Ranoidea caerulea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Katak Pesek Australia
Litoria caerulea - Darwin NT.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Famili: Pelodryadidae
Genus:
Spesies:
  • R. caerulea
  • L. caerulea
Nama binomial
  • Ranoidea caerulea
  • Litoria caerulea

White, 1790

Ranoidea caerulea (atau disebut juga dengan nama Katak Pohon Hijau Australia atau Katak Pesek Australia (Green Treefrog, White’s Treefrog, Blue Frog, Smiling Frog, atau Dumpy Treefrog[1]); Nama Latin lainnya Litoria caerulea) adalah katak berwarna hijau terbesar yang hidup di Australia dan sekitarnya. Ranoidea caerulea berbeda dengan Katak Pohon Hijau Amerika (Dryophytes cinereus) dikarenakan tempat tinggal yang berbeda. Ranoidea caerulea memiliki tubuh lebar yang kuat dan anggota tubuh lainnya pendek. Pada bagian jari-jari tangan dan kaki, setiap jari-jari tangan dan kaki memiliki genggaman kuat dan berselaput[2]. Pada saat dewasa, Ranoidea caerulea dapat mencapai panjang hampir 12 cm. Ranoidea caerulea jantan memiliki ukuran lebih kecil dan tidak sekuat betina[3]. Ranoidea caerulea sangat umum ditemukan, tetapi terjadi penurunan populasi diakibatkan perubahan kualitas air di Australia[4]. Meskipun begitu, menurut IUCN memiliki status spesies dengan risiko kepunahan yang rendah (Least concern species)[5]. Sehingga wajar untuk dijadikan hewan peliharaan, tetapi untuk memeliharanya membutuhkan izin terlebih dahulu[6].

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea ditemukan oleh John White pada tahun 1790. Pada saat itu, spesimen Ranoidea caerulea dibawa ke London, Inggris untuk diteliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa warna katak tersebut berwarna biru, sehingga dinamakan caerulea yang artinya biru. Warna Ranoidea caerulea bisa berubah dari hijau ke biru disebakan oleh spesimen yang dibawa terkena campuran alkohol sehingga pigmen warna kuning luntur dan terjadi perubahan warna spesimen. Meskipun begitu, ditemukan juga Ranoidea caerulea yang berwarna biru, meskipun jarang di habitatnya[7]. Ranoidea caerulea yang diterjemahkan sebagai "katak biru", tetapi Ranoidea caerulea memiliki sinonim dalam nama latinnya yakni Litoria caerulea yang diterjemahkan sebagai "katak pohon biru"[8].

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Warna[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea memiliki warna hijau gelap hingga hijau terang, tetapi warna tersebut dapat berubah tergantung pada suhu, kelembaban, dan pencahayaan[9]. Meskipun begitu, ditemukan juga Ranoidea caerulea yang berwarna biru, meskipun jarang di habitatnya[7].

Tubuh[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea memiliki bercak-bercak atau bercak berwarna putih pada bagian sisi kulit dan punggung, meskipu jarang. Pada bagian belakang paha mereka memiliki warna bervariasi dari kuning hingga merah marun. Warna perut Ranoidea caerulea putih, Bola mata (Iris) Ranoidea caerulea berwarna keemasan dan pupilnya horizontal[9]. Pada bagian jari-jari tangan dan kaki, setiap jari-jari tangan dan kaki memiliki genggaman kuat dan berselaput. Ranoidea caerulea bernapas melalui kulit meskipun memiliki paru-paru, sehingga kulit Ranoidea caerulea selalu lembap[10].

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea merupakan katak dengan ukuran terbesar di Australia. Ranoidea caerulea memiliki bentuk panjang moncong dengan panjang 100 – 150 mm (3,9 - 5,9 in)[11].

Daur Hidup[sunting | sunting sumber]

Daur Hidup Ranoidea caerulea berumur 8,5 tahun hingga 16 tahun, dimulai dari telur hingga katak dewasa[12].

Suara[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea memiliki suara seperti "crawk...crawk...crawk" yang dilakukan secara berulang-ulang[9]. Suara RC jantan memiliki suara "wark...wark...wark" yang dilakukan secara berulang-ulang juga[3]. Ranoidea caerulea bisa berteriak jika ada ancaman kepadanya untuk mengusir predator[10].

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Reproduksi Ranoidea caerulea dilakukan mulai berlangsung dari bulan November hingga Maret atau selama musim hujan. Ranoidea caerulea jantan memanggil Ranoidea caerulea betina didekat genangan air. Setelah kawin, betina bisa bertelur hingga 2.000 telur. Telur tersebut mengambang di permukaan air yang tenang, seperti tangki air, kolam renang, rawa semi-permanen dan sistem drainase[3]. Setelah menetas, telur menjadi berudu. Berudu Ranoidea caerulea berwarna coklat belang-belang yang bisa mencapai panjang 45 – 100 mm. Untuk mencapai katak sempurna, dibutuhkan waktu sekitar 6 minggu[9].

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Habitat Ranoidea caerulea sangat umum ditemukan, seperti disekitar rumah pada bagian celah-celah rumah, terutama bagian selokan dan lembap, daerah perkotaan dan daerah pedesaan, atau di celah-celah pohon dan batu dan hutan[2]. Untuk habitat secara luasnya, Ranoidea caerulea ditemukan di bagian Utara dan Timur Australia, Indonesia, selatan Papua Nugini, seperti di dataran rendah bagian utara dan selatan dan Semenanjung Vogelkop, dan Florida Selatan, Amerika Serikat[1]. Secara spesifiknya di Australia, Ranoidea caerulea ditemukan di Negara Bagian Austrailia Barat Laut, Northern Territory, Queensland, Australia Selatan, and New South Wales[12].

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea merupakan hewan jinak dan sedikit takut kepada manusia. Ranoidea caeruleadapat aktif di siang ataupun di malam hari. Selama musim kemarau, Ranoidea caerulea menutupi diri di dalam kepompong epidermis berlendir di dalam liang untuk menjaga tubuh mereka lembap. Selama musim hujan, Ranoidea caerulea berada di bawah hujan selama beberapa hari dan kemudian mulai berkembang biak dengan kawin[12].

Makanan[sunting | sunting sumber]

Ranoidea caerulea sebagian besar pemakan serangga, dan memakan ngengat, belalang, kecoak dan serangga lainnya[12], seperti laba-laba, kadal, jangkrik, katak, kelelawar, dan jika terpaksa akan memakan tikus kecil[3].

Ancaman[sunting | sunting sumber]

Ancaman yang dihadapi oleh Ranoidea caerulea seperti polusi, dimakan predator perkotaan yakni anjing dan kucing, terkena penyakit jamur chytrid, dan hilangnya peredaran kecebong Ranoidea caerulea. Meskipun begitu, menurut IUCN memiliki status spesies dengan risiko kepunahan yang rendah (Least concern species). Dengan adanya status tersebut, tidak menutup kemungkinan dilakukannya perlindungan terhadap Ranoidea caerulea seperti konservasi ex-situ dan perencanaan situs konservasi yang berjumlah lebih dari satu tempat[5]. Dikarenakan Ranoidea caerulea memiliki umur yang panjang, penurunan populasi tidak terlalu diperhatikan selama beberapa tahun. Katak dewasa masih terlihat dan terdengar suaranya, tetapi katak muda menjadi langka dna jarang terdengar lagi[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Ranoidea caerulea (White, 1790) | Amphibian Species of the World". research.amnh.org. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  2. ^ a b c "Green Tree Frog | Western Australian Museum". museum.wa.gov.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-16. 
  3. ^ a b c d "Green Tree Frog Habitat, Diet & Reproduction Sydney". Australian Reptile Park - Wildlife Park Sydney & Animal Encounters Australia (dalam bahasa Inggris). 2015-12-15. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  4. ^ "Wild Herps - Green Treefrog (Ranoidea caerulea)". www.wildherps.com. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  5. ^ a b "The IUCN Red List of Threatened Species". IUCN Red List of Threatened Species. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  6. ^ "AmphibiaWeb - Litoria caerulea". amphibiaweb.org. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  7. ^ a b News, Opening Hours Closed to the public until mid-2020 Address 1 William StreetSydney NSW 2010 Australia Phone +61 2 9320 6000 www australianmuseum net au Copyright © 2020 The Australian Museum ABN 85 407 224 698 View Museum. "Green Tree Frog". The Australian Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-16. 
  8. ^ "ITIS Standard Report Page: Litoria caerulea". www.itis.gov. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  9. ^ a b c d "Litoria caerulea (Green Tree Frog)". 
  10. ^ a b "Green Tree Frog". www.backyardbuddies.org.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-16. 
  11. ^ "Australian Green Treefrog (Litoria caerulea) - Species Profile". nas.er.usgs.gov. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  12. ^ a b c d Bruin, Tami. "Litoria caerulea (Australian Green Treefrog)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-16.