Sanggraloka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Resort)
Langsung ke: navigasi, cari
Resor menggabungkan sebuah hotel dan berbagai rekreasi, seperti kolam renang.

Sanggraloka atau resor adalah tempat untuk relaksasi atau rekreasi, menarik pengunjung untuk berlibur. Resor juga tempat, kota atau kadang-kadang bangunan komersial yang dioperasikan oleh suatu perusahaan. Resor sendiri menyediakan banyak keinginan pengunjung seperti makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan. Sebutan "resor" kadang-kadang salah digunakan untuk mengartikan hotel yang tak menyediakan ameniti yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah resor. Tetapi, hotel merupakan fitur utama sebuah resor, seperti Grand Hotel di Mackinac Island, Michigan. Sebuah resor tidak harus berupa bangunan komersial yang dioperasikan suatu perusahaan, meskipun pada abad ke-20 fasilitas sejenis ini lebih banyak.

Kota yang memiliki resor atau dimana pariwisata atau liburan adalah bagian dari aktivitas lokal sering disebut kota resor. Kota seperti Sochi di Rusia, Sharm el Sheikh di Mesir, Newport, Rhode Island atau St. Moritz, Swiss, atau daerah besar, seperti Pegunungan Adirondack atau Riviera Italia merupakan resor-resor terkenal. Walt Disney World Resort adalah contoh resor komersial sendiri. Resor berdiri di seluruh dunia, menarik pengunjung dari seluruh dunia. Thailand, contohnya, telah menjadi negara tujuan populer. Resor umumnya berdiri di Amerika Tengah dan Karibia. Berkaitan dengan resor adalah situs pameran dan pertemuan besar. Umumnya, berada di kota dimana ruang pertemuan, bersama dengan akomodasinya juga hidangan dan hiburan disediakan.

Jenis resor[sunting | sunting sumber]

Kayak disediakan oleh sebuah resor tepi danau di Jasper, Alberta

Resor di suatu daerah[sunting | sunting sumber]

Sebuah bangunan komersial di kota resor seperti wilayah rekreasi, situs bersejarah, taman tema, fasilitas permainan atau atraksi turis lainnya bersaing dengan bisnis lain di kota itu. Contohnya hotel di dan sekitar Walt Disney World, berbagai resor di St. Martin di Karibia, dan bangunan-bangunan di Aspen, Colorado di AS.

Resor tujuan[sunting | sunting sumber]

Sebuah resor tujuan merupakan resor yang berisi, di dalam dan luar, kemampuan atraksi tamu yang memungkinkan-dikatakan bahwa sebuah resor tujuan tidak harus dekat dengan sebuah tempat (kota, situs bersejarah, taman tema, atau lainnya) untuk menarik publik. Karakteristik lain dari sebuah resor tujuan adalah menawarkan makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan di dalam bangunan sehingga tamu tidak perlu meninggalkan bangunan selama menetap di sana. Fasilitas tersebut memiliki kualitas yang lebih tinggi bila seseorang menetap di hotel atau makan di restoran kota. Contohnya Atlantis di Bahama, Costa do Sauípe di Brazil Timurlaut, Laguna Phuket di Thailand dan Sun City dekat Johannesburg di Afrika Selatan.

Resor lengkap[sunting | sunting sumber]

Resort "Paradise" di Catskills

Resort lengkap adalah sebuah resort yang, disamping menyediakan ameniti dari suatu resort, memberi harga terjangkau yang meliputi kebanyakan atau semua item.[1] Pada tingkat rendah, banyak resort lengkap meliputi penginapan, makanan dan minuman tak terbatas, aktivitas olahraga, dan hiburan dengan harga terjangkau. Beberapa tahun belakangan, jumlah resor yang menawarkan ameniti "lengkap" telah berkurang banyak; tahun 1961, lebih dari setengah resor di dunia seperti itu dan tahun 2007, jumlahnya kurang dari sepuluh persen.[2]

Resor bersejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah resor terkenal dari zaman kuno adalah Baiae, Italia, terkenal 2.000 tahun yang lalu. Capri, sebuah pulau dekat Naples, Italia, telah menarik pengunjung sejak masa Romawi.

Resor bersejarah terkenal lainnya adalah Monte Ne, Arkansas, yang aktif di awal abad ke-20. Di puncaknya lebih dari 10.000 orang per tahun menginap di hotel-hotelnya. Resor ini ditutup tahun 1930-an dan banjir pada 1960-an dan yang yang tersisa hanya reruntuhan.

Resor mewah[sunting | sunting sumber]

Resor mewah disebut pula sebagai sebuah resor yang eksklusif bertarifkan sangat mahal dengan fasilitas dan perlayanan liburan berbintang lima yang lengkap, Resor mewah sering dapat mendatangkan banyak pengunjung melalui kegiatan wisata seperti golf, olahraga air, fasilitas spa dan kecantikan, ski, ekologi alam atau ketenangan bila mengingat luasnya fasilitas yang ditawarkan maka sebuah resor mewah ini dapat pula dianggap atau disebut sebagai resor tujuan. [3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]