Rantang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah dabba, rantang khas India

Rantang atau panci susun (Inggris: tiffin, dabbas) adalah sejenis kotak bekal yang digunakan secara luas di Asia dan Karibia untuk makan berat. Dari India mereka menyebar ke Indonesia, Malaysia, Singapura, Guyana, Suriname dan Trinidad dan Tobago,[1][2] di mana mereka sekarang banyak digunakan. Mereka juga digunakan secara luas di Hungaria, terutama untuk mengangkut makanan restoran untuk dikonsumsi di rumah. Versi Hungaria biasanya berisi sup, hidangan utama, dan sepotong kue. Perangkat yang sangat mirip disebut Henkelmann di Jerman. Biasanya berbentuk bulat atau lonjong mirip dengan peti perlengkapan dapur militer. Henkelmann sangat populer hingga tahun 1960-an, tetapi sangat jarang digunakan oleh orang Jerman saat ini.

Di kota Mumbai, India, terdapat sistem pengiriman yang kompleks dan efisien yang secara teratur mengirimkan makan siang hangat yang dikemas dalam rantang kepada pekerja kerah putih dari rumah di pinggiran kota atau dari jasa boga. Layanan antar makanan ini menggunakan pekerja pengiriman yang dikenal sebagai dabbawala.

Sebutan[sunting | sunting sumber]

Rantang dikenal sebagai tiffin carriers dalam Bahasa Inggris; mangkuk tingkat ('leveled bowls') in Melayu; sementara di Thailand mereka dikenal sebagai Pin To (Thai: ปิ่นโต [ˈpìn ˈtoː]), dan di Kamboja disebut Chan Srak (Khmer: ចានស្រាក់). Dalam bahasa Hokkien mereka disebut Uánn-tsân (Tionghoa: 碗層). Di negara-negara Arab mereka disebut safartas (سفرطاس, dari bahasa Turki "sefer tası" yang berarti 'mangkuk perjalanan'). Kata Hungaria untuk kotak bekal adalah éthordó ('pembawa makanan').

Kata "rantang" adalah salah satu kata Bahasa Indonesia yang diserap oleh Bahasa Belanda, mengingat pada zaman penjajahan Belanda, rantang sangat populer digunakan oleh masyarakat Indonesia, dan para penjajah mulai menggunakan rantang sebagai wadah menyimpan makanan yang dinilai lebih efisien. Walau begitu asal usul kata "rantang" hingga kini belum diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Leong-Salobir, Cecilia (2011). Food Culture in Colonial Asia; A Taste of Empire (edisi ke-Hardback). London: Routledge. ISBN 9780415606325. Diakses tanggal 1 November 2018. 
  2. ^ Yang, Eun; Gibson, Teneille (July 6, 2021). "Food Fare: H Street's Cane Pays Tribute to Trinidad Roots with Tiffin Boxes". NBCUniversal Media.