Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang
Yayasan Karya Misericordia
Geografi
LokasiJalan Nusakambangan 56, Malang 65117, Jawa Timur, Indonesia
Organisasi
JenisRumah Sakit Umum Tipe B
Sejarah
Nama sebelumnyaRooms Katholiek Ziekenhuis "Santa Maria Magdalena Postel"
Dibuka1929
Pranala luar
Situs webhttps://www.pantiwaluya.or.id
DaftarRumah sakit di Indonesia

Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang (RSPW), dikenal juga dengan nama RKZ (Rooms Katholiek Ziekenhuis) Malang. Sebuah rumah sakit umum tipe B[1] di Malang, Jawa Timur. Rumah Sakit ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan dan pelayanan Gereja Katolik kepada semua orang, khususnya yang sakit dan miskin.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Thn 1951, Pav B Placida

RS Panti Waluya Sawahan Malang berawal dari sebuah klinik kecil yang merupakan bekas rumah Prof. Leber, yang diambil alih oleh Kongregasi Suster Misericordia yang datang dari Belanda dan diberkati oleh Mgr. Van der Pas pada tanggal 1 Desember 1929.[2]

Sejak saat itu, klinik tersebut berganti nama menjadi Rooms Katholiek Ziekenhuis "Santa Maria Magdalena Postel"

Tahun demi tahun dilalui, rasa pahit dan getir dalam mengemban karya untuk kemanusiaan tiada henti diterima oleh para suster. Tetapi berkat semangat para suster yang tidak kenal lelah dan tidak pernah menyerah dalam menyelamatkan jiwa sesamanya sesuai dengan semangat Santa Maria Magdalena Postel, akhirnya berhasil semua dilalui.

Pada tanggal 26 Februari 1956 diputuskan untuk mengganti nama rumah sakit Santa Maria Magdalena Postel menjadi Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan dan untuk nama yayasan digunakan pula Yayasan Panti Waluya yang berkedudukan di Malang.

Perkembangan dilakukan terus menerus dan tanpa henti oleh RS Panti Waluya Sawahan Malang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang layak

Peningkatan kualitas layanan, modernisasi peralatan kesehatan sampai pada keprofessionalan tenaga medis dan paramedis selalu menjadi acuan pokok dalam pengembangan Rumah Sakit yang didukung oleh lebih dari 500 pekerja layanan kesehatan profesional ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]