SMA Negeri 4 Watampone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SMA Negeri 4 Model Adiwiyata Watampone
Informasi
Didirikan1993
JenisNegeri
AkreditasiA
Jurusan atau peminatanMIPA, IPS, dan Bahasa
Rentang kelasX, XI, XII (MIPA, IPS, BAHASA)
KurikulumKurikulum 2013
StatusNegeri
Alamat
LokasiJl. HOS Cokroaminoto, Macanang, Tanete Riattang Barat, Watampone 92733, Sulawesi Selatan,  Indonesia
Tel./Faks.(0481) 21862
Situs web(Web) http://sman13bone.sch.id (FB) SMAN 4 MODEL ADIWIYATA WATAMPONE
Moto

SMAN 4 Watampone merupakan salah satu sekolah favorite di Kabupaten Bone. Sekolah ini sudah banyak meraih prestasi baik di level lokal maupun level nasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah berdirinya SMA Negeri 4 Watampone merupakan salah satu sekolah yang diusulkan kelembagaannya tahun 1992/1993. Surat Keputusan Kelembagaannya berdasar SK Mendikbud RI No. 0200/O/1994 tanggal 5 Oktober 1994, tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Menengah Atas tahun pelajaran 1993/1994, yang salah satunya adalah SMA Negeri 4 Watampone.

Karena persoalan pembangunan gedungnya, maka untuk sementara bergabung dengan SMA Negeri 1 Watampone kelas jauh (di Macanang), dengan waktu belajar sore hari. SMA Negeri 4 Watampone baru dapat menerima siswa baru tahun pelajaran 1995/1996 dengan jumlah pendaftar = 403 siswa, sedangkan yang akan diterima hanya 160 siswa (4 kelas parallel). Hal ini menunjukkan antusias yang sangat bagus dari masyarakat Bone khususnya Kota Watampone terhadap keberadaan SMA Negeri 4 Watampone, karena baru saja dibuka pendaftaran sudah melebihi dari daya tampung yang tersedia.

Potensi yang sangat mendukung adalah dari personalia, mulai dari Kepala Sekolah (A. Sulam Mangampara yang juga Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Watampone), Guru-guru, Pegawai dan Masyarakat sekitar. Jumlah guru ada 30 orang dan pegawai 2 orang.

Profile[sunting | sunting sumber]

SMAN 4 Watampone juga berhasil meraih predikat sebagai satu-satunya Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bone yang berpredikat sebagai Sekolah Adiwiyata. Dan SMAN 4 Watampone juga dapat meraih predikat sebagai Sekolah Model atau Sekolah Percontohan pada tahun 2017.

Sekarang SMAN 4 Watampone berganti nama menjadi SMAN 13 Bone, hal ini dikarenakan Sekolah Menengah Atas kini diambil Alih oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ektrakurikuler[sunting | sunting sumber]