Jasa boga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jasa boga atau yang lebih dikenal dengan katering adalah istilah umum untuk wirausaha yang melayani pemesanan berbagai macam masakan (makanan dan minuman) baik untuk pesta maupun untuk penunjang kebutuhan suatu instansi. Jasa ini di inisiasi untuk membantu memenuhi kebutuhan yang bersifat khusus dengan berbagai macam pilihan menu sesuai dengan keinginan pelanggan.

Ruang lingkup industri[sunting | sunting sumber]

Industri katering sendiri terdiri dari bisnis yang menyediakan makanan, minuman dan berbagai layanan lainnya. Biasanya bisnis ini ditujukan untuk acara khusus, tetapi ada pula yang rutin hari demi hari dan inilah yang paling banyak diincar oleh pemasok makan siang perusahaan.

Lingkup pekerjaan industri katering sangat bervariasi,mulai dari lingkup skala kecil sejenis nasi kotak untuk tahlilan, hingga acara besar yang melibatkan tidak hanya penyediaan layanan makanan dan minuman secara prasmanan, tetapi juga peralatan makan, linen, tenaga pelayanan, dan aspek-aspek lain dari acara tersebut.

Jenis-jenis industri jasa boga[sunting | sunting sumber]

Katering pribadi[sunting | sunting sumber]

Jenis jasa katering satu ini adalah perusahaan katering profesional yang menghasilkan jasa katering pribadi yang mana terdapat pramusaji yang selalu siap untuk memberikan layanan pada sebuah meja makan. Jenis pelayanan seperti ini sendiri mampu meningkatkan nilai pelayanan dari suatu penyedia jasa katering makanan.

Katering prasmanan[sunting | sunting sumber]

Katering jenis ini adalah yang paling terkenal di masyarakat. Cara kerja katering prasmanan adalah menyediakan makanan di meja prasmanan dan pihak katering biasanya ada yang turut berada di meja untuk menyajikan makanan, tetapi ada juga pihak katering yang hanya berperan di balik layar yakni hanya mengatur penyediaan makanan dalam sebuah acara saja. Seperti menyiapkan masakan, kemudian mengecek dan juga menambahkan masakan saat sudah habis, sampai dengan membereskan perlengkapan makan.

Self service catering[sunting | sunting sumber]

Jenis katering satu ini memberikan kesan mewah yang bisa diperoleh dalam pelayanan, tapi juga bisa sekaligus menekan dana yang perlu dikeluarkan. Dalam layanan self service catering, pihak katering hanya akan menyediakan masakan maupun perlengkapan makan untuk pemesan. Selanjutnya pemesan selaku pemilik acara akan menghadirkan dan melayani tamu sendiri.

Catering dine-in[sunting | sunting sumber]

Pelayanan catering dine-in ini menjadikan anda bisa merasakan bagaikan restoran ada di rumah. Catering dine-in ini lebih cocok untuk acara yang formal dan mengundang banyak tamu.

Katering nasi kotak[sunting | sunting sumber]

Jenis katering ini merupakan jenis katering makanan yang saat ini tengah menjadi tren tersendiri di masyarakat. Kemudahan yang diperoleh dari penggunaan ini diantaranya adalah pihak katering tidak perlu menyediakan petugas untuk melayani tamu. Pihak katering hanya bertugas menyiapkan masakan yang disajikan dalam kotak. Jenis katering makanan ini sangat cocok untuk digunakan pada acara-acara rapat, seminar, konsumsi kantor bahkan acara akikah.[1][tepercaya?]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Mengenal Industri Catering