Kastel Bratislava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kastel Bratislava.

Kastel Bratislava (bahasa Slowakia: Bratislavský hrad, IPA: [ˈbracislawskiː ˈɦrat] ( simak), bahasa Jerman: Pressburger Schloss, bahasa Hungaria: Pozsonyi Vár) adalah kastil utama kota Bratislava, ibu kota Slowakia. Bangunan besar berbentuk segi empat dengan empat menara di setiap sudutnya ini terletak di puncak bukit berbatu yang menghadap langsung ke Sungai Donau di pusat kota Bratislava. Maka dari itu, kastel ini mendominasi pemandangan kota Bratislava selama berabad-abad.

Pada awalnya bangsa Slavia membangun sebuah kastil di lokasi Kastil Bratislava modern dengan memanfaatkan struktur-struktur dari zaman Kelt dan Romawi. Kemudian, pembangunan kastil baru dari batu dimulai pada abad ke-10, dan kastel ini menjadi salah satu kastil utama Kerajaan Hongaria pada masa kekuasaan István I dari Hongaria. Gaya kastel ini pernah diubah menjadi Romanesque pada abad ke-12 (kemungkinan setelah tahun 1179), Renaisans pada abad ke-16 dan Barok pada abad ke-17. Pada masa kekuasaan Wangsa Habsburg, Maria Theresia dari Austria (yang telah menjadi Ratu Hongaria pada tahun 1740) berjanji kepada para bangsawan Hongaria bahwa ia akan memiliki tempat tinggal di Austria dan Hongaria. Ia menepati janji tersebut dan sering menghabiskan waktu di Bratislava. Untuk itu, perubahan kastil pertahanan menjadi kastil kerajaan modern dilakukan dari tahun 1761 hingga 1766.

Pada tahun 1809, kota Bratislava dan kastel ini dibombardir oleh meriam pasukan Napoleon. Pada tanggal 28 Mei 1811, terjadi kebakaran besar akibat kecerobohan para pasukan. Api bahkan merambat ke bangunan-bangunan lain di kota Bratislava. Semenjak itu, yang tersisa dari kastel ini hanya reruntuhan, dan pada tahun 1930-an muncul rencana untuk membangun kembali kastel ini atau menghancurkannya. Akhirnya pemerintah Cekoslowakia pada masa Perang Dingin memutuskan untuk membangun kembali kastel ini. Penelitian arkeologis dimulai pada tahun 1953 dan proyek restorasi yang panjang dilancarkan pada tahun 1957.l Restorasi akhirnya diselesaikan pada tahun 1968, walaupun pada Agustus 1968 penyelesaian sempat terganggu oleh invasi Cekoslowakia oleh Pakta Warsawa. Semenjak itu kastel ini menjadi tempat berdirinya Museum Nasional Slowakia.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Mencl, Václav and Dobroslava (1936). Bratislava: Stavební obraz města a hradu (dalam bahasa Czech). Prague: Jan Štenc. 
  • Lacika, Ján (2000). Bratislava. Visiting Slovakia (edisi ke-1st). Bratislava, Slovakia: DAJAMA. ISBN 80-88975-16-6.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)