SMP Negeri 20 Makassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMP Negeri 20 Makassar
Informasi
Rentang kelasVII, VIII, IX
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
LokasiJl. Inspeksi Pam 20, Makassar, Sulawesi Selatan
Moto

SMP Negeri (SMPN) 20 Makassar, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Visi SMPN 20 Makassar adalah "mewujudkan insan yang religius, trampil, mandiri, berakhlak mulia, berkarakter, berbudaya, dan berwawasan lingkungan. Tanggal 27-29 Juli 2020 diadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara virtual akibat pandemi covid-19 yang menyebabkan tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka. Dalam laporan penutupan MPLS Virtual Paulus Rante, S.Pd.,M.Pd selaku ketua panitia menyampaikan hal berikut. Dalam UU No. 20 thn 2003 pasal 3 menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mencapai hal tersebut sebagai langkah awal peserta didik diberikan materi dasar selama kegiatan MPLS ini antara lain :

  1. Profil sekolah diberikan agar peserta didik mengenal lebih dekat keadaan sekolah, mengenal guru-guru dan tenaga kependidikan sehingga memudahkan peserta didik dalam berinteraksi dan memecahkan masalah yang dihadapinya selama berada di SMPN 20 Makassar
  1. Wawasan Wiyata Mandala dan bela negara diberikan agar peserta didik membangun rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa, mengamalkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara serta etika berdemograsi dalam membangun bangsa dan negara
  1. Cara belajar efektif dan penilaian agar peserta didik memahami cara belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan karakter pribadi peserta didik agar menjadi generasi yang berkualitas, berdaya saing, cerdas dan dapat menyelesaikan masalah yan dihadapinya secara bijak, efektif dan efisien.
  1. Kurikulum dan implementasi merdeka belajar agar peserta didik memahami jalur dan langkah yang dilalui untuk mengejar dan mencapai cita-cita yang berwawasan holistik dan komprehensif dan mengacu pada pembelajaran abad 21 menuju generasi emas tahun 2045.
  1. Kepramukaan diberikan agar peserta didik menjadi pribadi yang tangguh, sehat, kuat dan mampu membangun kerjasama, gotong royong, solider dan memiliki semangat kepemimpinan.
  1. Pendidikan karakter diberikan agar peserta didik berjiwa religius, mandiri, gotong royong, nasionalis dan berintegritas, serta toleransi dalam keberagaman, penuh kasih dan membenci kejahatan.
  1. Tata tertib sekolah diberikan agar menjadi pribadi yang disiplin kapanpun dan dimana saja berada sehingga hidupnya menjadi aman dan teratur dan bahagia.

Adapun kendala yang dialami selama MPLS virtual ini antara lain : masih ada orangtua atau peserta didik yang belum memahami penggunaan aplikasi Microsoft Teams yang digunakan, jaringa yang lelet dan beberapa peserta didik yang tidak dapat ikut karena keterbatasan ekonomi sehingga tidak memiliki android/labtop, namun semuanya itu dapat dimaklumi, semoga Tuhan yang Maha pengasih memberikan berkat bagi mereka semua. Dalam sambutan penutup Kepala SMPN 20 Makassar Hj. Asriah, S.Pd.,M.Pd menyampaikan terima kasih kepada panitia, orangtua dan peserta didik baru atas antusias dan kerjasamanya selama kegaiatan MPLS sehinga berlangsung dengan baik dengan hasil yang menuaskan.. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 20 Makassar ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMPN 20 Makassar untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain: