SMA Negeri 2 Padang Panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
SMA Negeri 2 Padang Panjang
SMA Negeri 2 Padang Panjang.jpg
Informasi
Didirikan29 Januari 1998
Kepala SekolahHendra Arinal, S.Pd., M.Si.
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013
Alamat
LokasiJl. Bundo Kanduang 2, Padang Panjang 27100, Sumatra Barat
Tel./Faks.0752-484752
Situs webwww.sman2.sch.id
Surelsekolah@sman2.sch.id
Moto
MotoKreatif dalam Berkarya, Santun dalam Bertindak

SMA Negeri (SMAN) 2 Padang Panjang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Padang Panjang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Pada 2015, sekolah ini menggunakan Kurikulum 2013 sebelumnya dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.[butuh rujukan]

SMA Negeri 2 Padang Panjang merupakan SMA negeri kedua di kota Padang Panjang. Didirikan didasarkan atas permintaan dan kebutuhan masyarakat serta minat yang tinggi siswa tamatan SLTP untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas pada tahun 1996.

SMA Negeri 2 Padang Panjang awalnya merupakan kelas jauh dari SMA Negeri Padang Panjang. Yang merupakan satu-satunya sekolah menengah atas yang ada pada saat itu. Kelas jauh yang terdiri dari dua kelas yang dibentuk saat itu, disebabkan karena tidak cukupnya ruang belajar di SMA Negeri Padang Panjang (SMA Negeri 1 Padang Panjang). Sehingga diputuskanlah untuk menerapkan sistem kelas jauh dengan menggunakan gedung Sekolah Dasar (SD) Tanah Lapang di lapangan kantin Jl. Bundo Kandung No. 2 Padang Panjang.

Pada akhirnya, pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 29 Januari 1998 status kelas jauh SMA Negeri 1 Padang Panjang, resmi ditingkatkan menjadi sekolah negeri yaitu SMA Negeri 2 Padang Panjang. Dengan Surat Keputusan Menteri No 13A/O/1998 yang kepala Sekolah Pertamanya adalah Drs. Ishaq, M.Si. Dan kepala sekolah saat ini adalah Hendra Arinal, S.Pd., M.Si.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 2 Padang Panjang untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya,

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]