Rio (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rio
Rio2011Poster.jpg
Poster bioskop Rio
Sutradara Carlos Saldanha
Produser
  • Bruce Anderson
  • John C. Donkin
Skenario
  • Don Rhymer
  • Joshua Sternin
  • Jeffrey Ventimilia
  • Sam Harper
Pemeran
Narator
  • Carlos Saldanha
  • Earl Richey Jones
  • Todd Jones
Musik John Powell
Penyunting Harry Hitner
Perusahaan
produksi
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 22 Maret 2011 (2011-03-22) (Seluruh dunia)
  • 15 April 2011 (2011-04-15) (Amerika Utara)
Durasi
96 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris,Portugis
Anggaran $90 juta
Pendapatan kotor $484,635,760

Rio adalah film animasi 3-dimensi dari Amerka Serikat pada tahun 2011 yang diproduksi oleh Blue Sky Studios dan disutradarai oleh Carlos Saldanha. Film ini mengacu pada kota di Brasil, Rio de Janeiro. Di mana film ini ditetapkan. Film ini dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, will.i.am, Jamie Foxx, George Lopez, Tracy Morgan, Jemaine Clement, Leslie Mann, Rodrigo Santoro, dan Jake T. Austin. Film ini bercerita tentang Blu (Jesse Eisenberg), seekor macaw biru jantan yang dibawa ke Rio de Janeiro untuk kawin dengan macaw biru perempuan berjiwa bebas, Jewel (Anne Hathaway). Keduanya akhirnya jatuh cinta, dan bersama-sama mereka harus melarikan diri dari penyelundupan oleh Nigel (Jemaine Clement), kakatuaa. Lagu tema , "Telling the World" dinyanyikan oleh Taio Cruz .

Carlos Saldanha mengembangkan konsep cerita pertamanya Rio pada tahun 1995, di mana seekor penguin dicuci di Rio. Namun, Saldanha belajar dari produksi film Happy Feet (2006) dan Surf's Up (2007), dan mengubah konsep untuk melibatkan Macaw dan lingkungan mereka di Rio. Ia mengusulkan idenya untuk Chris Wedge pada tahun 2006, dan proyek didirikan di Blue Sky. Para aktor suara utama didekati pada tahun 2009. Selama produksi, kru mengunjungi Rio de Janeiro dan juga berkonsultasi dengan seorang ahli macaw di Kebun Binatang Bronx untuk mempelajari gerakan mereka. 20th Century Fox merilis film pada tanggal 22 Maret 2011 di Brazil, dan pada tanggal 15 April 2011 di Amerika Serikat. Film ini mendapat review umumnya positif dari para kritikus film. Para pengamat memuji visual, suara akting, dan musik. Film ini juga sukses box office, lebih dari $ 143.000.000 di Amerika Serikat dan $ 484.000.000 di seluruh dunia. Film ini dinominasikan untuk Academy Award untuk Best Original Song untuk "Real di Rio", namun kalah dari calon lain, "Man or Muppet" dari The Muppets.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dimulai di Brazil, dimana berbagai burung-burung eksotis yang diselundupkan ke luar negeri. Di Moose Lake, Minnesota, sebuah peti dengan macaw biru jantan jatuh dari truk dan ditemukan oleh seorang gadis kecil bernama Linda Gunderson, dan dinamakan Blu. Lima belas tahun kemudian, Linda memiliki toko buku. Blu, sangat dijinakkan dan tidak bisa terbang, sering diejek oleh angsa Kanada di depan toko buku Linda.

Suatu hari, dokter burung bernama Túlio Monteiro mengundang Blu dan Linda ke Rio de Janeiro dengan alasan bahwa Blu, yang merupakan pejantan terakhir dari spesiesnya, untuk berpasangan dengan macaw betina. Linda menerima mereka berangkat ke Rio, di mana Blu bertemu dengan seekor burung jambul merah bernama Pedro dan temannya burung kenari kuning bernama Nico. Di penangkaran Túlio, Blu bertemu Jewel, seekor burung biru betina yang merindukan kebebasan. Keduanya ditangkap oleh Fernando, anak yatim miskin, dan Kakatua jambul Sulphur bernama Nigel, keduanya bekerja untuk sekelompok penyelundup yang dipimpin oleh seorang pria bernama Marcel, yang ingin meninggalkan negara itu sesegera mungkin untuk mengamankan kesepakatan pasar gelap tentang Blu dan Jewel. Sementara Fernando memiliki pikiran kedua tentang tindakannya, Nigel menceritakan macaw bahwa ia bersumpah untuk menyelundupkan burung-burung eksotis di balas dendam setelah perannya pada program televisi telah digantikan oleh burung beo. Namun, karena pengetahuan Blu dengan kandang, maka para macaw dapat melarikan diri ke hutan dengan membuka kandangnnya dengan mudah.

Fernando bertemu Linda dan Túlio dan membantu mereka menemukan burung, sementara Blu dan Jewel bertemu burung tukan toco bernama Rafael, yang menawarkan untuk membawa mereka ke temannya Luiz untuk melepas rantai pada kaki mereka. Dia mencoba untuk mengajarkan Blu bagaimana untuk terbang, sebelum mereka bertemu dengan Pedro dan Nico. Nigel mempekerjakan segerombol marmoset untuk menangkap Blu dan Jewel. Pedro dan Nico mengajak Blu dan Jewel ke klub samba, di mana mereka menari bersama. Saat mereka menari bersama, datanglah segerombol marmoset, para burung melawan mereka sementara Blu kabur ke sebuah trem. Fernando membawa Linda dan Túlio ke tempat persembunyian para penyelundup, di mana mereka menemukan bahwa burung telah dibawa. Marcel membawa kabur para burung dengan mengikuti parade.

Sementara itu, Blu dan yang lainnya bertemu Luiz. Jewel terkejut bhwa Luiz sebenarnya adalah seekor anjing bulldog. Rantai yang mengikat Blu dan Jewel akhirnya terlepas dengan bantuan Luiz. Jewel sangat bahagia, tetapi Blu tidak, ia tahu bahwa ia akan berpisah dengan Jewel. Sementar Blu berjalan sendirian, Jewel ditangkap oleh Nigel dan dibawa ke parade. Blu datang menyelamatkan Jewel bersama dengan yang lainnya.

Saat Linda dan Túlio menyamar untuk dapat masuk ke dalam parade, Nigel menangkap Blu, Rafael, Nico, dan Pedro. Linda dan Túlio gagal untuk menghentikan para penyelundup tepat waktu dan para penyelundup lepas landas dengan pesawat Short SC.7 Skyvan. Dalam pesawar, Blu dapat keluar dari kandangnya menggunakan alat pemadam kebakaran dan melepaskan Jewel. Blu dan Jewel melepaskan burung-burung lainnya, saat yang lainnya melarikan diri, Nigel mematahkan sayap Jewel. Blu membawa Nigel terbang keluar denan alat pemadam kebakaran, baling-baling pesawat menabrak Nigel dan rusak, para penyelundup pun kabur dari pesawat dengan hanya memakain satu parasut. Tidak dapat terbang, Jewel terjatuh dari pesawat menuju laut. Blu melompat keluar dari pesawat untuk menyelamatkan dia, Jewel mencium Blu karena Jewel mencintainya, Blu akhirnya bisa terbang dan mereka menemui Linda. Kemudian, Linda dan Túlio mengadopsi Fernando dan membuat tempat perlindungan untuk melindungi hutan dari penyelundup. Blu dan Jewel membesarkan tiga bayi burung bersama dan merayakan dengan teman-teman burung mereka, Nigel diolok-olok karena ia kehilangan bulunya, dan para penyelundup dikirim ke penjara.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

  • Jesse Eisenberg sebagai Tyler Blu Gunderson, seekor Spix Macaw jantan dari Rio de Janeiro yang tidak dapat terbang.
  • Anne Hathaway sebagai Jewel, seekor Spix Macaw perempuan dari Rio de Janeiro, pasangan Blu.
  • Leslie Mann sebagai Linda Gunderson, seorang gadis yang menemukan Blu setelah ia diambil dari Rio de Janeiro ke Moose Lake dan mengadopsinya selama 15 tahun.
  • Jemaine Clement sebagai Nigel, burung kakaktua jambul yang jahat.
  • George Lopez sebagai Rafael, seekor Tukan Toco romantis pecinta karnaval.
  • will.i.am sebagai Pedro, seorang Kardinal Merah jambul yang adalah teman dekat Nico .
  • Jamie Foxx sebagai Nico, seekor kenari kuning yang menggunakan topi dari penutup soda.
  • Carlos Ponce sebagai Marcel, pemilik Nigel dan pemimpin kelompok penyelundup.
  • Jeffrey Garcia sebagai Tipa/Bat.
  • Davi Vieira sebagai Armando.
  • Rodrigo Santoro sebagai Túlio Monteiro, seorang ahli burung Brasil.
  • Jake T. Austin sebagai Fernando, asisten miskin Marcel .
  • Tracy Morgan sebagai Luiz, bulldog dan ahli gergaji yang memiliki kelainan dengan air liur.
  • Bernardo de Paula sebagai Kipo, seorang Roseate Spoonbill, dan Sylvio, penjaga keamanan di penagkaran burung Túlio.
  • Wanda Sykes sebagai Chloe dan Jane Lynch sebagai Alice, dua angsa Kanada bersaudara.
  • Francisco Ramos sebagai Mauro, pemimpin marmoset.
  • Bebel Gilberto sebagai Eva, sebuah Toucan Keel-billed dan istri Rafael.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Di dunia premier Rio dirilis pada Selasa, 22 Maret 2011, di sebuah teater Cinepolis di Lagoa, Rio de Janeiro. Di Amerika Serikat Rio dirilis pada Minggu, 10 April 2011 at Chinese Theatre Grauman di Hollywood, California, dan dirilis di seluruh dunia lima hari kemudian. Namun sayangnya film ini tidak dapat ditayangkan di bioskop Indonesia karena terjadi krisis film atau biaya impor film yang mahal. Rio 2 menjadi sekuel film Rio yang pernah masuk ke bioskop Indonesia.

Penayangan di Televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, film ini pernah di-dubbing ke dalam bahasa Indonesia (tanpa dubbing untuk soundtrack dan nyanyian tokoh-tokoh film) dan pernah ditayangkan di Fox Family Movies, RCTI dan Global TV sejak tahun 2013 yang lalu.

Musik[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 18 Maret 2011, penyanyi sekaligus penulis lagu asal Brazil Taio Cruz merilis sebuah video musik dan lagu tema bernama "Telling the World" di YouTube untuk soundtrack Rio. Soundtrack Rio dibuat dari Motion Picture dirilis di Amerika Serikat oleh 20th Century Fox pada 29 Maret 2011 untuk unduhan digital. Dan oleh Interscope Records pada tanggal 5 April 2011 di format CD Audio. Dalam edisi Brasil beberapa lagu memperoleh versi Portugis dilakukan oleh seniman Brasil terkenal seperti Ivete Sangalo (menggantikan Ester Dean dalam "Take You to Rio (Remix)") dan Carlinhos Brown (menggantikan Jamie Foxx dalam "Fly Love"). "Real di Rio" menjadi "Favo de Mel" (Honeycomb) tetapi itu dilakukan oleh penyanyi yang sama dengan versi bahasa Inggris.

Rio: Music from the Motion Picture
Album soundtrack karya Various Artists
Dirilis 29 Maret 2011 (2011-03-29) (Digital download)
April 5, 2011 (Audio CD)
Genre Pop, Latin, alternative hip hop
Durasi 38:11
Label Interscope, will.i.am Music Group
Produser Sérgio Mendes, John Powell
Blue Sky Studios film soundtrack
Ice Age: Dawn of the Dinosaurs
(2009)Ice Age: Dawn of the Dinosaurs2009
Rio
(2011)
Ice Age: Continental Drift
(2012)Ice Age: Continental Drift2012
Singel dari album Rio: Music from the Motion Picture
  1. Telling the World
    Dirilis: March 22, 2011
No. Judul Pencipta Penyanyi Durasi
1. "Real in Rio"   Sérgio Mendes, John Powell, Carlinhos Brown, Mikael Mutti, Siedah Garrett Jesse Eisenberg, Jamie Foxx, Anne Hathaway, George Lopez, will.i.am, and The Rio Singers with Hollywood 3:48
2. "Let Me Take You to Rio (Blu's Arrival)"   Ester Dean, Brown, Mutti Ester Dean, Carlinhos Brown 1:54
3. "Mas que Nada" (2011 Rio Version) Jorge Ben Jor Sérgio Mendes featuring Gracinha Leporace 2:44
4. "Hot Wings (I Wanna Party)"   will.i.am will.i.am, Jamie Foxx, Anne Hathaway 2:16
5. "Pretty Bird"   Jemaine Clement, Powell, Yoni Brenner, Mike Reiss Jemaine Clement 2:04
6. "Fly Love"   Brown, Garrett Jamie Foxx 2:39
7. "Telling the World"   Taio Cruz, Alan Kasirye Taio Cruz 3:33
8. "Funky Monkey"   Garrett, Brown, Mutti Siedah Garrett, Carlinhos Brown, Mikael Mutti, Davi Vieira 2:24
9. "Take You to Rio" (Remix) Dean, Mikkel Storleer Eriksen, Tor Erik Hermansen Ester Dean 3:26
10. "Balanço Carioca"   Mutti Mikael Mutti 3:01
11. "Sapo Cai"   Brown, Mutti, Mendes Carlinhos Brown, Mikael Mutti 2:46
12. "Samba de Orly"   Toquinho, Chico Buarque de Hollanda Bebel Gilberto 2:49
13. "Valsa Carioca"   Mendes Sérgio Mendes 2:35
14. "Forró da Fruta" (Bonus Track) Brown, Mutti Carlinhos Brown, Mikael Mutti 2:12
Durasi total:
38:11
Brazilian edition

Grafik[sunting | sunting sumber]

Grafik (2011) Posisi
US Billboard 200 60
US Digital Albums 10
US Billboard Top R&B/Hip-Hop Albums 6
US Billboard Top Rap Albums 2
US Kid Albums 8
US Soundtracks 4

jc

Lagu latar[sunting | sunting sumber]

Rio
Film score karya John Powell
Dirilis 19 April 2011 (2011-04-19)
Genre Score
Durasi 47:04
Label Varèse Sarabande
John Powell film scores
Mars Needs Moms
(2011)Mars Needs Moms2011
Rio
(2011)
Kung Fu Panda 2
(2011)Kung Fu Panda 22011

Rata-rata lagu latar Rio ditulis oleh John Powell dan dirilis pada tanggal 19 April 2011 oleh Varese Sarabande Records. Semua musik disusun oleh John Powell, kecuali seperti yang tercantum.

Seluruh musik diciptakan oleh John Powell, except as noted.

No. Judul Durasi
1. "Morning Routine"   2:23
2. "Meet Tulio"   2:55
3. "Great Big Momma Bird"   2:47
4. "Paradise Concern"   1:59
5. "Bagged and Missing"   2:09
6. "Locked Up"   2:10
7. "Chained Chase"   2:35
8. "Bedtime Flyers"   2:58
9. "Idiot Glider"   1:56
10. "Juicy Little Mango"   2:27
11. "Umbrellas of Rio"   2:27
12. "Motorbike"   1:23
13. "Bird Fight"   1:03
14. "Birds Moved"   2:33
15. "Heimlich"   2:31
16. "Birdnapped"   3:37
17. "Rio Airport"   4:24
18. "Flying"   2:43
19. "Market Forro" (composed by Carlinhos Brown and Mikael Mutti) 2:11
Durasi total:
47:04

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Award Category Name Outcome
84th Academy Awards Best Original Song, "Real in Rio" Sérgio Mendes
Carlinhos Brown
Siedah Garrett
Nominasi
Annie Awards Best Animated Feature Bruce Anderson
John C. Donkin
Carlos Saldanha
Best Character Animation in an Animated Production Jeff Gabor Menang
Patrik Puhala Nominasi
Best Character Design in a Feature Production Sergios Pablos
Directing in an Animated Feature Production Carlos Saldanha
Best Music in an Animated Feature Production Mikael Mutti
Siedah Garrett
Carlinhos Brown
Sérgio Mendes
John Powell
Production Design in an Animated Feature Production Thomas Cardone
Kyle MacNaughton
Peter Chan
Best Voice Acting in an Animated Feature Production Jemaine Clement
38th People's Choice Awards Favorite Movie Animated Voice Anne Hathaway
2011 Teen Choice Awards|
2012 Kids' Choice Awards Favorite Animated Movie
38th Saturn Awards Best Animated Film

Permainan[sunting | sunting sumber]

Sebuah video game berdasarkan film ini dirilis pada tanggal 12 April 2011 untuk Nintendo Wii, Nintendo DS, PlayStation 3, dan Xbox 360. Ia memiliki jenis yang mirip dengan seri Mario Party. Permainan lain, Angry Birds Rio, dirilis pada Maret 2011 untuk berbagai sistem mobile dan desktop.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Sebuah sekuel, berjudul Rio 2, dalam produksi untuk 11 April 2014. Carlos Saldanha, produser dan sutradara film pertama, akan kembali sebagai sutradara. Semua pemain utama, termasuk Anne Hathaway, Jesse Eisenberg, Jemaine Clement, Jamie Foxx, will.i.am, Tracy Morgan, George Lopez, Jake T. Austin, Leslie Mann, dan Rodrigo Santoro, akan memmerankannya lagi. Pemain baru termasuk Andy García, Bruno Mars, Kristin Chenoweth, Rita Moreno, Amandla Stenberg, Rachel Crow, Pierce Gagnon, dan Natalie Morales. Sekuel ini akan mengikuti Blu, Jewel dan tiga anak-anak mereka pada usaha ke Amazon di mana mereka mencoba untuk hidup seperti burung yang nyata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Rio_(2011_film)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]