Rhizopus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rhizopus
Diagram skematis Rhizopus spp.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Rhizopus

Ehrenb. (1820)
Spesies tipe
Rhizopus nigricans
Ehrenb. (1820)
Sinonim[1]

Crinofera Nieuwl. (1916)
Pilophora Wallr. (1833)

Rhizopus adalah genus fungi saprofit yang umum pada tanaman dan parasit yang terspesialisasi pada hewan. Mereka ditemukan di berbagai substrat organik, termasuk "buah dan sayuran matang",[2] jeli, sirup, kulit, roti, kacang tanah, dan tembakau. Beberapa spesies Rhizopus adalah agen oportunistik dari zigomikosis manusia (infeksi jamur) dan bisa berakibat fatal. Infeksi Rhizopus juga bisa menjadi komplikasi ketoasidosis diabetik.[3] Genus yang tersebar luas ini mencakup setidaknya delapan spesies.[4][5]

Rhizopus, perbesaran 400x

Spesies Rhizopus tumbuh sebagai hifa berbentuk filamen dan bercabang yang umumnya tidak memiliki dinding silang (yaitu koenositik). Mereka berkembang biak dengan membentuk spora aseksual dan seksual. Dalam reproduksi aseksual, sporangiospora diproduksi di dalam struktur berbentuk bola, yaitu sporangium. Sporangium didukung oleh kolumela apophysate besar di atas tangkai yang panjang, sporangiofor. Sporangiofor muncul di antara rizoid khas yang mirip akar. Dalam reproduksi seksual, zigospora gelap diproduksi pada titik di mana dua miselium yang kompatibel melebur. Setelah berkecambah, zigospora menghasilkan koloni yang secara genetis berbeda dari induk-induknya.

Berbagai jenis, termasuk R. stolonifer, dapat menyebabkan busuk lunak pada ubi jalar dan narsis.

Spesies[sunting | sunting sumber]

2
The unnamed parameter 2= is no longer supported. Please see the documentation for {{columns-list}}.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rhizopus Ehrenb. 1820". MycoBank. International Mycological Association. Diakses tanggal 2011-02-05. 
  2. ^ Kirk PM, Cannon PF, Minter DW, Stalpers JA (2008). Dictionary of the Fungi (edisi ke-10th). Wallingford, UK: CABI. hlm. 599. ISBN 978-0-85199-826-8. 
  3. ^ Chinn RY, Diamond RD (1982). "Generation of chemotactic factors by Rhizopus oryzae in the presence and absence of serum: relationship to hyphal damage mediated by human neutrophils and effects of hyperglycemia and ketoacidosis". Infection and Immunity. 38 (3): 1123–29. 
  4. ^ Zheng RY, Chen GQ, Huang H, Liu XY (2007). "A monograph of Rhizopus". Sydowia. 59 (2): 273–372. 
  5. ^ Abe A, Asano K, Sone T (2010). "A Molecular Phylogeny-Based Taxonomy of the Genus Rhizopus". Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry. 74 (7): 1325–1331. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]