Ajo Motorsport

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Red Bull KTM Ajo)
Ajo Motorsport
Nama resmiRed Bull KTM Ajo (Moto2 and Moto3)
Avant Ajo MotoE (MotoE)
Kantor pusatFinlandia
Pimpinan timAki Ajo
RiderMoto2:
37. Augusto Fernandez
51. Pedro Acosta
Moto3:
5. Jaume Masia
96. Daniel Holgado
MotoE:
78. Hikari Okubo
Sepeda motorKTM RC250GP (Moto3)
Kalex (Moto2)
Energica Ego Corsa (MotoE)
BanDunlop (Moto2 and Moto3)
Michelin (MotoE)
Juara riderMoto2:
2015: Johann Zarco
2016: Johann Zarco
Moto3:
2012: Sandro Cortese
2016: Brad Binder
2021: Pedro Acosta
125cc:
2008: Mike Di Meglio
2010: Marc Márquez

Ajo Motorsport adalah tim Grand Prix Sepeda Motor Finlandia, saat ini berkompetisi di kelas Moto2 dan Moto3 dengan nama Red Bull KTM Ajo dan di kelas MotoE dengan nama 'Avant Ajo MotoE' . Pendiri dan prinsipal tim adalah mantan pembalap Aki Ajo. Putranya, mantan pembalap Niklas Ajo, juga terlibat dalam tim sebagai crew chief dan race engineer di program Moto3.

Tim ini memulai debutnya pada tahun 2001 dan meraih kemenangan pertamanya pada tahun 2003. Ajo Motorsport telah memenangkan enam gelar juara dunia; kejuaraan 125cc dengan Mike Di Meglio pada 2008 dan Marc Márquez pada 2010, kejuaraan Moto3 pada tahun 2012 dengan Sandro Cortese dan 2016 dengan Brad Binder, dan kejuaraan Moto2 pada tahun 2015 dan 2016, keduanya dengan Johann Zarco.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Marc Márquez di Grand Prix Belanda 2010

Debut tim pada perlombaan kejuaraan dunia terjadi di Sachsenring pada tahun 2001, di mana tim tersebut masuk Mika Kallio sebagai pembalap wildcard. Tim dan Kallio juga ambil bagian dalam kompetisi di Valencia di akhir tahun. Motor tim ini sudah diberi label merk Honda, padahal mesin dipasok oleh Ajo. 2002 adalah musim pertama di mana Ajo menjadi pesaing reguler di Kejuaraan Dunia dengan Kallio sebagai pembalap utama mereka. Hasil terbaik mereka musim itu adalah tempat kelima di Jerez, dan Kallio dinobatkan sebagai "Rookie of the Year", mengalahkan pembalap seperti Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo.

Pada tahun 2003, tim berkembang menjadi dua sepeda, dengan Kallio bergabung dengan pesaing Jepang Masao Azuma. Kallio kemudian meninggalkan tim pada Agustus setelah menerima tawaran dari KTM. Ia digantikan oleh Andrea Ballerini. Di Australia, tim meraih kemenangan 1–2, dengan Ballerini di tempat pertama dan Azuma di tempat kedua. Ajo mengaitkan sebagian besar keberhasilannya dengan kombinasi kondisi basah dan ban Bridgestone, yang optimal untuk cuaca lembab. Untuk musim 2004, tim memiliki dua pembalap baru di Lukáš Pešek dan Denmark Robbin Harms. Musim itu mengecewakan bagi Ajo, karena Pešek berulang kali terjatuh dan Harms mengalami beberapa cedera. Pešek pindah ke tim Derbi untuk musim depan.

Pembalap Jepang Tomoyoshi Koyama dan pembalap Prancis Alexis Masbou adalah pembalap Ajo di musim 2005. Koyama memenangkan gelar "Rookie of the Year", yang kedua untuk tim dalam empat tahun. Hasil terbaiknya adalah tempat kedua di Australia dan ketiga di Turki; dalam klasemen keseluruhan ia menduduki tempat kedelapan. Tim mempertahankan pembalap yang sama untuk tahun berikutnya tetapi memperoleh motor baru dari Malaguti. Kedua pembalap menderita banyak cedera yang mempengaruhi musim mereka. Masbou hanya mampu menempuh delapan balapan dan tidak mencetak poin apa pun. Hasil terbaik Koyama adalah keenam di Estoril, dan dia berakhir di tempat ke-15 dalam klasemen kejuaraan. Pada tahun 2007, tim ini balapan dengan Derbi, yang dikendarai oleh Michael Ranseder dan Robert Mureșan. Ranseder selesai dalam poin 13 kali, sementara Mureșan gagal mencetak gol.

Ajo Motorsport melanjutkan dengan Derbi untuk musim 2008, dengan Mike Di Meglio dan Dominique Aegerter sebagai pembalap mereka. Di Meglio memenangkan empat balapan (Prancis, Catalan, Jerman, dan Australia) dan merebut gelar juara dunia di Australia, dua balapan sebelum akhir musim. Aegerter finis kedelapan dua kali. Sandro Cortese menemani Dominique Aegerter di 2009. Tim mencetak beberapa podium musim ini tetapi tidak berhasil memenangkan balapan apa pun. Pada musim 2010, Ajo Motorsport menurunkan Marc Márquez, Sandro Cortese dan Adrián Martín. Musim itu sukses besar bagi tim. Márquez mencetak dua belas pole dan sepuluh kemenangan, dan membawa tim meraih gelar keduanya dalam tiga tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Triumphant Johann Zarco lifts Moto2 world title". MotoGP.com. Dorna Sports. 9 October 2015. Diakses tanggal 17 October 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]