Rawa Sari, Pulau Hanaut, Kotawaringin Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rawa Sari
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
KabupatenKotawaringin Timur
KecamatanPulau Hanaut
Kode Kemendagri62.02.09.2006 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk666 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Rawa Sari adalah salah satu desa di wilayah Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. dengan jumlah penduduk mencapai 666 jiwa di tahun 2016[1].

Mata pencaharian sebagaian besar penduduk adalah bercocok tanam (petani) dengan tanaman utama yaitu padi. Desa Rawa Sari juga memiliki hasil perkebunan jeruk Lemon yang cukup melimpah, dimana sekali panen diperkirakan maksimal 1 Ton. Selain sebagai petani juga ada kegiatan home industri minuman dan kue tradisional yang merupakan ciri khas Desa Rawa Sari yaitu sari jeruk lemon dan kue Carang Mas yang berbahan dasar dari ubi merah yang dikelola oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Potensi Desa Rawa Sari lainnya adalah adanya perhatian yang besar terhadap perkembangan Desa Rawa Sari baik dari warga masyarakat Desa Rawa Sari maupun aparat Desa Rawa Sari. Selain itu Desa Rawa Sari memilik banyak lembaga desa (institusi lokal) yang mendukung perkembangan dan pembangunan di Desa Rawa Sari seperti BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), KTW (Kelompok Tani Wanita), PKK dan Karang Taruna.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kab. Kotawaringin Timur, BPS (26 Juni 2018). "Jumlah Penduduk, Rumah Tangga, dan Rata-rata Penduduk per Rumah Tangga Menurut Desa/Kelurahan di Kecamatan Pulau Hanaut, 2016". kotimkab.bps.go.id. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010–2035. Diakses tanggal 2020-06-01.