Prasmanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Buffet (oleh Jean-Louis Forain)

Prasmanan atau buffet (dibaca "buffé") adalah cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran dengan meletakkan makanan pada meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan. Prasmanan sangat populer di Indonesia karena praktis dan mengurangi jumlah pelayan yang diperlukan dalam suatu resepsi.

Modifikasi prasmanan pada masa kini adalah dengan menyajikan makanan pada meja terpisah untuk setiap menu. Meja ini dapat pula didekorasi sehingga berbentu depot (misalnya berupa gubuk kecil). Prasmanan biasanya sering digunakan di acara pernikahan.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Kata prasmanan berasal dari kata prasman + imbuhan -an. Kata prasman sendiri mengacu pada cara makan orang “fransman", sebutan orang Belanda terhadap orang-orang Prancis, yang kala itu biasa menghidangkan sajian di atas meja. Kata prasman muncul dalam buku kumpulan resep Njonja Johanna Boekoe Masakan Baroe yang memuat resep pembuatan berbagai kue dengan “tjara Blanda, Tjina, Djawa dan Prasman.”[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dari Tangan hingga Prasmanan". Historia - Obrolan Perempuan Urban (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-01-16. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]