
  9. ^ Mahale, Jenna. "Jacob Elordi to star in explicit The Talented Mr Ripley-esque new movie". i-d.vice.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal March 26, 2023. Diakses tanggal March 26, 2023. 
  10. ^ Ong, Thuy (15 November 2023). "How Oscar-winning Emerald Fennell created her fever dream thriller film Saltburn, starring Australian Jacob Elordi". ABC News (Australia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2023. Diakses tanggal 18 November 2023. 
  11. ^ "Emerald Fennell plays down Saltburn's Talented Mr Ripley comparisons". Radio Times. Diakses tanggal 2023-12-30. 
  12. ^ Debruge, Peter (2023-09-01). "'Saltburn' Review: A Vicious 'Talented Mr. Ripley' Knockoff From the Director of 'Promising Young Woman'". Variety. Diakses tanggal 2023-12-30. 
  13. ^ Bolling, Gaius (2023-12-04). "Saltburn Is Just Like a 1999 Thriller, But Does It Even Matter?". MovieWeb. Diakses tanggal 2023-12-30. 
  14. ^ "Saltburn (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 30 Desember 2023. 
  15. ^ "Saltburn Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 30 Desember 2023. 
  16. ^ D'Alessandro, Anthony (November 25, 2023). "'Songbirds & Snakes' Reigning Supreme Over Thanksgiving Stretch With $41M 5-day; 'Wish' & 'Napoleon' in Tight Race for 2nd with $32M+ — Box Office". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 November 2023. Diakses tanggal November 25, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]