Rio-rio jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rio-rio jepang
Eophona personata

Japanese grosbeak in Honshu, Japan
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22720687
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusEophona
SpesiesEophona personata
(Temminck dan Schlegel, 1845)
Tata nama
Sinonim takson
  • Coccothraustes personatus Temminck and Schlegel, 1847
ProtonimCoccothraustes personatus
Distribusi

Rio-rio jepang( Eophona personata ) atau Ikaru adalah burung pipit asli Palearctic Timur. Kadang-kadang juga disebut sebagai Pipit apel Jepang atau bertopeng karena kemiripannya dengan spesies Eurasia yang terkenal.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung Pipit besar, dengan berat dilaporkan 80 g (2,8 oz) (untuk jantan lajang) dan panjang 18 hingga 23 cm (7,1 hingga 9,1 in) . Di antara pengukuran standar, tali sayap adalah 102 hingga 117 cm (40 hingga 46 in), ekornya 83 hingga 95 cm (33 hingga 37 in) dan culmennya adalah 21 hingga 26 cm (8,3 hingga 10,2 in) . Ciri khas rio-rio Jepang adalah paruhnya yang besar dan runcing, berwarna kuning cerah. Rio-rio dewasa mempunyai tanda hitam besar yang memanjang dari tengkuk hingga dagu dan penutup telinga hingga leher. Sisi leher berwarna abu-abu keputihan pucat yang kontras. Bagian bawah burung berwarna abu-abu kusam. Bagian belakangnya berwarna coklat keabu-abuan sedangkan bagian panggulnya diberi warna jahe atau coklat kecoklatan. Sayap dan ekornya berwarna hitam tetapi ada bercak putih di bulu bagian dalam dan garis putih di tengah bulu primer, yang terlihat saat terbang. Remaja secara keseluruhan berwarna abu-abu kusam tanpa warna hitam di kepala. Subspesies, E. p. magnostris sedikit lebih besar dari ras yang dicalonkan. Biasanya warnanya juga lebih pucat dengan bercak putih yang lebih kecil pada warna primer.

Di antara vokalisasi yang dikeluarkan oleh rio-rio Jepang antara lain nada tak tak yang pendek namun keras yang diberikan saat terbang. Nyanyian burung ini terdiri dari rangkaian empat peluit seruling.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Subspesies alternatif ( E. p. magnostris ) bermigrasi sepenuhnya, berkembang biak di sekitar kawasan Amur, Ural, dan Manchuria, lalu musim dingin di Hebei dan Beijing, jarang menyebar ke selatan hingga Korea Utara . Perlombaan pencalonan terjadi di Jepang dari Hokkaido ke Kyushu dan tidak bermigrasi secara musiman tetapi sering mengembara selama musim dingin, sebagian besar untuk mencari sumber makanan. Burung rio-rio Jepang umum ditemukan di wilayah ini, dan kadang-kadang melimpah di sekitar area makan utama. Itu tersebar di hutan gugur atau hutan campuran. Lebih umum lagi, ini adalah burung lembah daripada lereng bukit. Spesies ini juga muncul di hutan dan rumpun pohon pasang dan burja serta taman dan kebun yang berhutan lebat. Spesies ini mungkin mengalami musim dingin di tepi area budidaya. Rio-rio Jepang biasanya berpasangan atau berkelompok kecil. Secara perilaku, ia tampak sangat tertutup, sering kali bersembunyi di dedaunan dekat kanopi pohon. Namun, lokasinya sering kali dikhianati oleh suaranya. Kebanyakan, rio-rio memakan berbagai macam biji dan serangga . Selama musim dingin, mereka terutama memakan kacang aras, tetapi juga memakan biji pohon burja dan buah beri . Selama musim panas, mereka menjadi pemakan serangga dan secara teratur memakan ulat dan kumbang .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Eophona personata". 2018: e.T22720687A132003504. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22720687A132003504.en.