Region Bratislava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Region Bratislava

Bratislavský kraj
Bendera Region Bratislava
Bendera
Lambang Region Bratislava
Lambang
Bratislavsky kraj in Slovakia.svg
NegaraSlowakia
Ibu kotaBratislava
Pemerintahan
 • GubernurJuraj Droba
Luas
 • Total2.053 km2 (793 sq mi)
Titik tertinggi
754 m (2,474 ft)
Titik terendah
126 m (413 ft)
Populasi
 (31 Desember 2019)
 • Total669.592
 • KepadatanBad rounding here330/km2 (Bad rounding here840/sq mi)
ISO 3166 codeSK-BL
Situs webwww.region-bsk.sk

Region Bratislava (bahasa Slowakia: Bratislavský kraj, pelafalan [ˈbɾatislaʊ̯skiː ˈkɾaj], bahasa Jerman: Pressburger/Bratislavaer Landschaftsverband (sampai 1919), bahasa Hongaria: Pozsonyi kerület) adalah salah satu wilayah administratif di Slowakia. Ibukotanya adalah Bratislava. Region ini pertama kali didirikan pada tahun 1923 dan wilayahnya saat ini ada sejak tahun 1996. Region ini adalah yang terkecil dari delapan region lainnya di Slovakia namun yang paling urban, paling berkembang serta paling produktif menurut PDB per kapita.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah ini terletak di bagian barat daya Slowakia dan memiliki wilayah seluas 2.053 km² dan jumlah penduduk sebesar 669.592 jiwa (2019). Wilayah ini dibagi oleh Little Carpathians yang dimulai di Bratislava dan berlanjut ke timur laut. Pegunungan ini memisahkan dua dataran rendah, yaitu dataran rendah Záhorie di barat dan Dataran Rendah Danubian yang subur di timur, yang sebagian besar ditanami gandum dan jagung. Sungai-sungai utama di wilayah ini adalah seperti Sungai Morava, Donau, dan Donau Kecil. Sungai Donau kecil bersama dengan Sungai Donau, mengelilingi Žitný ostrov di tenggara. Ada tiga kawasan lindung di wilayah ini, yaitu Little Carpathians, Záhorie dan Dunajské luhy. Wilayah ini berbatasan dengan Region Trnava di utara dan timur, wilayah Győr-Moson-Sopron di Hongaria di selatan, Burgenland di Austria di barat daya dan Austria Hilir di barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jejak Pemukiman permanen pertama di daerah Bratislava adalah dengan ditemukanya Budaya Tembikar Linear, sekitar 5000 SM di era Neolitikum. Sekitar tahun 200 SM, suku Celtic Boii mendirikan oppidum di situs Kastil Bratislava saat ini. Bangsa Romawi mendirikan kamp Gerulata mereka di tepi kanan Sungai Donau pada abad ke-1 dan menetap di sana sampai abad ke-4. Daerah itu merupakan bagian dari Kepangeranan Nitra dan kemudian pada abad ke-9 menjadi bagian dari Moravia Raya. Sejak abad ke-10 dan seterusnya, daerah ini menjadi bagian dari Kepangeranan Hongaria (kemudian menjadi Kerajaan Hongaria) dan hampir seluruh wilayahmya adalah bagian dari daerah Pozsony (kecuali tiga desa di selatan Bratislava yang merupakan bagian dari daerah Moson). Setelah pecahnya Austria-Hongaria pada tahun 1918, Region Bratislava baru ditetapkan pada tahun 1923 dan wilayah di Region Bratislava saat ini hampir seluruhnya sama dengan wilayah pada tahun 1923. Region Bratislava dihapuskan pada tahun 1928 dan digantikan oleh unit teritorial baru yang disebut "Tanah Slowakia". Selama Perang Dunia II, daerah Bratislava dipulihkan, meskipun dengan wilayah yang agak berbeda. Setelah daerah tersebut dihapuskan pada tahun 1990, sistem yang sekarang diperkenalkan pada tahun 1996. Sejak daerah administratif menjadi otonom pada tahun 2002, telah diatur oleh Daerah Pemerintahan Sendiri Bratislava.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Meskipun region ini adalah yang terkecil di Slovakia berdasarkan luasnya, namun bukan yang terendah berdasarkan terendah. Kota terbesarnya adalah Bratislava (425.459 jiwa) dan terbesar kedua adalah Pezinok (21.334 jiwa). Wilayah ini memiliki tingkat urbanisasi yang tinggi (83,2%). Menurut data sensus tahun 2001, terdapat 599.015 penduduk di wilayah tersebut, dengan sebagian besar dari mereka adalah Bangsa Slowakia (91,2%), dengan minoritas adalah bangsa Hongaria (4,6%) dan bangsa Ceko (1,6%).[1]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Perekonomian Kawasan Bratislava menyumbang sekitar seperempat dari PDB Slovakia (EUR 20 miliar). Bratislava menjadi salah satu kota dengan PDB per kapita tertinggi di antara seluruh Uni Eropa.[2] Hal ini ditandai dengan sektor perekonomian tersier yang kuat, sedangkan sektor primer hanya memiliki pangsa sekitar 1% dan sektor sekunder sekitar 20%.[3] Industri penting yang ada di region ini seperti industri kimia, mobil, mesin, elektroteknik, dan makanan.[4]

Pembagian administrtif[sunting | sunting sumber]

Region Bratislava terdiri dari 8 distrik: Malacky, Pezinok, Senec dan 5 distrik di Bratislava (Bratislava I - Bratislava V, yang membentuk kota Bratislava). Terdapat 73 munisipalitas di wilayah ini, 7 di antaranya adalah kota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "POPULATION AND HOUSING CENSUS 2001 - Tab. 3a". web.archive.org. 29 November 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-29. 
  2. ^ "Statistics". ec.europa.eu. Diakses tanggal 2020-02-15. 
  3. ^ Eurostat Diarsipkan 28 January 2008 di Wayback Machine.
  4. ^ "Chyba: Požadovaná stránka není dostupná". www.region-bsk.sk. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]