Pipit apel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pipit apel
Coccothraustes coccothraustes

Male in winter
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22720681
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusCoccothraustes
SpesiesCoccothraustes coccothraustes
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonLoxia coccothraustes Linnaeus, 1758
Distribusi

Ranges of C coccothraustes     Breeding      Resident      Non-breeding

Pipit apel ( Coccothraustes coccothraustes ) adalah burung pengicau dalam keluarga pipit sejati Fringillidae. Ini adalah satu-satunya spesies yang ditempatkan dalam genus Coccothraustes . Kerabat terdekatnya yang masih hidup adalah rio-rio Cina ( Eophona migratoria ) dan rio-rio Jepang ( Eophona personata ) di Asia Timur, serta rio-rio hitam ( Hesperiphona vespertina ) dan rio-rio tudung ( Hesperiphona abeillei ) di Amerika Utara.

Burung ini berkembang biak di Eropa dan Asia beriklim sedang ( Paearctic ). Burung ini sebagian besar tinggal di Eropa, tetapi banyak burung Asia bermigrasi lebih jauh ke selatan pada musim dingin. Ini adalah gelandangan yang langka di pulau-pulau barat Alaska.

Hutan gugur atau hutan campuran, termasuk taman, dengan pohon-pohon besar – terutama pohon kayutanduk– disukai untuk berkembang biak. Pipit apel membangun sarangnya di semak atau pohon, dan bertelur 2–7 butir. Makanan utamanya adalah biji-bijian dan biji buah, terutama buah ceri, yang dipecahkan dengan paruhnya yang kuat. Spesies burung kutilang berukuran besar ini biasanya terlihat berpasangan atau berkelompok kecil.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pipit apel memiliki panjang keseluruhan 18 cm (7,1 in), dengan lebar sayap berkisar antara 29 hingga 33 cm (11 hingga 13 in) . Beratnya 46–70 g (1,6–2,5 oz) dengan jantan rata-rata sedikit lebih berat daripada betina. [2] Ini adalah burung yang kuat dengan leher tebal, kepala bulat besar, dan paruh berbentuk kerucut yang lebar dan kuat dengan tampilan metalik. Ia memiliki kaki pendek berwarna merah muda dengan rona terang dan ekornya pendek. Ia memiliki mata coklat. Bulu betina sedikit lebih pucat dibandingkan bulu jantan. Warna keseluruhannya coklat muda, kepalanya berwarna oranye. Matanya memiliki lingkaran hitam di sekelilingnya, memanjang hingga paruhnya dan mengelilingi tepiannya. Tenggorokannya juga berwarna hitam. Sisi lehernya, serta bagian belakang lehernya, berwarna abu-abu. Sisi atas sayapnya berwarna hitam pekat. Sayapnya juga memiliki tiga garis dari tengah hingga samping: garis putih, coklat, dan biru. Pipit apel dewasa berganti kulit antara bulan Juli dan September.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Kepala seekor Pipit apel

Pipit apel tersebar di seluruh Eropa, Asia Timur (Palearktik termasuk Jepang Utara), dan Afrika Utara (Maroko, Tunisia, dan Aljazair). Ia juga telah terlihat di Alaska, namun dilaporkan sebagai kehadiran yang tidak disengaja. Hal ini tidak ditemukan di Islandia, bagian dari Kepulauan Inggris, atau pulau-pulau Mediterania tertentu. Namun ia ditemukan di Eropa selatan, seperti di Spanyol dan Bulgaria, serta di Eropa tengah, termasuk sebagian Inggris dan Swedia selatan. Sebaran Pipit apel telah meluas lebih jauh ke utara sejak tahun 1950-an, dan sekarang ditemukan hingga ke utara hingga Norwegia Utara.[3] Di Asia dapat ditemukan di Kaukasus, Iran bagian utara, Afghanistan, Turkistan, Siberia, Manchuria dan Korea Utara.

Pipit apel biasanya menghuni hutan gugur selama musim semi untuk mendapatkan keturunan, sering kali di pohon yang menghasilkan buah, seperti pohon pasang. Mereka juga masuk ke area manusia, seperti taman dan kebun. Mereka juga dapat ditemukan di hutan pinus, asalkan ada sumber air di sekitarnya. Selama musim gugur dan musim dingin mereka mencari hutan yang menyediakan makanan, terutama di hutan yang memiliki pohon ceri dan prem. Dari segi ketinggian, Pipit apel hadir di ketinggian berapa pun hingga yang dibatasi oleh ukuran pohon.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pipit apel adalah spesies pemalu, sehingga sulit untuk diamati dan dipelajari. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya di puncak cabang yang tinggi, terutama selama musim kawin. Selama hidupnya Pipit apel hanya terlihat di tanah sambil mencari bibit atau air minum, selalu di dekat pohon. Saat minum dan makan, ia cukup agresif dan dominan, baik terhadap spesies yang sama maupun berbeda, bahkan burung yang lebih besar. Ia menjaga wilayah yang cukup kecil ketika anak-anaknya lahir; namun, jika tidak menghasilkan keturunan, ia diketahui menjaga seluruh hutan. Hal ini ditafsirkan sebagai keuntungan evolusioner, mengingat pemeliharaan koloni dipandang lebih aman terhadap predator sarang.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Pipit apel pertama kali berkembang biak saat berumur 1 tahun. [4] Mereka bersifat monogami, dengan ikatan berpasangan yang terkadang bertahan dari satu tahun ke tahun berikutnya. Pembentukan pasangan terjadi sebelum pecahnya kawanan musim dingin. [5] Waktu berkembang biak bergantung pada suhu musim semi dan terjadi lebih awal di Eropa barat daya dan kemudian di timur laut. Di Inggris, sebagian besar perkawinan terjadi antara akhir April dan akhir Juni. [2]

Pipit apel terlibat dalam serangkaian rutinitas pacaran yang rumit. Kedua burung itu berdiri terpisah saling berhadapan dan mengulurkan tangan untuk menyentuh paruhnya. Jantan tampil di depan betina dengan berdiri tegak, menggembungkan bulu di kepala, leher, dan dada serta membiarkan sayapnya terkulai ke depan. Dia kemudian membungkuk dalam-dalam. Jantan juga akan menurunkan sayap dan menggerakkannya dalam bentuk setengah lingkaran, memperlihatkan palang sayap dan bulu sayap yang dimodifikasi. [6]

Makanan[sunting | sunting sumber]

Pipit apel memakan terutama biji keras dari pohon, serta biji buah, yang diperolehnya dengan bantuan paruhnya yang kuat disertai otot rahang. Otot rahangnya mengerahkan gaya yang setara dengan beban kira-kira 30–48 kg. Dengan demikian dapat menembus biji buah cherry dan plum. Sumber makanan umum lainnya termasuk biji pinus, buah beri, kecambah, dan sesekali ulat dan kumbang. Mereka juga bisa menembus biji zaitun. Burung ini diketahui makan secara berkelompok, terutama saat musim dingin.

Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Penerbangannya cepat dan lintasannya lurus dalam jarak pendek. Selama penerbangan panjang, undulasi periodik dapat diamati dalam pola penerbangannya. Saat berada di tanah, ia mengais-ngais, ia melompat, dan mereka dengan cepat terbang menjauh jika ada suara sekecil apa pun. Mereka diamati menangkap serangga di tengah penerbangan. Mereka terbang hingga ketinggian 200 m dan mereka terlihat terbang berkelompok, maupun sendirian.

Migrasi[sunting | sunting sumber]

Pipit apel adalah migran parsial, dengan kawanan utara bermigrasi ke Selatan selama musim dingin, seperti yang ditunjukkan oleh teknik dering. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa burung Pipit apel yang menghuni habitat beriklim sedang sering kali memiliki perilaku menetap. Beberapa migran dari Eropa utara mencapai Inggris pada musim gugur dan beberapa terlihat di Kepulauan Utara pada musim semi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2017). "Coccothraustes coccothraustes". 2017: e.T22720681A111132393. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-1.RLTS.T22720681A111132393.en. 
  2. ^ a b Snow & Perrins 1998, hlm. 1610–1613.
  3. ^ "Kjernebiter". 9 July 2021. 
  4. ^ Cramp & Perrins 1994, hlm. 843–844.
  5. ^ Clement, P. (2020). "Hawfinch (Coccothraustes coccothraustes)". Dalam del Hoyo, J; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.hawfin.01. Diakses tanggal 6 June 2015. (perlu berlangganan)
  6. ^ Newton 1972, hlm. 167–168.