Reality (film 2023)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reality
Poster resmi
SutradaraTina Satter
Produser
  • Noah Stahl
  • Brad Becker-Parton
  • Riva Marker
  • Greg Nobile
Skenario
  • Tina Satter
  • James Paul Dallas
Berdasarkan
Is This a Room
oleh Tina Satter
Pemeran
Penata musikNathan Micay[1]
SinematograferPaul Yee[2]
Penyunting
  • Jennifer Vecchiarello[3]
  • Ron Dulin
Perusahaan
produksi
  • Seaview
  • 2 Sq Ft
  • Burn These Words
  • In the Cut Productions
  • Fit Via Vi
  • Cinereach
  • Tanbark Pictures
DistributorHBO Films
Tanggal rilis
  • 18 Februari 2023 (2023-02-18) (Berlinale)
  • 29 Mei 2023 (2023-05-29) (Amerika Serikat)
Durasi82 menit[4]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$1.4 juta[5][6]

Reality adalah film drama kriminal Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Tina Satter dari skenario oleh Satter dan James Paul Dallas. Hal ini didasarkan pada transkrip interogasi FBI terhadap pembocor intelijen Amerika Serikat, Reality Winner, yang sebelumnya dipentaskan Satter sebagai drama Is This a Room.[7] Film ini dibintangi oleh Sydney Sweeney sebagai Winner, dengan Josh Hamilton dan Marchánt Davis sebagai agen FBI.

Reality tayang perdana di Festival Film Internasional Berlin ke-73 pada 18 Februari 2023, dan dirilis pada 29 Mei 2023 oleh HBO Films. Film ini mendapat pujian kritis, dengan pujian atas arahan Satter dan kinerja Sweeney.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 9 Mei 2017, Reality Winner menonton liputan Fox News tentang pemecatan James Comey oleh Presiden Donald Trump di TV di kantornya. 25 hari kemudian, pada tanggal 3 Juni, Winner kembali ke rumah dari berbelanja, di mana dia dihadapkan oleh agen FBI, Taylor dan Garrick, yang menjelaskan bahwa mereka memiliki surat perintah untuk menggeledah rumah dan barang-barangnya. Saat tim agen tiba dan mulai menggeledah rumah, Winner terlibat dalam percakapan santai dengan para agen, yang semuanya direkam dengan alat perekam, yang transkripnya menjadi dasar dialog film. Pada bagian awal rekaman, Winner mengungkapkan keprihatinannya terhadap keselamatan anjing dan kucingnya saat pencarian.

Winner setuju untuk berbicara dengan Taylor dan Garrick di kamar tidur kosong yang tidak terpakai di rumahnya. Garrick dan Taylor mulai bertanya kepadanya tentang spesifik pekerjaannya. Dia menjelaskan, selain bekerja sebagai instruktur yoga dan pelatih CrossFit, dia adalah penerjemah bahasa Farsi untuk sebuah kontraktor pemerintah dan berharap bisa ditugaskan ke Afghanistan sebagai penerjemah agar kefasihan berbahasa Pashtonya dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Agen tersebut akhirnya mengungkapkan bahwa mereka menanyai Winner tentang kebocoran dokumen rahasia pemerintah baru-baru ini ke publikasi online. Winner awalnya menyangkal pengetahuannya, namun selama satu jam akhirnya terpaksa mengakui bahwa dia mencetak dan membocorkan dokumen dari database Badan Keamanan Nasional. Film ini awalnya menyunting secara spesifik kebocoran tersebut, seperti yang dilakukan dalam transkripnya, namun akhirnya terungkap bahwa dokumen tersebut mengungkapkan bukti campur tangan Rusia dalam pemilu Amerika Serikat tahun 2016 dan publikasinya adalah The Intercept, yang menyerukan bukti campur tangan Rusia.

Winner menyangkal keinginannya untuk menjadi pelapor atau melemahkan komunitas intelijen ala Edward Snowden, dan malah mengatakan bahwa dia ingin masyarakat Amerika Serikat memiliki informasi yang sama dengan yang dimiliki pemerintah tentang pemilu tersebut. Saat interogasi selesai, dia mengungkapkan keprihatinannya terhadap hewan peliharaannya saat dia menyadari bahwa dia akan ditahan. Dia dikawal keluar rumahnya dan diborgol, seperti yang terlihat dalam rekaman laporan media tentang kebocoran tersebut. Winner menerima pujian dan kritik atas tindakannya, dengan beberapa orang menuduhnya berkolusi dengan Timur Tengah atau menyangkal kebenaran kebocoran tersebut. Beberapa outlet mengkritik The Intercept karena membiarkan kebocoran tersebut ditelusuri ke Winner, dan yang lain berteori bahwa hukuman Winner dirancang untuk mencegah pelapor sebenarnya.

Epilog tekstual menjelaskan bahwa jaminan Winner ditolak dan didakwa berdasarkan Undang-Undang Spionase. Dia menghabiskan empat tahun di penjara dan akan tetap menjalani pembebasan dengan pengawasan hingga November 2024. Dokumen tersebut mencatat bahwa dokumen yang sama yang dibocorkan Winner kemudian digunakan di Senat sebagai bukti campur tangan Rusia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sydney Sweeney sebagai Reality Winner
  • Josh Hamilton sebagai Agent Garrick (Justin C. Garrick)
  • Marchánt Davis sebagai Agent Taylor (R. Wallace Taylor)
  • Benny Elledge sebagai "Joe" (Unknown Male)
  • John Way sebagai Agent FBI

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Reality menerima ulasan positif dari para kritikus di Berlinale, dengan pujian atas arahan Satter dan penampilan para pemerannya (khususnya Sweeney).[8][9] Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 94% dari 96 ulasan kritikus adalah positif, dengan peringkat rata-rata 8/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Cakupan realitas yang sempit dan kisah berdasarkan fakta yang mencekam menambah penampilan memukau bagi Sydney Sweeney dalam peran utama."[10] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 84 dari 100, berdasarkan 27 kritikus, yang menunjukkan "pengakuan universal".[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nathan Micay Scoring Tina Satter's 'Reality'". Film Music Reporter. January 7, 2023. Diakses tanggal May 6, 2023. 
  2. ^ "Reality". PaulYee.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2022. Diakses tanggal December 15, 2022. 
  3. ^ "Jennifer Vecchiarello" (PDF). The Gersh Agency. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal December 16, 2022. Diakses tanggal December 15, 2022. 
  4. ^ "Reality (12A)". Irish Film Classification Office. May 16, 2023. Diakses tanggal June 1, 2023. 
  5. ^ "Reality (2023)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 23, 2023. 
  6. ^ "Reality (2023)". The Numbers. Diakses tanggal August 16, 2023. 
  7. ^ Meyer, Dan (June 9, 2022). "Sydney Sweeney to Star in IS THIS A ROOM Movie". Theatrely. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 18, 2022. Diakses tanggal 17 December 2022. 
  8. ^ Heath, Paul (February 19, 2023). "'Reality' review [Berlinale 2023]". The Hollywood News. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2023. Diakses tanggal 19 February 2023. 
  9. ^ Saito, Stephen (February 18, 2023). "Berlinale 2023 Review: "Reality" Reconsiders What's a Danger to the Public". The Moveable Fest. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2023. Diakses tanggal 19 February 2023. 
  10. ^ "Reality (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 20 Februari 2024. 
  11. ^ "Reality Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 20 Februari 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]