Richard dari Shrewsbury, Adipati York

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Richard dari Shrewsbury, Adipati York (17 Agustus 1473-1483) adalah anak keenam dan putra kedua dari Raja Edward IV dan istrinya Elizabeth Woodville, yang lahir di Shrewsbury. Richard dan kakak laki-lakinya, yang sempat memerintah sebagai Edward V dari Inggris, menghilang secara misterius tak lama setelah Richard III menjadi raja pada tahun 1483.

Richard dari Shrewsbury
Adipati York; Adipati Norfolk; Earl dariNottingham
Richard seperti yang dibayangkan pada tahun 1878
Kelahiran17 Agustus 1473
Shrewsbury, Shropshire, Inggris
Kematianc. pertengahan 1483 (umur 9/10)
Menara London?
Pemakaman
Tidak diketahui
WangsaYork
AyahEdward IV dari Inggris
IbuElizabeth Woodville
Pasangan
(m. 1478; meninggal 1481)

Kadipaten[sunting | sunting sumber]

Pangeran Richard diangkat menjadi Adipati York pada Mei 1474 dan diangkat menjadi Knight of the Garter pada tahun berikutnya. Sejak saat itu, menjadi tradisi bagi putra kedua penguasa Inggris menjadi Duke of York. Ia diangkat menjadi Earl of Nottingham pada 12 Juni 1476. Pada 15 Januari 1478, di Kapel St Stephen, Westminster, ketika ia berusia 4 tahun, ia menikah dengan Anne de Mowbray yang berusia 5 tahun, Bangsawan Norfolk ke-8, yang mewarisi perkebunan Mowbray yang luas pada tahun 1476.

Pernikahan Richard dari Shrawsbury dan Anne de Mowbray

Karena pangkat seorang duke ayah mertua York telah punah ketika Anne tidak dapat mewarisinya, dia diangkat menjadi Adipati Norfolk dan Earl Warenne pada tanggal 7 Februari 1477. Ketika Anne de Mowbray meninggal pada bulan November 1481, tanah miliknya seharusnya diserahkan kepada William, Viscount Berkeley dan kepada John, Lord Howard.

Pada bulan Januari 1483, Parlemen mengesahkan undang-undang yang memberikan perkebunan Mowbray kepada Richard, Adipati York dan Norfolk, seumur hidupnya, dan pada saat kematiannya kepada ahli warisnya, jika dia memilikinya. Hak kedua ahli waris bersama dihapuskan; Viscount Berkeley mengalami kesulitan keuangan dan Raja Edward IV melunasi dan menghapus hutang tersebut. Berkeley kemudian membatalkan klaimnya atas tanah Mowbray di hadapan parlemen pada tahun 1483. Tidak ada yang dilakukan untuk Lord Howard.

Ahli waris sementara[sunting | sunting sumber]

Ayahnya meninggal pada tanggal 9 April 1483. Dengan demikian saudaranya Edward, Pangeran Wales, menjadi Raja Inggris dan diakui seperti itu, dan Richard menjadi Pewaris sementara. Ini tidak berlangsung lama. Seorang pendeta, yang sekarang dipercaya sebagai Robert Stillington, Uskup Bath dan Wells, bersaksi bahwa Edward IV telah setuju untuk menikahi Lady Eleanor Talbot pada tahun 1461. Lady Eleanor masih hidup ketika Edward menikahi Elizabeth Woodville pada tahun 1464. Dewan Perwalian di bawah mendiang saudara laki-laki Raja Richard, Adipati Gloucester, menyimpulkan bahwa ini adalah kasus bigami, membatalkan pernikahan kedua dan legitimasi semua anak Edward IV oleh pernikahan ini. Di bawah pengaruh Adipati Gloucester, baik Edward maupun Richard dinyatakan tidak sah dan disingkirkan dari garis suksesi pada tanggal 25 Juni 1483. Adipati Gloucester, sebagai satu-satunya saudara lelaki Edward IV yang masih hidup, menjadi Raja Richard III.

Kemungkinan nasib[sunting | sunting sumber]

Duke of York dikirim ke Menara London, yang saat itu menjadi kediaman kerajaan, oleh Raja Richard III pada pertengahan 1483, di mana dia ditahan bersama saudara laki-lakinya. Mereka kadang-kadang terlihat di taman Menara, tetapi tidak ada penampakan yang diketahui setelah musim panas 1483. Apa yang terjadi pada mereka berdua setelah menghilang masih belum diketahui.

The Princess in the Tower oleh John Everett Millais

Thomas More menulis bahwa para pangeran dibekap sampai mati dengan bantal mereka, dan kisahnya menjadi dasar dari drama William Shakespeare Richard III, di mana Tyrrell memerintahkan Forrest dan Dighton untuk membunuh para pangeran atas perintah Richard. Evaluasi ulang selanjutnya terhadap Richard III mempertanyakan kesalahannya, dimulai dengan William Cornwallis pada awal abad ke-17.

Pada masa sebelum anak laki-laki itu menghilang, Edward sering dikunjungi dokter; sejarawan David Baldwin mengekstrapolasi bahwa orang sezaman mungkin percaya Edward telah meninggal karena penyakit atau sebagai akibat dari upaya untuk menyembuhkannya.

Dengan tidak adanya bukti kuat sejumlah teori lain telah dikemukakan, yang paling banyak dibahas adalah bahwa mereka dibunuh atas perintah Adipati Buckingham atau oleh Henry Tudor, Earl of Richmond (kemudian menjadi Raja Henry VII). Tulang yang dilaporkan milik dua anak ditemukan pada tahun 1674 oleh pekerja yang membangun kembali tangga di Menara. Atas perintah Raja Charles II, ini kemudian ditempatkan di Westminster Abbey, di sebuah guci bertuliskan nama Edward dan Richard.

Tulang-tulang itu diperiksa ulang pada tahun 1933 di mana pada saat itu ditemukan bahwa kerangka itu tidak lengkap dan telah dikuburkan dengan tulang binatang. Tidak pernah terbukti bahwa tulang itu milik para pangeran.

Pada 1789, pekerja yang melakukan perbaikan di Kapel St George, Windsor, menemukan kembali dan secara tidak sengaja membobol lemari besi Edward IV dan Elizabeth Woodville. Di sebelahnya ada lemari besi lain, yang ditemukan berisi peti mati dua anak. Makam ini bertuliskan nama dua anak Edward IV: George, Adipati Bedford, yang meninggal pada usia dua tahun; dan Mary of York yang meninggal pada usia 14 tahun. Keduanya telah mendahului Raja. Namun, sisa-sisa kedua anak ini kemudian ditemukan di tempat lain di kapel, meninggalkan penghuni peti mati anak-anak di dalam makam tidak diketahui.

Pada tahun 1486, kakak perempuan tertua Richard dari Shrewsbury Elizabeth menikah dengan Henry VII, dengan demikian menyatukan Wangsa York dan Lancaster.

Perkin Warbeck[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1491, di Cork, Perkin Warbeck, seorang pemuda asal Flemish diproklamirkan oleh berbagai pendukung York yang dipimpin oleh mantan Walikota Irlandia John Atwater sebagai Richard. Dia mengaku telah melarikan diri dari Menara dan menghabiskan tahun-tahun berikutnya dalam pelarian. Selama enam tahun berikutnya, Warbeck melakukan perjalanan melintasi Eropa, menerima pengakuan dari sejumlah raja termasuk Maximilian I, Kaisar Romawi Suci dan James IV dari Skotlandia sebagai "Richard IV" dari Inggris. Dukungan ini termasuk Margaret of York, bibi dari Richard yang asli. Menyusul penangkapannya setelah invasi yang gagal ke Inggris pada tahun 1497, Warbeck ditahan di Menara London. Dia mengaku sebagai penipu, dan kemudian dieksekusi menyusul upaya untuk melarikan diri.

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang Richard, Adipati York

Sebagai putra raja, Richard diberikan hak untuk menggunakan lambang kerajaan, yang dibedakan dengan label argent, pada poin pertama canton gules.