Republik Sosialis Soviet Tajikistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republik Sosialis Soviet Tajikistan
Таджикская Советская Социалистическая Республика
Tadzhikskaya Sovetskaya Sotsialisticheskaya Respublika
Республикаи Советии Социалистии Тоҷикистон
Respublikai Sovetii Sotsialistii Toçikiston

1929–1991
Bendera Lambang
Lagu kebangsaan
Lagu Kebangsaan RSS Tajikistan
Lokasi RSS Tajikistan (merah) di dalam Uni Soviet.
Ibukota Dushanbea
Bahasa Bahasa Tajik
Bahasa Rusia
Pemerintahan Soviet Socialist Republic
Sejarah
 -  Didirikan 5 December 1929
 -  Dibubarkan 9 September 1991
Luas
 -  1989 143.100 km² (55.251 mil²)
Populasi
 -  perk. 1989 5.112.000 
     Kepadatan 35,7 /km²  (92,5 /mil²)
Kode telepon +7 377/379
a. "Stalinabad" antara 1929 dan 1961

Republik Sosialis Soviet Tajikistan (bahasa Tajik: Республикаи Советии Социалистии Тоҷикистон, Respublikai Sovetii Sotsialistii Toçikiston; bahasa Rusia: Таджикская Советская Социалистическая Республика, Tadzhikskaya Sovetskaya Sotsialisticheskaya Respublika), juga diketahui sebagai RSS Tajikikistan dalam singkatannya, adalah salah satu dari 15 republik yang membentuk Uni Soviet. Terletak di Asia Tengah, RSS Tajikistan dibentuk pada tanggal 5 Desember 1929 sebagai kesatuan nasional untuk bangsa Tajik. RSS Tajikistan adalah penerus Republik Sosialis Soviet Otonom Tajikistan (RSSO Tajikistan), yang dibentuk pada tanggal 14 Oktober 1924 sebagai bagian dari RSS Uzbekistan yang didominasi bangsa Turki dalam proses pembatasan nasional wilayah Soviet di Asia Tengah. Pada tanggal 9 September 1991, RSS Tajikistan mendeklarasikan kemerdekaanya dari Uni Soviet dan berganti nama menjadi Republik Tajikistan. Setelah pembubaran Uni Soviet, negara ini ditiadakan pada tanggal 6 November 1994 dengan diadopsinya Konstitusi Tajikistan yang baru.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu negara batu yang dibentuk dalam proses pembatasan nasional wilayah Soviet di Asia Tengah pada bulan Oktober 1924 adalah Republik Sosialis Soviet Uzbekistan (RSS Uzbekitan). RSS Tajikistan dibentuk pada saat yang sama dengan SSR Uzbekistan yang didominasi bangsa Turki sebagai Republik Sosialis Soviet Otonom Tajikistan (RSSO Tajikistan) – satu peringkat di bawah Republik Soviet dalam hirarki geopolitik Uni Soviet. Republik otonomi baru ini meliputi Bukhara bagian timur dan mempunyai populasi sekitar 740.000 orang, dari populasi hingga hampir 5 juta orang di seluruh Republik Sosialis Soviet Uzbekistan. Ibukotanya adalah Dyushambe (sekarang Dushanbe), yang telah menjadi desa terhadap 3000 orang pada tahun 1920. Pada bulan Desember 1929, RSS Tajikistandipisahkan dari RSS Uzbekistan dan diberi status penuh sebagai sebuah Republik Soviet. Pada saat itu, ibukotan RSS Tajikistan dirubah namanya menjadi Stalinabad dan wilayah yang sekarang merupakan bagian utara Tajikistan (Provinsi Sughd), ditambahkan kepada republik baru ini. Sekalipun dengan tambahan wilayah, RSS Tajikistan tetap menjadi Republik Soviet terkecil di Asia Tengah.

Dengan dibentuknya RSS Tajikistan yang didefinisikan dalam istilah nasional datangnya pembentukan lembaga-lembaga nasional. Koran berbahasa Tajik pertama di RSS Tajikistan pertama kali dipublikasikan pada tahun 1926. Lembaga pendidikan baru juga beroperasi pada waktu yang kurang lebih sama. Sekolah baru, tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa dan dibentuk untuk menyediakan pendidikan dasar, dibuka pada tahun 1926. Pemberintah pusat juga melatih sebagian kecil bangsa Tajik untuk jabatan pemerintah, baik menaruh mereka melalui kursus yang ditawarkan oleh departemen pemerintah atau dengan mengirimkan mereka ke sekolah di RSS Uzbekistan.

Di bawah kekuasaan Soviet, RSS Tajik mengalami beberapa kemajuan di bidang ekonomi dan sosial. Tetapi, standar hidup di dalam RSS Tajikistan masih menjadi yang terendah di dalam Uni Soviet. Sebagian besar masih tinggal di qishlaq/qishloq pedalaman, permukiman yang tersusun atas 200 sampai 700 rumah berisi satu keluarga yang dibangun sepanjang jalan air.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Link Eksternal[sunting | sunting sumber]