Roti lapis keju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Roti lapis keju
Cheese roll at The Original Tea Hut at High Beach, Essex, England.jpg
Keju parut dalam dua roti
Detail
Bahan utama Keju, Roti
Variasi Roti lapis keju panggang (Grilled cheese), Cheese dream, Roti panggang keju (Cheese toastie)

Roti lapis keju (bahasa Inggris: cheese sandwich) adalah roti lapis dasar yang umumnya dibuat dengan satu atau lebih varian keju pada roti apapun, seperti roti polos atau roti gandum, yang bisa mencakup bahan olesan seperti mentega atau mayones. Roti lapis keju panggang (bahasa Inggris: grilled cheese sandwich) dibuat dengan memanggang langsung roti lapis keju dengan mentega atau memanggangnya dengan toaster.

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Roti lapis Inggris yang populer termasuk roti lapis keju dan acar, roti lapis keju dan tomat, serta roti lapis keju dan bawang.[1][2]

Roti lapis keju lainnya antara lain Roti lapis limburger. Daging yang sudah dimasak matang dapat dimasukkan ke dalam roti lapis keju, yang memberikan variasi lain seperti roti lapis ham dan keju serta roti lapis bacon, telur, dan keju.

Roti lapis keju panggang[sunting | sunting sumber]

Roti lapis keju panggang yang menggunakan keju Amerika disajikan bersama sup tomat
Bagian depan potongan dari roti lapis keju panggang

Roti lapis keju bisa dipanggang sehingga menciptakan roti panggang dan keju yang meleleh. Hidangan inilah yang disebut roti lapis keju panggang (grilled cheese sandwich), atau keju panggang (grilled cheese) saja. Keju panggang sering dipanaskan dengan mengoleskan mentega pada potongan roti, dengan keju dimasukkan antara irisan, di dalam penggorengan atau wajan.

Bentuk lain dari roti lapis keju yang dimasak adalah roti panggang keju atau cheese toastie atau cukup toastie, hidangan yang sangat populer di Inggris yang disiapkan dengan memanggang langsung atau memanggang roti lapis keju keju dalam oven, atau memanggang roti dengan pemanggang roti elektrik, atau menggunakan palang besi di dalamnya untuk memanaskan roti panggang dan melelehkan keju. Cheddar adalah keju yang paling umum digunakan dalam toastie. Biasanya disajikan sebagai camilan, atau sebagai makanan utama (biasanya makan siang), biasanya disajikan bersama salad.

Roti dan keju yang dimasak adalah makanan kuno menurut ahli sejarah makanan, populer di seluruh dunia dalam banyak kebudayaan. Bukti menunjukkan bahwa, di Amerika Serikat, versi modern dari roti lapis keju panggang berasal pada tahun 1920-an saat roti irisan yang berharga murah dan keju Amerika sudah lebih dulu tersedia. Cheese dream, jenis roti lapis keju dengan tipe roti lapis terbuka, menjadi populer di Amerika Serikat selama Great Depression.[3]

Buku masak pemerintah Amerika Serikat menggambarkan koki Angkatan Laut yang memanggang "roti lapis isi keju Amerika" selama Perang Dunia II.[4] Many versions of the grilled cheese sandwich can now be found on restaurant menus across the U.S. and internationally. Banyak versi roti lapis keju panggang sekarang dapat ditemukan di menu restoran di Amerika Serikat dan internasional.

Untuk mempertahankan kerenyahan roti, roti lapis keju panggang ini disiapkan di saat terakhir. Ini terbuat dari keju cheddar yang tajam, dan roti kenari, tentu saja, dengan mentega.

Di Amerika Serikat, roti lapis keju panggang sering disajikan dengan sup (biasanya sup tomat), dan dapat disajikan sebagai makanan utuh di Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Roti lapis keju panggang yang dibuat dalam penggorengan.

Roti lapis keju panggang dibuat dengan memasukkan keju yang disusun/ dijepit oleh dua potong roti, yang kemudian dipanaskan sampai pinggiran roti sedikit kering dan renyah serta keju mencair. Terkadang dikombinasikan dengan isian tambahan seperti paprika, tomat, atau bawang.[5]. Beberapa metode pemanasan roti lapis yang berbeda digunakan, tergantung pada daerah dan preferensi pribadi. Metode umum termasuk dimasak di wajan, dipanggang, digoreng dalam panci atau dibuat dengan panini press (pemanggang khusus roti lapis). Metode terakhir ini lebih sering dilakukan di Inggris, di mana roti lapis ini biasanya disebut "roti lapis panggang" atau "toastie", dan di Australia, di mana mereka disebut "jaffle" atau "toasties".

Restoran[sunting | sunting sumber]

Beberapa restoran, gerobak makanan, dan truk makanan di Amerika Serikat mengkhususkan diri pada hidangan roti lapis keju panggang. Restoran The Grilled Cheese Grill adalah kombinasi dari restoran reklamasi dan gerobak makanan yang berfokus pada sajian utama roti lapis keju panggang di Portland, Oregon.[6] The Grilled Cheese Truck adalah perusahaan truk makanan Amerika yang menyajikan roti lapis keju panggang dengan nama "chef driven".[7] Perusahaan ini dimulai di Los Angeles, California pada tahun 2009, dan sejak itu berkembang di seluruh California Selatan, Phoenix, San Antonio, dan Austin.[7] The American Grilled Cheese Kitchen adalah sebuah restoran di San Francisco, California yang mengkhususkan diri pada hidangan roti lapis.[8]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kazmier, Penny (19 Januari 2016). "In the U.K., the Branston Pickle adds crunchy, savory kick to sandwiches". Daily Herald. Diakses tanggal 15 Juni 2017. 
  2. ^ Punch. 1987. hlm. 57. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  3. ^ Marty Meitus (3 Januari 1999). "Old faithful grilled cheese, a depression-era standby, has returned". Rocky Mountain News. During the Depression, when Sunday Night Suppers became a popular way to entertain, the cheese dream began to appear on dining tables from coast to coast. 
  4. ^ Lynne Olver. "Food Timeline — history notes: sandwiches". Diakses tanggal 18 Maret 2008. 
  5. ^ "50 Grilled Cheese". Photographs by Andrew Purcell. Food Network. Diakses tanggal 1 Mei 2016. 
  6. ^ Edge, J.T. (2012). The Truck Food Cookbook: 150 Recipes and Ramblings from America's Best Restaurants on Wheels. Workman Publishing Company. hlm. 198. ISBN 978-0-7611-7118-8. Diakses tanggal 15 Juni 2017. 
  7. ^ a b Elliott, F. (2015). Los Angeles Street Food: A History from Tamaleros to Taco Trucks. American Palate. Arcadia Publishing Incorporated. hlm. 102. ISBN 978-1-62585-516-9. Diakses tanggal 15 Juni 2017. 
  8. ^ Wilkey, Robin (17 Mei 2013). "SF's Grilled Cheese King On The Perfect Sandwich". HuffPost. Diakses tanggal 15 Juni 2017. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

 
Search Wikimedia Commons
   Wikimedia Commons memiliki media  yang berhubungan dengan (kategori):