Panini (makanan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Roti lapis Italia yang dikenal sebagai Panini, dengan isian salami, mortadella, tomat, dan selada.

Panini (bahasa Italia, panini [paˈniːni]) adalah roti lapis yang berasal dari Italia. Bagi kebanyakan negara yang menggunakan bahasa Inggris, kata panini merupakan kata jamak dari panino yang memiliki arti "roti lapis".[1] Dan biasanya panini menggunakan roti utuh yang dipanggang, bukan roti yang dipotong.

Jenis roti yang biasa digunakan untuk membuat panini antara lain baguette, ciabatta, rosetta, dan michetta. Roti kemudian dipotong secara horizontal dan biasanya diisi dengan irisan daging olahan seperti salami, mortadella ataupun prosciutto beserta dengan keju, irisan tomat dan tuna.[1] Dan biasanya panini disajikan hangat setelah dipanggang menggunakan mesin press khusus yang disebut panini press.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata panini berasal dari bahasa Italia. Di Italia, kata benda panino (bahasa Italia: [pa'ni:no]; jamak panini) adalah modifikasi dari kata pane (roti) dan merujuk kepada roti gulung. Panino imbottito (panino isi) merujuk kepada sebuah roti lapis, tetapi kata panino juga sering digunakan sendiri untuk menunjukkan roti lapis pada umumnya. Roti lapis yang mirip dengan panino adalah tramezzino, roti lapis dengan potongan segitiga atau persegi yang terdiri dari dua potong roti putih lembut dengan pinggiran remah yang disisihkan.

Di beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris, kata panini banyak digunakan sebagai bentuk tunggal, dengan bentuk jamak panini atau paninis, meski beberapa pembicara menggunakan panino singini dan panini dalam bentuk jamak seperti pada bahasa Italia.[2][3][4][5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun referensi Amerika Serikat pertama untuk panini berasal dari tahun 1956, dan sebuah prekursor muncul dalam sebuah buku masak Italia abad ke-16, roti lapis menjadi trendi di bar Milan, yang disebut paninoteche, pada 1970-an dan 1980-an. Restoran Amerika Serikat yang trendi, khususnya di New York, mulai menjual panini, yang popularitasnya dimulai pada akhir 1990-an, kemudian menyebar ke kota-kota di Amerika Serikat lainnya, masing-masing menghasilkan variasi khasnya.[6]

Selama tahun 1980-an, istilah paninaro muncul di Italia untuk menunjukkan seorang anggota budayawan muda yang diwakili oleh pelanggan bar sandwich seperti restoran Al Panino di Milan dan restoran makanan cepat saji Amerika Serikat pertama di Amerika Serikat. Paninari digambarkan sebagai orang yang benar-benar berpihak pada fashion, senang menampilkan barang-barang konsumen awal 1980-an sebagai simbol status mereka.[7][8][9]

Mesin pemanggang panini[sunting | sunting sumber]

Sebuah roti lapis sedang dipanggang di atas pemanggang panini.

Panini press atau grill adalah pemanggang dengan kontak langsung untuk memanaskan roti lapis, produk daging, sayuran, dan bahan untuk menu spesial, hampir selalu berhubungan dengan elemen listrik, terdiri dari pelat bawah yang dipanaskan dan kokoh, dan pelat atas yang dipanaskan yang menempel ke pelat bawah dan bersentuhan dengan makanannya. Kegunaan panini press ini adalah untuk memanaskan makanan ke suhu internal yang sesuai dengan karakteristik eksternal yang diinginkan (yaitu makanan yang aman, keju meleleh, renyah, tanda panggangan menempel pada makanan).[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Gisslen, Wayne (2007). Professional Cooking. John Wiley & Sons, Inc. ISBN 978-0-471-66376-8.  Page 740.
  2. ^ "panini". Oxford Dictionaries. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-14. Diakses tanggal 2016-06-01. 
  3. ^ "Panini – Origin and Varieties". Taste and Flavours. September 5, 2012. 
  4. ^ Denn, Rebekah (August 30, 2005). "Ask The Critic: Panini vs. panino—a singular answer to a plural faux pas". Seattle Post-Intelligencer. 
  5. ^ Butterfield, Jeremy. "Fowler's Concise Dictionary of Modern English Usage". Oxford University Press. hlm. 463. ISBN 978-0-19-966631-7. Diakses tanggal 31 Mei 2016. 
  6. ^ Zeldes, Leah A. (October 28, 2009). "Eat this! Panini, Italy's answer to grilled cheese". Dining Chicago. Chicago's Restaurant & Entertainment Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-31. Diakses tanggal 30 Oktober 2009. 
  7. ^ "paninari". Dizionario di Italiano (dalam bahasa Italia). La República. Diakses tanggal 2016-04-27. 
  8. ^ "paninaro". Dizionario Italiano (dalam bahasa Italia). Corriere della Sera. Diakses tanggal 2016-04-27. 
  9. ^ "paninari". Vocabulario (dalam bahasa Italia). Treccani. Diakses tanggal 2016-04-27. 
  10. ^ "What is a Panini Press". indoorgrillreviews.com. Diakses tanggal 09-04-2014. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]