Salindia presentasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Salindia atau gelongsor, biasa disebut paparan (Inggris: slide) adalah satu halaman presentasi. Secara bersama, sekelompok salindia dikenal sebagai dek salindia. Tayangan salindia adalah paparan serangkaian salindia atau gambar dalam perangkat elektronik atau layar proyeksi.

Sebelum munculnya komputer pribadi, salindia presentasi dapat berupa salindia 35 mm yang dilihat dengan proyektor salindia[1] atau transparansi yang dilihat dengan proyektor atas.

Dalam abad digital, salindia paling sering mengacu pada satu halaman yang dikembangkan menggunakan program presentasi seperti MS PowerPoint, Apple Keynote, Google Slides, Apache OpenOffice, atau LibreOffice. Hal ini juga bisa dibuat dengan bahasa penanda dokumen, misalnya dengan kelas LaTeX Beamer.

Catatan perkuliahan dalam format salindia disebut salindia perkuliahan, yang kerap kali dapat diunduh oleh mahasiswa dalam format .ppt atau .pdf.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alley, Michael (2003). The Craft of Scientific Presentations (edisi ke-1st). New York: Springer-Verlag. hlm. 102. ISBN 0-387-95555-0. Diakses tanggal 12 Januari 2017. 

Templat:Perangkat lunak presentasi