ResearchGate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ResearchGate
ResearchGate-Logo
URLhttp://researchgate.net/
TipeMedia sosial untuk ilmuwan
RegistrationGratis
PemilikResearchGate
PembuatDr. Ijad Madisch, Sören Hofmayer, Horst Fickenscher
Service entryMei 2008
Lokasi kantor pusatBerlin
NegaraJerman
Peringkat Alexa184 (11 Agustus 2020)
264 (29 November 2017)
161 (29 Januari 2021)
Blog resmihttps://www.researchgate.net/blog
Facebook: ResearchGate Twitter: researchgate LinkedIn: researchgate

ResearchGate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis[1] dan alat kolaborasi bagi para saintis dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak),[2] berbagi berkas, berbagi basis data publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Semenjak Mei 2008, ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1.400.000[3] ilmuwan dari 196 negara.[4]

Dibandingkan dengan situs dan alat kolaborasi lainnya, ResearchGate telah mengembangkan alat pencarian Internet semantik yang mampu untuk mencari makalah penelitian dari sumber internal dan basis data eksternal terkenal seperti PubMed, CiteSeer, arXiv, NASA Library dan sebagainya. Alat pencarian internet ini dikembangkan untuk menganalisis kata-kata dan ungkapan yang lebih luas daripada yang biasa digunakan pada alat pencarian internet lainnya dengan cara menganalisis seluruh abstrak makalah penelitian sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih akurat.

Sistem pencarian semantik ini juga diterapkan pada platform untuk mendukung jaringan sosial pengguna. Dengan menganalisis informasi yang telah diberikan oleh pengguna pada halaman profil mereka, platform ini dapat menyarankan grup, pengguna lain dan juga makalah penelitian yang relevan dan mungkin menarik bagi sang pengguna. Sejauh ini, sudah 1.100 grup yang telah diciptakan dalam ResearchGate.[5] Grup-grup ini dapat dibuka bagi umum untuk para pengguna ResearchGate, atau juga dapat ditutup menjadi grup privat. Setiap pengguna dapat membuat grup pada waktu apapun juga. Setiap grup memiliki perangkat lunak kolaboratif, yaitu semisalnya alat berbagi berkas yang dapat digunakan dengan anggota grup lainnya untuk menulis dan menyunting dokumen.[5]

Jenis alat lainnya berupa pembuat jadwal dan survei/polling. Beberapa organisasi sains dan konferensi menggunakan ResearchGate sebagai tempat untuk mencatat informasi, berkolaborasi dan juga berkomunikasi. Platform ini telah juga mengembangkan subkomunitas privat untuk organisasi besar yang hanya terbuka bagi para anggota institusi tersebut. Selain itu, platform ini juga menyediakan forum kerja di mana para ilmuwan dapat melihat lowongan kerja riset internasional. Lowongan kerja ini dapat dicari dengan pelbagai kata kunci, posisi, jenis pekerjaan dan negari tujuan.

Pada tahun 2009, ResearchGate telah memasuki area akses bebas di mana situs ini mengembangkan alat untuk membantu para ilmuwan untuk mengunggah makalah yang telah diterbitkan (dengan catatan tetap menghormati hak cipta). Makalah yang telah diunggah kemudian termasuk dalam sumber internal yang akan dapat dicari oleh alat pencarian internet semantik. Para pengguna dapat membaca dan mengunduh makalah yang telah diterbitkan ini secara gratis.[6]

Pada dua kebesar situs web disiplin ilmiah atau akademik jaringan sosial untuk Lagu anak-anak dan lagu pengantar tidur bahasa Inggris oleh academia.edu dan ResearchGate.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pioneers", Science Magazine, 30 Mei 2008, Print Edition
  2. ^ "Virtual network benefits researchers". Cordis News. 24 November 2008. Diakses tanggal 26 November 2009. 
  3. ^ "Professor Facebook: More connective tissue may make academia more efficient". The Economist. 10 Februari 2012. Diakses tanggal 10 Februari 2012. 
  4. ^ "ResearchGate: Revolutionising social networking for scientists". The Daily Maverick. 11 Januari 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Januari 2011. Diakses tanggal 11 Januari 2010. 
  5. ^ a b "Professional Network ResearchGate Is A LinkedIn For Scientists". Techcrunch. 14 Mei 2009. Diakses tanggal 25 November 2009. 
  6. ^ "Self-archiving repositories: Is ResearchGate the solution?". Antropologi.info. 16 September 2009. Diakses tanggal 30 November 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]