Rejung totol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rejung totol
Sillago burrus

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliSillaginidae
GenusSillago
SpesiesSillago burrus
Distribusi

Ikan rejung totol, Sillago burrus, adalah spesies ikan laut dari keluarga ikan rejung Sillaginidae yang umumnya ditemukan di sepanjang pantai utara Australia dan di Indonesia bagian selatan dan New Guinea . Spesies ini mendiami berbagai substrat berpasir, berlumpur, dan berlumpur pada kedalaman 0 hingga 15 m, dengan ikan yang lebih tua menghuni perairan yang lebih dalam. Ikan rejung totol adalah karnivora bentik yang sebagian besar memakan krustasea dan polychaetes sebagai mangsa. Spesies ini mencapai kematangan seksual pada akhir tahun pertama usianya, bertelur secara bertahap antara bulan Desember dan Februari. Spesies ini diambil sebagai tangkapan sampingan bersama spesies kapur sirih dan udang lainnya di Australia.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan genus Sillago, rejung totol memiliki tubuh yang agak padat dan memanjang yang meruncing ke arah mulut terminal, mencapai panjang keseluruhan maksimum 36 cm (14 in) . Tubuhnya ditutupi sisik stenoid kecil yang memanjang hingga pipi dan kepala. Sirip punggung pertama memiliki 11 duri dan sirip punggung kedua memiliki 1 duri terdepan dengan 19 hingga 21 jari lunak di posterior. Sirip dubur mirip dengan sirip punggung kedua, tetapi memiliki 2 duri dengan 18 hingga 20 jari lunak di posterior duri. Ciri pembeda lainnya termasuk 69 hingga 76 sisik gurat sisi dan total 34 hingga 36 ruas tulang belakang . [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McKay, R.J. (1992). FAO Species Catalogue: Vol. 14. Sillaginid Fishes Of The World. Rome: Food and Agricultural Organisation. hlm. 19–20. ISBN 92-5-103123-1.