SMP Negeri 3 Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMP Negeri 3 Malang
Informasi
Didirikan17 Maret 1950
Rentang kelasVII, VIII, IX
KurikulumKurikulum Merdeka
Alamat
LokasiJl. Dokter Cipto no. 20, Malang, Jawa Timur
Situs webhttp://smpn3-mlg.sch.id/
Moto
MotoBina Taruna Adiloka (Bintaraloka)

SMP Negeri (SMPN) 3 Malang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 3 Malang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX. Di SMP Negeri 3 Malang juga mempunyai kelas Akselerasi, yaitu menempuh pendidikan dengan waktu dipercepat.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.

Pada tahun 2011, sekolah ini menjadi Sekolah Berstandar Internasional SBI secara resmi SMP Negeri 3 Malang merupakan sekolah warisan pemerintah Belanda. Cikal bakal SMP Negeri 3 Malang adalah Sekolah MULO WILHELMINA. Sekolah ini berdiri pada tanggal 17 Maret 1950. Pada tahun 1960, nama Sekolah MULO WILHELMINA diubah oleh pemerintah Republik Indonesia menjadi SMP Negeri 3 Malang dengan semboyan Bina Taruna Adiloka (Bintaraloka)

Bina Taruna Adiloka (Bintaraloka) diambil dari bahasa Sansekerta yaitu ‘bina’ yang berarti mendidik, ‘taruna’ yang berarti generasi muda, ‘adi’ yang berarti terbaik, dan ‘loka’ yang berarti sasana/tempat. Jadi SMP Negeri 3 Malang ini adalah tempat generasi muda untuk menimba ilmu dengan seluas-luasnya dan siswa akan didik dengan sebaik mungkin.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMPN 3 Malang untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakulikuler[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]