SMK Negeri 1 Temanggung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMK Negeri 1 Temanggung
Informasi
Didirikan26 Maret 1973
JenisSekolah Negeri
AkreditasiA
Kepala SekolahTri Setya Budi, S.Pd
Jumlah kelas15 kelas (X); 15 kelas (XI) ; 15 kelas (XII); 15 kelas (XIII)
Jurusan atau peminatanAgribisnis Pengolahan Hasil Pertanian , Agribisnis Tanaman Perkebunan , Kimia Analis
Rentang kelasX-XIII
KurikulumKurikulum Merdeka Berubah , Kurikulum 2013 revisi
Jumlah siswa2000+
StatusNegeri
Alamat
LokasiJalan Kadar Maron Temanggung, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia
Tel./Faks.(0293) 4901639
Situs webhttps://stembatema.gosch.id
Surelsmkn1_marontmg@yahoo.co.id
Moto

SMK Negeri 1 Temanggung adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, dirintis sejak tahun 1969 dengan nama Proyek Pelita Sekolah Teknik Menengah (STM) Pembangunan Pertanian Temanggung. Saat itu STM Pembangunan mulai menerima siswa baru tahun 1973, dan secara resmi STM Pembangunan berdiri pada tahun 1975 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0310/O/1975, tanggal 31 Desember 1973 dengan program keahlian awalnya hanya Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), sampai saat ini sudah menambah 2 program keahlian lagi yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Kimia Analis (KA).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Temanggung dirintis sejak tahun 1969 dengan nama Proyek Pelita Sekolah Teknik Menengah (STM) Pembangunan Pertanian Temanggung. Saat itu STM Pembangunan mulai menerima siswa baru tahun 1973, dan secara resmi STM Pembangunan berdiri pada tahun 1975 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0310/O/1975, tanggal 31 Desember 1973 dengan program keahlian awalnya hanya Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), sampai saat ini sudah menambah 2 program keahlian lagi yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Kimia Analis (KA).

Pada tahun 1994, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan perubahan nama sekolah untuk setiap jenis pendidikan. Sekolah Teknik Menengah (STM) dan Sekolah Mengengah Ekonomi Atas (SMEA) dan sekolah menengah kejuruan lainnya dirubah dengan nama yang sama yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). STM Pembangunan Temanggung sejak itu berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Temanggung.

SMK Negeri 1 Temanggung berlokasi di Jalan Kadar Maron Kotak Pos 104 Temanggung 56251, dengan telepon/ fax (0293) 4901639. Lokasi sekolah berada di tepi jalan raya, jalur transportasi jurusan Purwokerto – Semarang, Wonosobo – Magelang, Sukorejo – Magelang. Letak lokasi yang strategis memudahkan masyarakat atau pihak-pihak yang berkepentingan yang berasal dari wilayah kabupaten Temanggung maupun dari luar kota mudah untuk menjangkaunya.

Luas lahan dan sarana pembelajaran di SMK Negeri 1 Temanggung hingga saat ini seluas 267.235 m2. Tahan tersebut berupa lahan kampus seluas 4,65 hektar, lahan basah (sawah) seluas 37,46 m2 atau 3,74 hektar, dan lahan kering (kebun) seluas 183.280 m2 atau 18,33 hektar. Lahan sawah dan kebun yang tersedia digunakan sebagai sarana pembelajaran praktek untuk program keahlian Agronomi, sedangkan program keahlian Teknologi Hasil Pertanian dan program keahlian baru yaitu Kimia Analis berada dikelas dan laboratorium yang ada di dalam kampus.

SMK Negeri 1 Temanggung telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2008 berbasis IWA 2:2007 yang diperuntukkan untuk dunia pendidikan, mulai tahun 2008 hingga sekarang. Akreditasi kompetensi keahlian yang dilaksanakan oleh BAN tahun 2011, dihasilkan nilai akreditasi untuk Kompetensi Keahlian TPHP (95 = Akredtasi A), Kompetensi Keahlian ATP (93 = Akredtasi A), dan Kompetensi Keahlian Kimia Analisis (93 = Akredtasi A).

Program Keahlian[sunting | sunting sumber]

1. Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)

Tujuan : Membekali peserta didik agar mampu mengindentifikasi bahan hasil pertanian dan produk olahannya, menangani bahan hasil pertanian, memahami kaitan antara bahan dengan mutu produk, mengolah bahan hasil pertanian menjadi berbagai produk olahan, mengemas produk,menyimpan dan menggudangkan hasil pertanian, menjalankan kegiatan produktif dalam bentuk usaha mandiri (bisnis mandiri) dibidang pengolahan hasil pertanian, menerapkan konsep berproduksi yang baik (Good Manufacturing Practice) dan mengendalikan keamanan pangan.

2. Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP)

Tujuan : Menerapkan konsep dasar teknologi dalam kegiatan Agribisnis Tanaman Perkebunan, menentukan komoditas tanaman perkebunan yang akan diusahakan, melakukan teknis produksi tanaman perkebunan, mengelola pekerjaan kebun, menyusun proposal usaha tanaman perkebunan.

3. Kompetensi Keahlian : Kimia Analisis (KA 4 Tahun)

Tujuan : Memahami dasar-dasar analis, menyajikan sampel, mengidentifikasi bahan kimia, mengelola laboratorium, dasar kimia organik, analisa pangan dan non pangan, melakukan analisa organoleptik dan mutu mikrobiologi, menerapkan dasar kimia klinis, pengelolaan limbah industri, dan analisa data secara statistika.

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Kurikulum dikembangkan dengan menggunakan KTSP, yang selalu melibatkan proses singkronisasi kurikulum dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DuDi) untuk menyelaraskan kompetensi keahlian yang dibutuhkan siswa. Partner Industri yang dilibatkan dalam singkronisasi kurikulum diantaranya adalah:  PT. Coca Cola Bottling Semarang, PT. Chandra Buana Surya Semesta – Semarang, PT. Tirta Mas Megah-Temanggung, PT. Sukasari Mitra Mandiri, PT. Indofood CBP Sukses Makmur, T.bk – Semarang, PT. Pepsi Cola Indo Beverages Semarang, PT. Indofood Fritolay Makmur – Semarang, PT. Yuasa Food  Berkah Makmur, LIPI Yogyakarta, BPSMB Surakarta, dll. Dengan proses singkronisasi kurikulum tersebut, mendukung keterserapan alumni du dunia kerja, dimana keterserapan fresh graduate dalam kurun waktu 3 bulan mencapai 95% terserap didunia kerja. Apabila ingin cepat bekerja, Stemba (SMK Negeri 1 Temanggung) solusinya.

Penyusunan konsep untuk mengaplikasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 di SMK Negeri 1 Temanggung mulai dirintis pada tahun 2005. Pada tahun 2006 sekolah memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 dari SAI Global Intenasional, dan telah melaksanakan resertifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 September 2009, mengukuhkan SMK Negeri 1 Temanggung meraih sertifikat ISO 9001:2008 berbasis IWA 2:2007 (International Workshop Aggrement 2 : 2007). Pada tahun 2009 pula, SMK Negeri 1 Temanggung berubah status RSBI menjadi RSBI Invest, yang diberi kepercayaan untuk membantu sistem pengelolaan sekolah SMK lain yang tergabung dalam SMK Aliansi Invest. Hingga saat ini RSBI invest masih terus berlangsung, dan turut mendampingi SMK lain untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

  1. Technopark
  2. GOR
  3. Ruang Agama
  4. Ruang Kelas
  5. Ruang Kesenian
  6. Ruang UKS
  7. Laboratorium Komputer
  8. Laboratorium Bahasa
  9. Laboratorium Fisika
  10. Laboratorium Biologi
  11. Perpustakaan
  12. Masjid
  13. Tempat Parkir
  14. Kantin
  15. Gazebo
  16. Koperasi
  17. Tempat Praktek Siswa APHP
  18. Tempat Praktek Siswa ATP
  19. Tempat Praktek Siswa KA

Organisasi, Ekstrakurikuler, dan Forum[sunting | sunting sumber]

  1. MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas)
  2. OSIS
  3. Mentor
  4. Pramuka (wajib kelas X)
  5. Dewan Ambalan Diponegoro - Kartini
  6. Pleton Inti Satya Pasma (Paskibra)
  7. Patroli Keamanan Sekolah
  8. Palang Merah Remaja
  9. PUMAPALA (Pecinta Alam)
  10. Kelompok Lingkungan Hidup
  11. FORBEST (Forum Bahasa Stembatema)
  12. IRAMA (Ikatan Remaja Masjid)
  13. IBRANI (Ikatan Berkat Remaja Nasrani)
  14. SAC (Astronomy Club)
  15. Mas & Mbak (Duta Sekolah)
  16. Tari
  17. Karawitan
  18. Paduan Suara
  19. Band
  20. Ultras Stemba (Suporter STEMBATEMA)
  21. U-Roots (Komunitas Anti Bullying)
  22. GANTAMA (Komunitas Anti Narkoba)
  23. UFO (Modern Dance Club)
  24. Futsal
  25. Basket
  26. Voli
  27. PSHT

Referensi[sunting | sunting sumber]