Saliki, Muara Badak, Kutai Kartanegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Saliki
Kantor kepala desa Saliki
Kantor desa Saliki
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenKutai Kartanegara
KecamatanMuara Badak
Kodepos
75382
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Saliki adalah salah satu desa di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Secara history Desa Saliki adalah sebuah kampung yang sangat tenteram dan damai di buka dengan dasar adanya alur sungai yang bermuara ke laut yang merupakan akses dan sarana transportasi tercepat bagi masyarakat pada saat itu yang masih menggunakan perahu atau kapal layar, Desa Saliki sendiri berdasarkan fakta yang di kutip dari cerita para tetua kampung dan beberapa informasi lainnya terbentuk pada tahun 1924. Dan asal muasal nama desa saliki itu sendiri di ambil dari kata buah kaliki dalam bahasa bugis yang artinya buah pepaya / kates yang tumbuh subur dan di tanam oleh warga pada saat itu di sekitar dan disepanjang pinggiran sungai dan mayoritas suku yang bermukim pada saat itu adalah suku bugis dan banjar yang hidup harmonis dan penuh rasa kebersamaan.

Desa Saliki yang dulunya di sebut dengan kampung Saliki di pimpin oleh Kepala Kampung hingga tahun 1950, dan pada tahun 1982 barulah Saliki berubah status menjadi Desa hingga saat ini Berikut ini tokoh – tokoh masyarakat dan pemerintah yang pernah mendapat amanah memimpin desa saliki antara lain: H. Damanhuri menjadi kepala kampung Saliki selama 15 tahun (sejak Tahun 1924 – Tahun 1939) Kemudian Dilanjutkan oleh H. Barak pada Tahun 1939 – 1950, Kepala Kampung berikutnya adalah Abd. Syukur HS mempimpin sejak tahun 1950 – 1982. Setelah melalui perjalanan dan proses perjuangan yang cukup panjang keberadaan Kampung Saliki akhirnya mendapat perhatian dan persetujuan Pemerintah Kutai pada saat itu dan statusnya pun berubah menjadi DESA SALIKI. Dan mereka yang pernah menjabat sebagai kepala desa di Desa Saliki antara lain: Abu Kahar Tahun 1982 – 1997 sebagai Kepala Desa, Abd. Kadir YS Tahun 1997 -1998 sebagai Pj. Kepala Desa, Harisyah Tahun 1998 – 2006 sebagai Kepala Desa, Irfan SE Tahun 2006 – 2007 sebagai Pj. Kepala Desa, dan selanjutnya Pada tahun 2007 Pemilihan Kepala Desa langsung dan terbuka oleh masyarakat kembali memberikan amanah dan kepercayaan kepada H. Harisyah untuk mempimpin Masyarakat Desa Saliki sejak Tahun 2007 – 2013 hingga saat ini.