Sanggraloka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Resort)
Sanggraloka menggabungkan sebuah hotel dan berbagai rekreasi, seperti kolam renang.

Sanggraloka atau resor (bahasa Inggris: resort) adalah tempat untuk relaksasi atau rekreasi, menarik pengunjung untuk berlibur. Sanggraloka juga tempat, kota atau kadang-kadang bangunan komersial yang dioperasikan oleh suatu perusahaan. Sanggraloka sendiri menyediakan banyak keinginan pengunjung seperti makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan. Sebutan "sanggraloka" kadang-kadang salah digunakan untuk mengartikan hotel yang tak menyediakan amenitas yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah sanggraloka. Tetapi, hotel merupakan fitur utama sebuah sanggraloka, seperti Grand Hotel di Mackinac Island, Michigan. Sebuah sanggraloka tidak harus berupa bangunan komersial yang dioperasikan suatu perusahaan, meskipun pada abad ke-20 fasilitas sejenis ini lebih banyak.

Kota yang memiliki sanggraloka atau di mana pariwisata atau liburan adalah bagian dari aktivitas lokal sering disebut kota sanggraloka. Kota seperti Sochi di Rusia, Sharm el Sheikh di Mesir, Newport, Rhode Island atau St. Moritz, Swiss, atau daerah besar, seperti Pegunungan Adirondack atau Riviera Italia merupakan sederet sanggraloka terkenal. Sanggraloka Walt Disney World adalah contoh sanggraloka komersial sendiri. Sanggraloka berdiri di seluruh dunia, menarik pengunjung dari seluruh dunia. Thailand, contohnya, telah menjadi negara tujuan populer. Sanggraloka umumnya berdiri di Amerika Tengah dan Karibia. Berkaitan dengan sanggraloka adalah situs pameran dan pertemuan besar. Umumnya, berada di kota di mana ruang pertemuan, bersama dengan akomodasinya juga hidangan dan hiburan disediakan.

Jenis sanggraloka[sunting | sunting sumber]

Kayak disediakan oleh sebuah sanggraloka tepi danau di Jasper, Alberta

Sanggraloka di suatu daerah[sunting | sunting sumber]

Sebuah bangunan komersial di kota sanggraloka seperti wilayah rekreasi, situs bersejarah, taman tema, fasilitas permainan atau atraksi turis lainnya bersaing dengan bisnis lain di kota itu. Contohnya hotel di dan sekitar Walt Disney World, berbagai sanggraloka di St. Martin di Karibia, dan bangunan-bangunan di Aspen, Colorado di AS.

Sanggraloka tujuan[sunting | sunting sumber]

Sebuah sanggraloka tujuan merupakan sanggraloka yang berisi, di dalam dan luar, kemampuan atraksi tamu yang memungkinkan-dikatakan bahwa sebuah sanggraloka tujuan tidak harus dekat dengan sebuah tempat (kota, situs bersejarah, taman tema, atau lainnya) untuk menarik publik. Karakteristik lain dari sebuah sanggraloka tujuan adalah menawarkan makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan di dalam bangunan sehingga tamu tidak perlu meninggalkan bangunan selama menetap di sana. Fasilitas tersebut memiliki kualitas yang lebih tinggi bila seseorang menetap di hotel atau makan di restoran kota. Contohnya Atlantis di Bahama, Costa do Sauípe di Brazil Timurlaut, Laguna Phuket di Thailand dan Sun City dekat Johannesburg di Afrika Selatan.

Sanggraloka lengkap[sunting | sunting sumber]

Sanggraloka "Paradise" di Catskills

Sanggraloka lengkap adalah sebuah sanggraloka yang, disamping menyediakan ameniti dari suatu sanggralokat, memberi harga terjangkau yang meliputi kebanyakan atau semua item.[1] Pada tingkat rendah, banyak sanggralokat lengkap meliputi penginapan, makanan dan minuman tak terbatas, aktivitas olahraga, dan hiburan dengan harga terjangkau. Beberapa tahun belakangan, jumlah sanggraloka yang menawarkan ameniti "lengkap" telah berkurang banyak; tahun 1961, lebih dari setengah sanggraloka di dunia seperti itu dan tahun 2007, jumlahnya kurang dari sepuluh persen.[2]

Sanggraloka bersejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah sanggraloka terkenal dari zaman kuno adalah Baiae, Italia, terkenal 2.000 tahun yang lalu. Capri, sebuah pulau dekat Naples, Italia, telah menarik pengunjung sejak masa Romawi.

Sanggraloka bersejarah terkenal lainnya adalah Monte Ne, Arkansas, yang aktif di awal abad ke-20. Di puncaknya lebih dari 10.000 orang per tahun menginap di hotel-hotelnya. Sanggraloka ini ditutup tahun 1930-an dan banjir pada 1960-an dan yang tersisa hanya reruntuhan.

Sanggraloka mewah[sunting | sunting sumber]

Sanggraloka mewah disebut pula sebagai sebuah sanggraloka yang eksklusif bertarifkan sangat mahal dengan fasilitas dan perlayanan liburan berbintang lima yang lengkap, Sanggraloka mewah sering dapat mendatangkan banyak pengunjung melalui kegiatan wisata seperti golf, olahraga air, fasilitas spa dan kecantikan, ski, ekologi alam atau ketenangan bila mengingat luasnya fasilitas yang ditawarkan maka sebuah sanggraloka mewah ini dapat pula dianggap atau disebut sebagai sanggraloka tujuan.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Resorts by Type". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-27. Diakses tanggal 2008-06-26. 
  2. ^ "American Plan resorts among last of vanishing breed". Associated Press. CNN.com. June 28, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-12. Diakses tanggal 2007-06-29. 
  3. ^ Luxury resort at Jimbaran Bay

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Resorts di Wikimedia Commons