Roosita Dewi Soeroso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Roosita Dewi Soeroso
Lahir23 Juni 1968 (umur 55)
New York, Amerika Serikat
AlmamaterUniversitas Indonesia
PekerjaanPembawa acara

Roosita Dewi Soeroso (lahir 23 Juni 1968) adalah jurnalis Indonesia yang bekerja sebagai penyiar TVRI (acara musik, feature dokumenter TNI, acara masak Gita Rasa, dll) di TVRI Stasiun Pusat Jakarta sejak tahun 1993 sampai saat ini. Roosita sebagai Penyiar TVRI membawakan acara yang bukan warta berita, dan dia merupakan penerus Penyiar TVRI (bukan acara berita) zaman dulu mulai Mariana Ramelan sampai Adam Kaunang, Linda Purnomo dan Bonita.

Sekilas Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Roosita Dewi Soeroso yang mahir berbahasa Prancis (karena pernah tinggal 4 tahun di New Caledonia persemakmuran Prancis dengan Ayahnya yang Diplomat RI) dan tentu juga mahir berbahasa Inggris, saat ini merupakan pembawa acara kawakan yang beberapa kali menjadi MC untuk Presiden seperti Asian Beach Games 2008 yang dibuka oleh Presiden RI DR H Susilo Bambang Yudhoyono, dan Sail Morotai 2012 di Pulau Morotai (Kab Wakatobi). Untuk bertugas sebagai MC Presiden RI ini Roosita Dewi Soeroso banyak mengambil ilmu dari para seniornya diantaranya Penyiar TVRI Mariana Ramelan yang pada waktu 1980-an adalah salah satu pembawa acara di Istana Presiden RI, dan Penyiar Berita TVRI Tiya Diran yang sampai saat ini dikenal sebagai MC (pembawa acara) resmi kenegaraan Presiden Republik Indonesia.

Acara Cinta Tanah Air (CITA) TVRI[sunting | sunting sumber]

Roosita Dewi Soeroso dalam kariernya sebagai Penyiar TVRI Stasiun Pusat Jakarta telah membuat (bersama dengan produser TVRI) dan membawakan acara bersifat dokumenter Cinta Tanah Air (CITA) yang menampilkan kesatuan TNI dari seluruh Indonesia, hampir seluruh Kodam, Lantamal dan Lanud, Pulau Berhala dan Pulau Seram termasuk di perbatasan dengan datang ke lokasi seperti Atambua, Entikong, lalu Skauw di ujung timur, dan Pulau Rondo di ujung barat Indonesia.

Roosita menghasilkan lebih dari 150 episode acara Cinta Tanah Air (CITA) TVRI. Saat ditayangkan mulai tahun 2008 sampai 2012, acara CITA ada di Hari Sabtu pukul 13:30 di TVRI Nasional.

Acara Musik[sunting | sunting sumber]

Sedangkan Acara Musik TVRI di mana Roosita pernah menjadi presenternya:

  1. Acara Musik "Permata Nusantara", 1996 – 1997, TVRI
  2. Acara Musik "Video Kenangan", 2000 – 2001, TVRI
  3. Acara Musik "Legend", 2001, TVRI
  4. Acara Musik "Pelangi Minangkabau", 2009, TVRI
  5. Acara Musik "Melayu Berdendang", 2012, TVRI

Acara Musik Kerjasama TVRI dengan Televisi lain di ASEAN, Roosita sebagai pembawa acara:

  1. Acara Musik "Rhythm and Culture", 1995, kerjasama TVRI dengan Vietnam Television, Gedung Kesenian Hanoi
  2. Acara Siaran Langsung "Senandung Serumpun", 1996, kerjasama TVRI & Radio Televisyen Malaysia ( RTM ), Langkawi
  3. Acara Siaran Langsung "Jalinan Nada", 1997 dan 1998, kerjasama TVRI & Radio Televisyen Brunei ( RTB ), Auditorium TVRI
  4. Acara Siaran Langsung "Jalinan Nada", 1999, kerjasama TVRI dengan Radio Televisyen Brunei ( RTB ), Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jogjakarta

Galeri foto[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Majalah Gemari edisi 86/IX/2008 Majalah Keluarga Mandiri Diarsipkan 2014-05-24 di Wayback Machine.

Perpustakaan Unika Atmajaya

Referensi[sunting | sunting sumber]

Website Kodam VII Kunjungan Tim Acara CITA TVRI ke Korem 142/TATAG Kodam VII Wirabuana Diarsipkan 2014-05-23 di Wayback Machine.

Harian Umum Pelita mengenai Kapendam I Bukit Barisan menerima Roosita Dewi Soeroso TVRI Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine.

Perpustakaan Universitas Indonesia

Skripsi di Perpustakaan Universitas Indonesia