SMK Negeri 2 Banjarbaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMK Negeri 2 Banjarbaru
Informasi
JenisSMK Negeri
AkreditasiB
Kepala SekolahDrs. Suyani, MT
Rentang kelasX-XII
KurikulumKurikulum Merdeka
Jumlah siswa1180
StatusNegeri
Alamat
LokasiJalan Nusantara No. 1, Loktabat Selatan, Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
Situs webwww.smkn2banjarbaru.sch.id
Surelsmkn2bjb@gmail.com
Moto

SMK Negeri 2 Banjarbaru terletak di Jalan Nusantara No. 1, Loktabat Selatan, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 2 Banjarbaru mengalami perjalanan panjang hingga menjadi sebuah SMK, merupakan sekolah alih fungsi dimana sebelumnya belum menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada awal berdirinya sekolah ini hanya setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) lebih tepatnya Sekolah Teknik (ST).

Sekolah ini sudah dibangun pada tahun 1980-an diperuntukan untuk sekolah SMKK Negeri, namun bangunan tersebut belum digunakan sebagai fungsinya sebagai bangunan sekolah karena ada kebijakan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan pada waktu itu.

Tahun 1984 Kakanwil Depdikbud Propinsi Kalsel membuat kebijakan peningkatan ST Negeri dan STM Negeri Banjarmasin. Pada saat itu lokasi STM Negeri Banjarmasin menjadi satu lokasi dengan 2 ST Negeri sehingga dalam satu lokasi terdapat 3 sekolah yang menjadi 1 lokasi yaitu STM Negeri Banjarmasin, ST Negeri 1 Banjarmasin dan ST Negeri 2 Banjarmasin. Kedua ST Negeri direlokasi secara bertahap, salah satunya ST Negeri 1 Banjarmasin direlokasi ke Banjarbaru dengan menempati Bagunan yang diperuntukan untuk SMKK Negeri tersebut sehingga Sekolah Teknik Negeri 1 di Banjarmasin mempunyai 2 tempat belajar, di Banjarmasin dan Di Banjarbaru dengan nama STN 1 Banjarmasin di Banjarbaru.

STN 1 Banjarmasin di Banjarbaru dipimpin oleh Bapak Asra Nasrudin mulai tahun 1984 hingga tahun 1994. STN 1 Banjarmasin di Banjarbaru terdiri dari 3 jurusan yaitu Teknik Mesin, Teknik Listrik, dan Teknik Bangunan.

Pada tahun 1994 bangunan sekolah diserahkan kepada Pemerintah Kota Madya Banjarbaru dan diubah namanya menjadi nama SMP Negeri 5 Program Pendidikan Keterampilan (PPK) Banjarbaru dipimpin Oleh Sugino Martopuro, S.Pd dengan jurusan Teknik Otomotif, Teknik Listrik dan Teknik Bangunan. SMP Negeri 5 PPK Banjarbaru masih menggunakan kurikulum ST hingga tahun 1998. Pada tahun 1998 berdasarkan NOMENKLATUR perubahan nama SMP menjadi SLTP, SMP Negeri 5 PPK Banjarbaru berubah nama menjadi SLTP Negeri 7 PPK Banjarbaru, masih dipimpin oleh Bapak Sugino Martoputro, S.Pd dengan jurusan Teknik Mesin, Teknik Listrik, dan Teknik Bangunan.

Hingga ahkhirnya SLTP Negeri 7 PPK Banjarbaru di alih fungsikan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru menjadi sekolah setingkat SMA dengan nama SMK Negeri 2 Banjarbaru pada tahun 2002 dengan SK Wali kota Banjarbaru Nomor SK. 239 tahun 2002 pada tanggal 26 Agustus 2002 dan masih dipimpin oleh Bapak Sugiino Martoputro, S.Pd hingga tahun 2003 kemudian kepemimpinan dilanjutkan Bapak Sunaryo sebagai Pejabat Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Banjarbaru hingga tahun 2004 dengan jurusan Teknik Mesin Otomotif, Teknik Listrik, dan Teknik Bangunan

Setelah kepemimpinan Bapak Sunaryo mulai tahun 2004 dipimpin oleh Bapak Drs. Parjiono, M.Pd. melanjutkan berbagai pembangunan dan pelaksanaan rencana-rencana yang telah dibuat oleh pemimpin terdahulu sekaligus melaksanakan program kerja dan rencana baru yang telah dibuat. Pada tahun 2006 SMK Negeri 2 Banjarbaru mempunyai 4 jurusan yaitu Teknik Mesin Otomotif, Teknik Instalasi Listrik, Teknik Konstruksi Bangunan, dan Teknik Gambar Bangunan.

Hingga tahun 2007 SMK Negeri 2 Banjarbaru menambah jurusan menjadi 5 yaitu Teknik Mesin Otomotif, Teknik Pemanfaat Tenaga Listrik, Teknik Konstruksi Bangunan, Teknik Gambar Bangunan, dan Teknik Komputer dan Jaringan.

Kemudian tanggal 1 Juli 2015 Kepala SMKN 2 Banjarbaru mengalami pergantian dari Bapak Drs. Parjiono, M.Pd dengan Bapak Drs. Suyani, MT sampai sekarang.

Pembangunan sarana dan prasaran penunjang belajar terus dibangun dan diadakan baik dari bantuan Pemerintah maupun bantuan orang tua siswa melalui Komite Sekolah. hal tersebut menjadaikan dampak positif kepada siswa dan guru dimana prestasi demi prestasi diraih oleh guru dan siswa. Sebagai sekolah SMK Terbaik di Banjarbaru selama 3 kali berturut (2006-2008) dan telah menghasilkan siswa yang mandiri dan siap berkompetisi dibidangnya dapat dilihat Prestasi SMKN 2 Banjarbaru bukan hanya siswa, alumni yang dihasilkan pun sudah siap kerja dan terampil hal ini dapat dilihat dari banyaknya kerjasama yang ditawarkan dari perusahaan untuk merekrut Alumni lulusan SMK Negeri 2 Banjarbaru bergabung diperusahaannya.

Kepala sekolah[sunting | sunting sumber]

No. Nama Mulai menjabat Selesai menjabat
1 MR.X 1984 1994
2 Drs. Sugino Martopuro 1994 2003
3 Sunaryo 2003 2004
4 Drs. Parjiono, M.Pd 2004 2015
5 Drs. Suyani, MT 2015 sekarang

Kompetensi Keahlian[sunting | sunting sumber]

SMK negeri 2 Banjarbaru membuka 6 Program Keahlian, yaitu:

No. Kompetensi Keahlian Lama Belajar Akreditasi
1 Teknik Otomotif 3 tahun A
2 Teknik Ketenagalistrikan 3 tahun A
3 Teknik Energi Terbarukan 3 tahun B
4 Teknik Konstruksi dan Perumahan 3 tahun A
5 Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi 3 tahun B
6 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan 3 tahun A

Sarana Prasarana[sunting | sunting sumber]

SMKN 2 Banjarbaru memiliki sarana prasarana:

  • Ruang Kelas Standar
  • Ruang Praktik siswa
  • Ruang Administrasi
  • Ruang Perpustakaan
  • Kantin
  • Musholla
  • Lapangan Olahraga

Institusi Pasangan[sunting | sunting sumber]

SMKN 2 Banjarbaru telah menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri, terutama di bidang Praktik Kerja Industri dan penyiapan lulusan siap kerja.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]