Coenraad Jacob Temminck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Coenraad Jacob Temminck

Coenraad Jacob Temminck (lahir 31 Maret 1778 – meninggal 30 Januari 1858 pada umur 79 tahun) adalah seorang aristrokat dan naturalis berkebangsaan Belanda.

Temminck merupakan direktur pertama di Museum Kerajaan untuk Sejarah Alam yang berlokasi di Leiden. Ia menjabat posisi ini dari tahun 1820 sampai meninggal. Semasa ia menjabat ia mengirim sejumlah ilmuwan asal Belanda dan Jerman ke Hindia Belanda untuk mendata berbagai keadaan alam (geologi, topografi, biologi, dan klimatologi) di pulau-pulau yang belum pernah disurvai sebelumnya. Banyak nama-nama geografi yang sekarang dipakai di Indonesia yang dapat dirunut dari masa kepemimpinan Temminck.

Bukunya yang berjudul Manuel d'ornithologie, ou Tableau systematique des oiseaux qui se trouvent en Europe (1815) merupakan buku standar mengenai burung di Eropa selama bertahun-tahun. Temminck menerima koleksi besar spesimen burung dari ayahnya yang bekerja sebagai bendahara di VOC.

Temminck juga mengarang buku Histoire naturelle générale des Pigeons et des Gallinacées (1813-1817), Nouveau Recueil de Planches coloriées d'Oiseaux (1820-1839), dan memberikan kontribusi mengenai mamalia di buku Fauna japonica (1844-1850) oleh Philipp Franz von Siebold.

Sebagai penghargaan atas karya-karyanya, sejumlah spesies burung dan mamalia dinamakan menurut namanya.