Rencana Bojinka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rencana Bojinka
LokasiMakati, Filipina (Fase I)
Ruang udara (Fase II)
Langley, Virginia, AS (Fase III)
TanggalDirencanakan dieksekusi pada 15–22 Januari 1995; dibocorkan pada 6–7 Januari 1995
SasaranPaus Yohanes Paulus II (Fase I)
Maskapai penerbangan Amerika (Fase II)
Markas Besar CIA (Fase III)
Jenis serangan
Serangan bunuh diri, pengeboman, pembajakan pesawat
Korban tewas
1 (bom tes)
Korban luka
10 (bom tes)
PelakuAl-Qaeda
Ramzi Yousef

Rencana Bojinka (Arab: بجنكة; bahasa Tagalog: Oplan Bojinka) adalah sebuah serangan tiga fase skala besar yang direncanakan oleh Islamis Ramzi Yousef dan Khalid Sheikh Mohammed pada Januari 1995. Mereka berencana membunuh Paus Yohanes Paulus II, meledakkan 11 maskapai penerbangan yang terbang dari Asia ke Amerika Serikat[1] dengan tujuan menewaskan sekitar 4,000 penumpang dan menutup penerbangan udara di seluruh dunia, dan menabrakkan sebuah pesawat ke markas besar CIA di Fairfax County, Virginia.[2]

Meskipun direncanakan secara hati-hati, rencana Bojinka berantakan setelah kebakaran kimia terendus Kepolisian Nasional Filipina - Distrik Polisi Barat pada 6-7 Januari 1995. Yousef dan Mohammed tak dapat menjalankan tiga serangan tersebut. Hanya korban yang diakibatkan dari bom tes yang ditanam oleh Yousef di Philippine Airlines Penerbangan 434 yang menewaskan satu orang dan melukai 10 orang lainnya. Mereka juga berencana menanam dua bom lainnya di sebuah mal Filipina dan teater.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mazzetti, Mark (November 14, 2009). "Portrait of 9/11 'Jackal' Emerges as He Awaits Trial". New York Times. Diakses tanggal November 15, 2009. 
  2. ^ Lumpkin, John J. "Global Security". Global Security. Diakses tanggal 2010-11-06. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]