SMA Negeri 4 Luwu Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 1 Bone-Bone
Informasi
Didirikan17 November 2000
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013
Alamat
LokasiJl. Pendidikan, Dusun Tanimba, Bone-Bone, Sulawesi Selatan
Moto

SMA Negeri (SMAN) 4 Luwu Utara, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 4 Luwu Utara ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

SMA Negeri 4 Luwu Utara didirikan pada tahun 2000 dengan nama SMA Negeri 1 Bone-Bone. SMA ini didirikan pada lahan seluas lebih dari 2 Ha, di pinggiran bukit di Kelurahan Bone-Bone, Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 600 meter dari pusat kecamatan, 26 km dari pusat kabupaten Luwu Utara (Masamba) dan 500 km dari Ibu kota Provinsi, Makassar.

Sebagai sekolah yang berbasis pada lingkungan desa, SMA Negeri 4 Luwu Utara merupakan sebuah komunitas yang sangat kondusif untuk membangun mental dan karakter peserta didik. Selain kondisi sumber daya manusia yang belum terlalu terjamah kehidupan kota, sumber daya alam daerah sekitar SMA Negeri 4 Luwu Utara juga menjadi pendukung berjalannya proses pembelajaran dengan baik.

Sejak didirikan hingga sekarang, tingkat kelulusan siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Luwu Utara mencapai angka yang nyaris sempurna, 99,9%. Hal ini menunjukkan bahwa standar pelaksanaan pendidikan di SMA Negeri 4 Luwu Utara telah dapat mencapai standar nasional yang ditetapkan pemerintah.

Sejak didirikan hingga sekarang, berikut adalah kepala sekolah yang pernah menjabat di SMA Negeri 4 Luwu Utara

  • Tahun 2000 s.d Tahun 2007: Tarincang, MM.
  • Tahun 2007 s.d Tahun 2010: Akmal, S.Pd., MM.
  • Tahun 2010 s.d Tahun 2012: Muhajir, S.Pd., M.Pd.
  • Tahun 2013 s.d Sekarang: Saehe Andi Lantara, S.Pd., M.Si.

Sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Luwu Utara, SMA Negeri 4 Luwu Utara mengemban amanah penting dalam memberikan pelayanan pendidikan pada putera puteri terbaik. SMA Negeri 4 Luwu Utara memberikan pendidikan gratis bagi seluruh siswa. Hal ini sejalan dengan program pendidikan gratis dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

SMA Negeri 4 Luwu Utaramenerapkan pembelajaran dengan kurikulum 2013 pada siswa kelas X dan XI sejak tahun pelajaran 2014. Sedangkan siswa kelas XII tetap dengan kurikulum tahun 2006.

Pada tahun 2013, sekolah ini menggunakan Kurikulum 2013 sebelumnya dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.[butuh rujukan]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 4 Luwu Utara untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakulikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 4 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya,

Pranala luar[sunting | sunting sumber]