Ratna wilis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ratna wilis
Umum
KategoriSilicate minerals
Rumus
(unit berulang)
(Mg, Fe)
2
SiO
4
Sistem kristalOrthorhombic
Identifikasi
WarnaYellow, to yellow-green, olive-green, to brownish, sometimes a lime green, to emerald-ish hue
Bentuk kembaranUncommon, simple twinning can occur on {100}, {011},{012}, cyclic twinning on {031}
BelahanPoor on {010} and {110}, {010} cleavage improves with increasing iron content
FrakturConchoidal
Kekerasan dalam skala Mohs6.5–7
KilauVitreous to oily
GoresColorless
DiafaneitasTranslucent to transparent
Berat jenis3.2–4.3
Indeks bias1.64–1.70
Bias ganda+0.036
PleokroismeWeak pale yellow-green to yellow, yellow to yellow orange
Titik leburVery high
FusibilitasInfusible avoid thermal shock
KelarutanSlow in HCl to form gelatinous silica

Peridot , ratna wilis[1] atau zabarjad, terkadang disebut chrysolite, adalah varietas olivin transparan berwarna hijau kekuningan . Ratna wilis adalah salah satu dari sedikit batu permata yang muncul hanya dalam satu warna.

Ratna wilis dapat ditemukan di batuan mafik dan ultramafik yang terjadi di lava dan xenolith peridotit di mantel . Permata itu terjadi pada batuan yang kekurangan silika seperti basal vulkanik dan meteorit pallasitik . Ratna wilis adalah salah satu dari hanya dua permata yang diamati tidak terbentuk di kerak bumi, tetapi di batuan cair di mantel atas. Ratna wilis berkualitas permata langka di permukaan bumi karena kerentanannya terhadap pelapukan selama pergerakannya dari jauh di dalam mantel ke permukaan. Ratna wilis memiliki rumus kimia(Mg, Fe)
2
SiO
4
. Ratna wilis adalah salah satu batu kelahiran untuk bulan Agustus.[2]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Ratna wilis adalah salah satu dari sedikit batu permata yang hanya memiliki satu warna: hijau zaitun . Intensitas dan rona hijau, bagaimanapun, bergantung pada persentase besi dalam struktur kristal, sehingga warna permata peridot individu dapat bervariasi dari kuning, zaitun, hingga hijau kecoklatan. Dalam kasus yang jarang terjadi, peridot mungkin berwarna sedang-gelap, hijau murni tanpa rona kuning sekunder atau topeng cokelat. Permata berwarna lebih terang disebabkan oleh konsentrasi besi yang lebih rendah.[3]

Sifat mineral[sunting | sunting sumber]

Struktur kristal[sunting | sunting sumber]

Struktur skala atom olivin terlihat sepanjang sumbu . Oksigen ditampilkan dalam warna merah, silikon berwarna merah muda, dan magnesium/besi berwarna biru. Proyeksi sel satuan ditunjukkan oleh persegi panjang hitam.

Struktur molekul ratna wilis terdiri dari olivin isomorfik, silikat, magnesium, dan besi dalam sistem kristal ortorombik . Dalam pandangan alternatif, struktur atom dapat digambarkan sebagai susunan heksagonal, susunan ion oksigen yang padat dengan setengah dari situs oktahedral ditempati oleh ion magnesium atau besi dan perdelapan dari situs tetrahedral ditempati oleh ion silikon.

Properti permukaan[sunting | sunting sumber]

Oksidasi Ratna wilis tidak terjadi pada suhu dan tekanan permukaan alami, tetapi mulai terjadi secara perlahan pada 600 °C (870 K) dengan tingkat meningkat dengan suhu.[4] Oksidasi olivin terjadi dengan penguraian awal komponen fayalit, dan reaksi selanjutnya dengan komponen forsterit, menghasilkan magnetit dan ortopiroksen .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata ratna - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2024-02-02. 
  2. ^ "August Birthstone: Peridot | Color, Meanings, and Symbolism". Old Farmer's Almanac. 
  3. ^ Wise, Richard W. (2016). Secrets Of The Gem Trade, The Connoisseur's Guide To Precious Gemstones (edisi ke-2nd). Lenox, Massachusetts: Brunswick House Press. hlm. 220. ISBN 9780972822329. 
  4. ^ Knafelc, Joseph; Filiberto, Justin; Ferré, Eric C.; Conder, James A.; Costello, Lacey; Crandall, Jake R.; Dyar, M. Darby; Friedman, Sarah A.; Hummer, Daniel R. (2019-05-01). "The effect of oxidation on the mineralogy and magnetic properties of olivine". American Mineralogist (dalam bahasa Inggris). 104 (5): 694–702. Bibcode:2019AmMin.104..694K. doi:10.2138/am-2019-6829. ISSN 0003-004X.