Lompat ke isi

Rakyat Merdeka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rakyat Merdeka
The Political News Leader
TipeSurat kabar harian
PenerbitRakyat Merdeka Group
Didirikan22 April 1999
BahasaIndonesia
Surat kabar saudariTangsel Pos
Satelit News
Banten Pos
Situs webwww.rm.id

Rakyat Merdeka adalah surat kabar nasional Indonesia, yang pertama kali terbit di Jakarta, pada 22 April 1999. Dengan slogan The Political News Leader. Surat kabar ini telah diverifikasi dan mendapatkan sertifikat Dewan Pers, tertanggal 9 Februari 2017, dan dinyatakan memenuhi standar perusahaan pers dalam UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Kantornya terletak di Gedung Pers Graha Pena, Lt. 8, Jalan Raya Kebayoran Lama No. 12, Jakarta, 12210, Indonesia.

Surat kabar ini pasarnya sangat segmentif, yaitu untuk pembaca dan komunitas politik. Sajian utama beritanya sebagian besar tentang perkembangan politik dan isu-isu di panggung politik nasional. Berita ekonomi, olahraga dan hiburan juga mendapat tempat di dalamnya. Pembaca utamanya adalah kalangan politisi di legislatif/ parlemen, kalangan pemerintahan yaitu Presiden dan para anggota kabinet, duta besar, lembaga/ institusi pemerintahan, BUMN, pengusaha swasta, organisasi kemasyarakatan, partai politik, relawan dan mahasiswa.[1][2][3][4][5]

Bahasa yang ditulis Rakyat Merdeka mudah dipahami, simpel dan spontan. Menjadi bacaan diplomat asing. Karena dinilai sebagai sumber referensi dan menjadi panduan politik nasional. Sejumlah diplomat asing mengatakan, senang membaca Rakyat Merdeka, karena sekaligus bisa belajar bahasa Indonesia sehari-hari, termasuk istilah-istilah unik yang ada di masyarakat.

Rakyat Merdeka juga terbit dalam bentuk epaper, dan bisa diakses melalui website. Sebagian besar pembaca juga menyukai tampilan Rakyat Merdeka dalam bentuk PDF, karena dianggap lebih nyaman dan mudah diakses melalui smartphone dan gadget. Koran Rakyat Merdeka versi PDF, saat ini sangat viral dan diforward setiap hari oleh banyak pembaca melalui jejaring grup dan komunitas secara masif. Untuk yang ingin berlangganan versi tersebut, bisa mengkontak layanan marketing Rakyat Merdeka.

Rakyat Merdeka didirikan di Jakarta. Salah satu pendirinya adalah H Margiono (almarhum), yang lahir dari Jawa Pos Surabaya. Mengutip tulisan Dahlan Iskan (Buku Extraordinary Margiono, Wartawan Cerdik Dalang Nyentrik, 2022: hal 47). Tahun 1994, Margiono datang ke Jakarta dan mengendalikan Harian Merdeka ketika bekerjasama dengan Jawa Pos.

Margiono pun pindah ke Jakarta. Ia memimpin Harian Merdeka yang hampir mati. Oplahnya, istilahnya, hanya satu becak –saking sedikitnya. Mesin cetak koran itu juga sudah tua. Sudah sering batuk-batuk.

“Kapan saya dibelikan mesin cetak modern?” tanyanya pada saya.

“Kalau oplah Merdeka sudah 40.000,” jawab saya.

Sehebat-hebat Margiono, saya pikir, baru akan mencapai oplah itu 3 tahun kemudian.

Saya salah. Enam bulan di Merdeka, Margiono menemui saya: “oplah Merdeka sudah 45.000,” katanya.

Saya tahu maksudnya: nagih janji mesin cetak modern.

“Hah? Sudah 45.000?” tanya saya setengah kaget. Ternyata benar.

Saya pun minta Misbahul Huda, dirut PT Temprina, anak perusahaan Jawa Pos, untuk mencarikan mesin. Kebetulan satu perusahaan Israel membatalkan pemesanan mesin. Sudah siap dikirim pula. Dengan cara biasa pembelian mesin perlu waktu 2 tahun. Ini tinggal kirim. Maka saya minta mesin itu dikirim pakai pesawat: pertama di Indonesia kirim mesin cetak pakai pesawat. Kami mencarter Boeing 747 cargo. Yang moncongnya bisa dibuka –barang dikeluarkan dari moncong itu.

Dalam 24 jam mesin tiba di Cengkareng. Utang saya ke Margiono lunas. Pak Diah pun meninggal dunia. Terjadilah apa yang tidak saya bayangkan: saham pak Diah jatuh ke ahli waris. Dengan ahli waris itu kami bertikai soal saham karyawan.

Kami tidak mau bertengkar.

Saya pun minta pendapat Margiono. “Kita mengalah saja. Harian Merdeka yang sudah sangat maju ini kita serahkan sepenuhnya kembali ke mereka. Termasuk deposito,” ujar Margiono.

“Lalu?”

“Kami semua akan berhenti dari Merdeka. Bos bikinkan kami koran baru lagi, yang milik kita sepenuhnya,” ujarnya.

“Apakah semua karyawan ikut Anda ke koran baru?” tanya saya.

“Paling, yang karyawan lama yang tidak ikut,” jawabnya.

“Nama koran baru nanti apa?” tanya saya.

“Harus ada kata ”merdeka” nya,” jawabnya.

“Tidak dikira ndompleng ketenaran Merdeka?” tanya saya.

“Kan ada juga koran lain yang pakai nama merdeka,” jawabnya. Saya pun tahu yang ia maksud: harian Suara Merdeka, di Semarang.

“Kalau begitu, beri saja nama Rakyat Merdeka,” kata saya.

Margiono pun setuju. Lahirlah Rakyat Merdeka. Ternyata tidak hanya karyawan baru yang ikut Margiono. Pun seluruh karyawan lama.

Merdeka tetap terbit. Rakyat Merdeka muncul.

Kisah terbitnya Rakyat Merdeka, juga diceritakan oleh Karim Paputungan, mantan Wakil Pemimpin Redaksi Merdeka, dalam buku Extraordinary Margiono, Wartawan Cerdik Dalang Nyentrik: 2022.

Pada malam bersejarah itu di kantor Merdeka, di Rawa Bokor, Jakarta Barat, saya menggarap Harian Merdeka. Judul berita utama halaman I: "Ini Dia Kelompok Panggagal Pemilu."

Adapun Margiono membidani lahirnya Rakyat Merdeka. Judul berita utama: "Mega Dijaga Ketat Kol Marinir."

Dengan demikian, Kamis Pahing, 22 April 1999/ 6 Muharram 1419 H dari Rawa Bokor terbit dua koran. Harian Merdeka kembali kepada pemiliknya dengan Pemimpin Redaksi Tribuana Said. Pak Tri memang tidak ikut bergabung dengan Rakyat Merdeka. Alasannya Harian Merdeka masih eksis. Namun dia memberikan restu.

"Selamat kepada kalian yg muda-muda. Kalau di Harian Merdeka ada BM Diah, maka di Rakyat Merdeka ada Margiono. (Karim Paputungan, Berawal dan Berakhir di Rawa Bokor. Aku Wartawan Merdeka, 2009:272). BM Diah dan Margiono dalam waktu berbeda sama-sama sudah kembali kepada Maha Pencipta.

Di awal masa penerbitannya, slogan Rakyat Merdeka adalah “Apinya Demokrasi Indonesia” lalu berubah pada 2010 menjadi The Political News Leader. Untuk menguatkan segmentasi dan pemberitaannya menjadi acuan para politisi dan pemerhati politik Indonesia.

Transformasi Digital

[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Februari 2021, Rakyat Merdeka meresmikan transformasi digitalnya melalui portal daring. Sebelumnya, Rakyat Merdeka versi daring pernah trial dengan nama RMcoid. Namun hanya bertahan beberapa bulan saja.

RMid meneguhkan komitmennya untuk menyajikan berita yang akurat dan 100 persen anti hoax. Ini penting agar masyarakat tidak keliru dengan portal lainnya, yang menggunakan nama-nama yang mirip dengan Rakyat Merdeka atau RM.

Saat ini, seperti halnya Rakyat Merdeka versi cetak, maka RM id juga telah diverifikasi Dewan Pers pada 31 Desember 2021.

Penghargaan

[sunting | sunting sumber]
  • Mei 2024, Harian Rakyat Merdeka mendapat penghargaan Vritta Aksata (berita yang terus berlanjut) dari Kementerian Perhubungan atas pemberitaan di masa Angkutan Lebaran 2024. [6]
  • Januari 2024, Rakyat Merdeka menyerahkan Best Achievement Award 2023, Bidang Penegakan Hukum, kepada Jaksa Agung RI ST Burhanuddin, di Gedung Kejaksaan Agung RI, 8 Januari 2024.[7] Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas capaian kinerja yang berani, berdedikasi tinggi dan humanis sehingga mendapatkan kepercayaan publik yang tinggi.
  • November 2023, RAKYAT MERDEKA SABET OJK AWARD: Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mirza Adityaswara memberikan penghargaan kategori Media Cetak Terproduktif kepada Direktur Pemberitaan Rakyat Merdeka Ratna Susilowati dalam acara OJK Apresisasi Media Massa 2023 di Baliroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (27/11/23). Rakyat Merdeka juga menerima penghargaan untuk kategori Media Foto Nasional Terproduktif dari OJK.[1]
  • November 2022, Rakyat Merdeka meraih Terbaik Pertama, Anugerah Media Cetak Peduli Kesehatan, dari Menteri Kesehatan RI.
  • Juni 2022 penghargaan dari Menteri Perhubungan atas pencapaian kolaborarif dan optimal memberikan pelayanan dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022.[8]
  • Maret 2021 Media Pendukung Penanganan Covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Satgas Covid-19).[9]
  • August 2020 Penghargaan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Webinar Energi dengan partisipan terbanyak di Indonesia. Webinar terselenggara kerjasama Rakyat Merdeka dan Society of Renewable Energy (SRE) pada 10, 12 dan 14 Agustus 2020. Total visitornya mencapai 18.071 di dalam platform webinarjam. Pembicara pada webinar ini adalah Menteri ESDM Arifin Tasrif, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, Dirut PLN Zulkifli Zaini dan Menteri ESDM (2016-2019) Ignasius Jonan.[10]
  • Februari 2020, Penghargaan BNPB: Sinergi Penanggulangan Bencana.[11]
  • 2019 Penghargaan Edukasi dan Publikasi Aktif Perkembangan Kereta Api Indonesia dari PT KAI.[12]
  • 2019 Penghargaan Media Aktif Penyebarluasan Informasi Kebencanaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
  • 2014 Penghargaan Media Pemerhati Persaingan Usaha dari Komisi Pusat Persaingan Usaha (KPPU).
  • 2010 Anugerah Konstitusi untuk Media Cetak dari Mahkamah Konstitusi.
  • 2009 Koran Terbaik Pemilu dari Strategy PR.
  • 2004 Juara I Katagori Percetakan
  • 2002, 2003 Penanggung Jawab Operasional Terbaik Kategori Omzet Harian Terbesar
  • 2002, 2003, 2004 Oplah Koran Terbesar Kategori Harian Umum

Penghargaan Jurnalisme

[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Jurnalisme untuk Merry Apriyani

5 Oktober 2023, Wartawan Media Rakyat Merdeka Merry Apriyani meraih Silver Wings Journalist Award 2023. Dalam rangka memperingati 75 tahun berdirinya WINGS Group Indonesia, perusahaan fast moving consumer goods ternama asli Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi menulis WINGS Journalist Award di tahun ini dengan tema: Percaya, Bangga, Cinta Produk Indonesia. [2]


Penghargaan Jurnalisme untuk Firsty Hestyarini

28 Mei - 3 Juni 2023: Terpilih sebagai peserta The Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea Batch 2, bersama 13 jurnalis lain.[13]

Program yang digagas Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di bawah pimpinan Dr. Dino Patti Djalal dan Korea Foundation ini, ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan Korsel melalui peran media.


Penghargaan Jurnalisme Untuk Paul Yoanda Butar-Butar

Februari 2023, Terpilih sebagai peserta Pertukaran Pemuda Jepang-Asia Timur Abad ke- 21 (JENESYS), yang diselenggarakan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Ini merupakan program undangan ke Jepang bagi pemuda Indonesia yang berusia di bawah 35 tahun, dan memiliki kapasitas pembuat opini publik di Indonesia.


Penghargaan Jurnalisme Untuk Muhammad Rusmadi

2023: Terpilih sebagai peserta program Indonesian Climate Journalist Network, bersama 9 jurnalis lainnya.

Program kerja sama antara Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Kedutaan Besar Denmark di Indonesia ini merupakan wadah bagi calon jurnalis profesional di Indonesia, untuk mendapatkan wawasan lebih dalam tentang isu-isu iklim yang masih jarang disinggung secara mendalam, karena keterbatasan akses informasi dan keahlian.


2022: Terpilih sebagai peserta The Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea Batch 1, bersama 9 jurnalis lain.

Program yang digagas Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di bawah pimpinan Dr. Dino Patti Djalal dan Korea Foundation ini, ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan Korsel melalui peran media.


Penghargaan Jurnalisme untuk Diananda Rahmasari

  • Januari 2023, Pemenang Adam Malik Award 2023, Jurnalis Media Cetak Terbaik, dari Kementerian Luar Negeri. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Luar Negeri RI (11/1/2023).[14]

Penghargaan Jurnalisme untuk Dwi Ilhami

  • Desember 2022, Pemenang Jurnalis Berpotensi dari Anugerah Jurnalis Pertamina 2022.[15]

Penghargaan Jurnalisme untuk Fajar El Prisdiyanto

  • November 2022, Terbaik Pertama, Anugerah Jurnalisme Peduli Kesehatan, dari Menteri Kesehatan RI.[16]

Penghargaan Jurnalisme untuk Mellani Eka Mahayana

  • 2016 Wartawan Rakyat Merdeka meraih Juara I, Lomba Penulisan Pariwisata, kategori media cetak, di Hari Pers Nasional 2016

Penghargaan Jurnalisme untuk Kartika Sari, Wartawan Rakyat Merdeka

12 November 2008, Elizabeth O’Neill Journalism Awards dari Pemerintah Australia[17]

The Elizabeth O'Neill Journalism Award adalah untuk mengenang Elizabeth O’Neill, Atase Pers di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, yang gugur secara tragis saat bertugas 7 Maret 2007 dalam kecelakaan pesawat terbang di Yogyakarta.

Penghargaan ini disponsori oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) dan Australia-Indonesia Institute (AAI), dan diberikan setiap tahun kepada dua wartawan. Satu wartawan dari Australia dan satu dari Indonesia. Penghargaan ini terbuka untuk wartawan cetak, radio, televisi dan internet.

Kartika Sari terpilih menerima award ini mewakili Rakyat Merdeka saat menjabat sebagai Executive Editor International Affairs setelah ikut seleksi dengan membuat makalah dalam bahasa Inggris tentang hubungan politik Indonesia dan Australia yang sering up and down mirip film kartun terkenal, Tom & Jerry.[18]

Pemerintah Australia menilai bahwa Rakyat Merdeka merupakan koran politik populer di Indonesia. Dan Kartika Sari dinyatakan lulus setelah ikut seleksi karena dinilai memiliki minat kuat mengembangkan pemahaman dan memperbaiki komunikasi antara Indonesia dan Australia. Dan sebelumnya telah menulis tentang dialog politik antara kedua negara.

Program ini bertujuan membantu para jurnalis mengembangkan kepakaran di berbagai bidang. Antara lain, kebijakan luar negeri dan perdagangan, bantuan pembangunan, kebudayaan, hubungan persahabatan dan pendidikan.

Sebagai penerima Award, Kartika tinggal selama satu bulan di Australia untuk bertemu serta mewancarai para pejabat penting pemerintah, akademisi, perwakilan industri, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan anggota masyarakat, untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam atas beragam masalah yang dihadapi kontemporer Indonesia dan Australia.

Pada saat bersamaan, Kartika juga diundang menjadi peserta Bilateral Conference Australia-Indonesia di Sydney. Acara itu dihadiri Perdana Menteri Kevin Rudd, Menteri Luar Negeri Stephen Smith, Menteri Perdagangan Simon Crean, Ketua DPR Harry Jenkins dan para pejabat tinggi serta pengusaha Australia. Kartika mendapat kesempatan berbicara empat mata dan wawancara eksklusif dengan mereka.

Sebagai penerima Elizabeth O’Neill Journalism Award, Kartika juga diminta berpidato di acara Gala Dinner pembukaan Bilateral Conference di hadapan Perdana Menteri, para anggota kabinet dan pengusaha dari Australia dan serta delegasi Indonesia.

Kota-kota yang dikunjungi selama program ini adalah Canberra, Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Queensland. Selama mengikuti program ini, Kartika antara lain mengunjungi Gedung Parlemen Australia di Canberra dan Sydney, meliput hearing antara Perdana Menteri dan anggota kabinetnya dengan para anggota parlemen, bertemu dan mewawancarai para pengusaha, dosen serta Indonesianis dari Universitas terkenal Australia seperti Australian National University (ANU) dan Queensland University. Kartika juga bertemu dengan para tokoh dan masyarakat asli Australia dari suku Aborigin. Selain itu, juga berkesempatan mengunjungi sejumlah kantor pusat media terkenal Australia seperti ABC, Sydney Morning Herald dan The Australian.

6 Juni – 10 Juli 2002, Fellowship Program Organized by Nihon Shinbun Kyokai (NSK)-Confederation of ASEAN Journalists (CAJ)

Program ini diikuti oleh para jurnalis dari negara-negara ASEAN yang telah dinyatakan lulus oleh Organisasi Pers di negara masing-masing. Para peserta jurnalis yang lulus tes menulis makalah dalam Bahasa Inggris, mengikuti beragam program jurnalistik dan kuliah umum di Jepang selama 1,5 bulan. Program ini bertujuan meningkatkan hubungan politik, pendidikan, sosial dan budaya antara negara-negara ASEAN dan Jepang. Selama program berlangsung, para peserta diberi kesempatan mewawancarai para tokoh penting baik pejabat Pemerintah Jepang, para petinggi perusahaan multinasional, mengikuti seminar dan kuliah umum yang diberikan para dosen dari sejumlah universitas terkenal di Jepang seperti Tokyo University dan tokoh penting lainnya. Serta melakukan kunjungan jurnalistik ke lapangan. Seperti mengunjungi Diet (Gedung Parlemen Jepang), kantor pusat Japan Airlines, pusat elektronik Sharp, kantor pusat raksasa otomotif Toyota, kuil-kuil bersejarah, Pusat Kebudayaan Jepang dan lainnya.

Selain itu, juga media visit ke kantor media terkenal di Jepang. Antara lain Yomiuri Shimbun, Asahi Shimbun, Nikkei Shimbun, Mainachi Shimbun dan Televisi NHK. Kota-kota yang dikunjungi adalah Tokyo, Yokohama, Osaka, Kyoto, Nara dan Kagoshima.

Di akhir program, para peserta membuat makalah dalam Bahasa Inggris. Kartika Sari mewakili Rakyat Merdeka, membuat makalah dengan topik: Political Relations Between ASEAN-Japan. Hanya makalah peserta yang dinilai baik dan layak, yang dinyatakan akan lulus dan mendapat sertifikat mengikuti program tersebut dan tercatat sebagai Alumni.

Penghargaan Wartawan Foto

[sunting | sunting sumber]

Penghargaan untuk Randy Tri Kurniawan, Wartawan Foto Rakyat Merdeka

  • Mei 2024, Juara 2 lomba foto jurnalistik dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Antoni Arif Priadi. [19]
  • Mei 2024, Juara 2 lomba foto yang digelar oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) judul karya "Peran BPKP Dalam Pengembangan Pariwisata Super Prioritas". [20]

Penghargaan untuk Rizki Syahputra, Wartawan Foto Rakyat Merdeka

  • Maret 2024, Juara 2 PLN Journalist Awards 2023 untuk kategori Karya Foto Tunggal. [21]

Penghargaan untuk Dwi Pambudo, Wartawan Foto Rakyat Merdeka

  • Juni 2024, Juara II dalam kategori Foto Jurnalistik di ajang ASDP Journalism Awards 2024. [22]
  • November 2023, Juara 2 Dwi Pambudo dari Rakyat Merdeka dengan judul “CIMB Niaga Carnival Edukasi Perbankan Digital”.[23]
  • November 2023, Juara III Kompetisi Foto APEC 2023, Judul Foto: Farming Container oleh Dwi Pambudo dari Indonesia.[24]
  • September 2023, Juara 1 Lomba Foto, Kompetisi Jurnalistik MUTU 2023 yang diselenggarakan PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU).[25]
  • September 2023, Juara I Kompetisi Foto Jurnalistik, yang diselenggarakan ASDP. Dalam rangka memeriahkan HUT ke 50, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), ASDP Journalism Awards 2023.[26]
  • Agustus 2023, Juara III Kompetisi Foto Kamera Digital, yang diselenggarakan Disparkeraf DKI Jakarta, Jakarta Creative, Dalam rangka HUT 78 Kemerdekaan RI, Judul Foto: Gemilang Silang Monas.
  • Agustus 2023, Juara I Kompetisi Foto Jurnalistik Mutu 2023, Kategori: Foto, Judul Karya: Sertifikat Standar Internasional Komitmen Pelayanan Bermutu.
  • Juli 2023, Juara 3 Lomba Karya Foto Jurnalistik IJTI powered by Pegadaian 2023.[27]
  • Desember 2022, Juara I Kompetisi Jurnalistik Media Mind ID, Kategori Karya Foto, tema: Hasil Tambang Untuk Kehidupan.[28]
  • November 2022, Juara Pertama Lomba Foto Jurnalis, Penyelenggaraan PEMSEA Network of Local Government (PNLG) 2022 di Kabupaten Tangerang. Foto berjudul: Membangun Infrastruktur Berkelanjutan Desa Ketapang.[29]
  • Agustus 2022, Juara 2, Lomba Foto HUT Biofarma: Lensa Kehidupan di Masa Pandemi. Kategori Foto Jurnalis, dengan judul: Vaksinasi Tenaga Kesehatan.[30]
  • Maret 2022, Juara Kedua Lomba Creative Foto Gereget id berjudul “Erick Thohir Cup Mini Soccer” dari Gereget id.[31]
  • Juli 2022, Juara 2 Lomba Foto Smartfren Unlimited Media Award, dengan judul karya: Smartfren Pemberdayaan UMKM Berbasis Digital2021.[32]
  • Agustus 2021, Juara Kedua Lomba Foto Story Media Rush, dengan judul “Harga Emas Pegadaian” dari PT Surveyor Indonesia Persero.[33]
  • November 2021, Juara Ketiga Lomba Foto BSI, dengan judul “KUR Mikro Tanpa Riba Bagi UMKM” dari Bank Syariah Indonesia.[34]
  • Agustus 2021, Juara Pertama Teritori Jakarta Lomba Foto Jurnalistik Pertamina, dengan judul “Pertamina Meningkatkan Bakat Batik Disabilitas” dari PT Pertamina Persero.[35]
  • Desember 2020, Juara 1, Lomba Foto HUT Bisnis Indonesia ke-35, yang diselenggarakan saat pandemi. Tema: Di Rumah Aja. Kategori Foto Jurnalistik, dengan judul: Urban Farming.[36]
  • 2016, Juara Kedua Lomba Foto Tangsel Global Innovation Forum, dengan judul “Pembangunan Berkelanjutan Kota Tangsel” dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan.
  • Desember 2016, Juara Kedua Kompetisi Foto Jurnalistik Bank Indonesia, dengan judul “Transaksi Pasar Apung” dari Bank Indonesia.
  • Desember 2016, Juara Ketiga Lomba Foto CAJ – Asean One Community, dengan judul “Floating Market” dari Confederation of Asean Journalist (CAJ).[37]
  • 2013, Juara Kedua Lomba Foto Kategori Wartawan Ancol, dengan judul, “Edukasi Ecopark Ancol” dari PT Pembangunan Jaya Ancol.
  • Desember 2013, Juara Satu Lomba Aceh Photo Contest 2013, dengan judul, “Melestarikan Tarian Didong Gayo” dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh dan PFI Aceh.[38]
  • 2012, Juara Ketiga Lomba Foto Lingkungan, dengan judul “Aktivitas Tambang” dari Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.
  • 2011, Juara Pertama Lomba Foto Karya Jurnalistik, dengan judul “Komitmen Pasokan Gas” dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN)

Penghargaan untuk Khairizal Anwar, wartawan foto Rakyat Merdeka

  • 2020, Juara Kedua Lomba Foto Investasi, dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
  • 2019, Juara Ketiga Lomba Foto Mining for Life “Peran Pertambangan dalam Kehidupan” dari Indonesian Mining Association (IMA)
  • 2015, Juara Ketiga Anugerah Pewarta Foto Indonesia, Kategori General News, dari Pewarta Foto Indonesia (PFI)

Penghargaan untuk Teddy Kroen, wartawan foto Rakyat Merdeka

  • Juli 2023, Nominasi Terbaik Lomba Journalist photo competition BSI.


Penghargaan untuk Sophan Wahyudi, Wartawan Foto Rakyat Merdeka

  • November 2022, Meluncurkan buku fotografi jurnalistik “Rindu Baitullah” hasil perjalanan haji pertama setelah pandemi.[39]
  • 2017, Juara Harapan 2, karya foto berjudul “Aksi Cepat Tanggap” dari ACT
  • 2007, Juara Pertama, karya foto berjudul “Kampanye Pilkada” dari Calon Gubernur DKI Nomor Urut 1
  • 2006, Nominasi, karya foto berjudul “Terjun Bebas” dalam Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin
  • 2006, Nominasi, karya foto berjudul “Kemerdekaan” dari Extra Joss Moments
  • 2006, Juara Pertama, karya foto berjudul “Antre Bensin” dari Bank Danamon
  • 2005, Juara Pertama, Karya Foto berjudul “Sang Juara”, dari Extra Joss Moment
  • 2005, Juara harapan dua, karya foto berjudul “Jurnalistik Indonesia Sehat” dari Kementerian Kesehatan
  • 2005, Juara harapan, karya foto berjudul “Baret Kemenangan” dari Extra Joss MomentsRakyat Merdeka Award

September 2022

Rakyat Merdeka Award 2022, Untuk Indonesia Pulih dan Bangkit.[40]

Penghargaan ini diberikan Rakyat Merdeka kepada sejumlah tokoh hebat, yang telah berkontribusi besar, bekerja keras, siang malam bahkan banyak yang tidak mengenal hari libur, mendedikasikan diri dan hidupnya untuk memulihkan dan menyehatkan kembali Indonesia, dari pandemi Covid-19.[41]

RM Award untuk Indonesia Pulih dan Bangkit diselenggarakan pada Rabu, 28 September 2022, di Bali Room, Hotel Indonesia, Kempinski, Jakarta. Presiden Joko Widodo memberikan sambutan.[42]

Tokoh-tokoh yang hadir dan menerima Award adalah sebagai berikut:[43]

  • Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional.[44]
  • Menko Politik Hukum dan Keamanan Prof Mahfud MD, Stabilisator Politik Hukum dan Keamanan.[45]
  • Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,Tokoh Pemulihan Krisis Kesehatan.[46]
  • Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Tokoh Percepatan Pemerataan Infrastruktur.[47]
  • Menteri BUMN Erick Thohir, Tokoh Pemulihan dan Transformasi BUMN.[48]
  • Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Tokoh Pemulihan Iklim Investasi.[49]
  • Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Tokoh Pemulihan dan Digitalisasi UMKM.[50]
  • Menteri ESDM Arifin Tasrif, Tokoh Transformasi Green Energy.[51]
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Tokoh Konektivitas Sistem Transportasi Nasional.[52]
  • Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Tokoh Pemulihan Ekonomi Rakyat Melalui Perhutanan Sosial.[53]
  • Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Tokoh Diplomasi Pemulihan Krisis Global.[54]
  • Jaksa Agung ST Burhanuddin, Restorative Justice dan Pemberantasan Korupsi.[55]
  • Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Tokoh Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme.[56][57]
  • Prof KH Nasaruddin Umar Tokoh Pemersatu dan Penyejuk Bangsa.[58][59][59]
  • Prof Tjandra Yoga Aditama Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat

Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Tokoh Indonesia Pulih & Bangkit, juga diberikan kepada sejumlah korporasi yang selama krisis akibat pandemi menunjukkan performa luar biasa. Pendapatannya naik berlipat ganda. Ada juga perusahaan yang selama ini sakit dan sekarat, justru sembuh di kala pandemi.[60]

  • Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati, Tokoh Ketahanan Energi Nasional.[61][62]
  • Dirut PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman, Tokoh Peningkatan Produktifitas Pertanian.[63]
  • Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo, Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional.[64]
  • Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah, Tokoh Pengembangan Akses Digital ke Pelosok Negeri.[65]
  • Dirut BRI Tbk Sunarso, Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM.[66]
  • Dirut Mandiri Tbk Darmawan Junaidi, Tokoh Transformasi Digital Banking.[67]
  • Dirut BNI Tbk Royke Tumilaar, Tokoh Transformasi UMKM Go International.[68]
  • Dirut BTN Tbk Haru Koesmahargyo, Tokoh Pembiayaan Perumahan Rakyat.[69]
  • Dirut BCA Tbk Jahja Setiaatmadja, Bankir Penyelamat Usaha Kecil Saat Pandemi.[70]
  • Dirut Bank Syariah Indonesia Tbk Herry Gunardi, Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah.[71]
  • Dirut PT Taspen ANS Kosasih, Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan.[72]
  • Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi, Tokoh Pengembangan Inovasi dan Teknologi Bandara.[73]
  • Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara.[74][75]
  • Dirut PT Krakatau Steel Tbk Silmy Karim, Tokoh Pemulihan dan Transformasi Industri Baja Nasional.[76][77]
  • Presiden Direktur Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro, Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur.

Juni 2013

Rakyat Merdeka, memberikan Golden Award kepada sejumlah tokoh yang dinilai memiliki capaian dan prestasi luar biasa. Penghargaan itu diserahkan di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dalam peringatan HUT Rakyat Merdeka ke-14, pada 19 Juni 2013 di Hotel Mulia, Jakarta.

Penerima Golden Award:[78]

  • Chairul Tandjung (The Golden Vision Award)
  • Ignasius Jonan (The Golden Action Award)
  • Johan Budi (The Golden Speaker Award)
  • Anies Baswedan (The Golden Idea Award)

Komunitas

[sunting | sunting sumber]

RM Community adalah platform yang disediakan Rakyat Merdeka melalui RM.id untuk siapa saja yang suka menulis dan memiliki ketertarikan pada penulisan artikel populer. Mahasiswa, akademisi, praktisi, ekonom, budayawan, sejarawan, agamawan, relawan, politisi silakan mengirim tulisan atau artikel dengan tema bebas. Boleh tentang politik, sosial, ekonomi, ketatanegaraan, keagamaan, kuliner, lifestyle, atau traveling dan pariwisata.

Tulisan disarankan berupa ide, gagasan, tips, perjalanan, pengalaman, atau analisis. Tidak mengandung unsur fitnah, hoaks, kebencian, pornografi, atau memojokkan pihak tertentu. Semua tulisan atau artikel yang diterima, akan masuk ke ruang editor, sebelum ditayangkan di web RM.id.

Dengan menjadi member RM Community, kamu bisa mengaktualisasikan diri dalam menyikapi isu terkini, juga menyalurkan ide-ide dan pengalamanmu. Tulisan kamu pun bisa dibaca para pengambil kebijakan, sehingga ide-ide segar kamu mungkin saja bisa menjadi “vitamin” bagi mereka yang merancang dan membuat kebijakan.

Bagaimana Cara Jadi Member RM Community? Klik Link Berikut Ini: [79]

Kasus Gugatan Hukum

[sunting | sunting sumber]

Tanggal 12 Agustus 2003, Jaksa Tjecep Sunarto menuntut Pemimpin Redaksi surat kabar harian Rakyat Merdeka, Karim Paputungan, lima bulan penjara, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dalam kasus pencemaran nama baik Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung.

Rakyat Merdeka pada edisi 8 Januari 2002 memuat gambar berwajah Akbar Tandjung berdiri tanpa mengenakan baju dan keringatnya bercucuran mukanya sedih, pada halaman depan sebagai pelengkap tulisan berjudul Akbar Segera Dihabisi, Golkar Nangis Darah. Namun, keputusan hakim, Karim Paputungan divonis lima bulan penjara dengan masa percobaan sepuluh bulan, pada 9 September 2003.[80]

Tanggal 27 Oktober 2003, Redaktur Eksekutif Harian Rakyat Merdeka, Supratman divonis enam bulan penjara dengan masa percobaan 12 bulan dalam kasus pencemaran nama baik Presiden Megawati Sukarnoputri. Hakim Ketua, Zoeber Djajadi mengatakan, berdasarkan pertimbangan bahwa kalimat yang dijadikan judul berita di harian Rakyat Merdeka menyerang martabat Presiden dan mengandung penghinaan. Kalimat-kalimat yang dijadikan judul berita tersebut ialah "Mulut Mega Bau Solar", "Mega Lebih Kejam dari Sumanto", "Mega Lintah Darat" dan "Mega Sekelas Bupati".[81]

Pimpinan Rakyat Merdeka

[sunting | sunting sumber]

Direktur Utama Rakyat Merdeka dan CEO RM Group saat ini adalah Kiki Iswara Darmayana. Diangkat sejak 28 Maret 2022.[82]

Pemimpin Redaksi

Riky Handayani (2015 – sekarang)

Ratna Susilowati (2008-2015)

Karim Paputungan (1999-2004)

Grup Rakyat Merdeka

[sunting | sunting sumber]

Rakyat Merdeka memiliki sejumlah anak-anak usaha, antara lain:

  • Harian Tangsel Pos – Community paper untuk wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya
  • Harian Satelit News – Community paper untuk wilayah Tangerang Kota dan Kabupaten
  • Harian Banten Pos – Community paper tingkat Provinsi Banten. Yakni menjangkau Lebak, Pandenglang, Serang, Cilegon dan sekitarnya.

Anak usaha lainnya

[sunting | sunting sumber]
  • RMBooks – Perusahaan penerbitan buku
  • PT WSI (Wahana Semesta Intermedia) - Percetakan Rakyat Merdeka Group

Di luar usaha penerbitan dan percetakan, Rakyat Merdeka juga memiliki proyek property, yaitu Intermark Indonesia yang berlokasi di kawasan BSD, Serpong. Proyek ini didirikan sejak 2013, meliputi Associate Tower (perkantoran), Swiss-Belhotel, Tuscany Boutiqe Hotel dan apartement, Merdeka Assembly Hall dan Commercial Area.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ RM.ID. "HUT RM Ke-22, Presiden Jokowi: Rakyat Merdeka Konsisten Berani Tampil Beda". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ RM.ID. "Penuh Kehangatan Presiden Jokowi Terima Tim Rakyat Merdeka". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  3. ^ RM.ID. "Silaturahmi Rakyat Merdeka dengan Presiden Jokowi "Tahu-tahu Proyeknya Jadi, Orang Kaget….."". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  4. ^ RM.ID. "Puan Maharani: Rakyat Merdeka Bentengi Pembaca Dari Berita Hoaks". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  5. ^ Negara, Kementerian Sekretariat. "PERINGATAN 9 TAHUN HARIAN RAKYAT MERDEKA, 16 MEI 2008, DI HOTEL MULIA JAKARTA | Sekretariat Negara". www.setneg.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-12. 
  6. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Terima Award Dari Kemenhub". https://rm.id/. Diakses tanggal 2024-05-29.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  7. ^ RM.ID. "Jaksa Agung Keras Ke Luar Tegas Ke Dalam". https://rm.id/. Diakses tanggal 2024-01-13.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  8. ^ RM.ID. "Angkutan Lebaran 2022 Sukses Berat Rakyat Merdeka Terima Penghargaan Dari Kemenhub". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-11.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  9. ^ Ariansyah, Aldi. "BNPB". Default title. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  10. ^ SemiColonWeb. "Webinar tentang Energi Terbarukan oleh Peserta Milenial Terbanyak". https://muri.org/Website/Rekor_detailwebinartentangenergiterbarukanolehpesertamilenialterbanyak (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  11. ^ RM.ID. "Sinergi Penanggulangan Bencana, BNPB Beri Penghargaan Media Dan BUMN". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  12. ^ RM.ID. "Harian Rakyat Merdeka Terima Penghargaan Dari PT KAI". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  13. ^ RM.ID. "Dino Patti Djalal, Konkret Rekatkan Hubungan RI-Korsel Lewat Peran Jurnalis". https://rm.id/. Diakses tanggal 2023-06-16.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  14. ^ RM.ID. "Jurnalis Rakyat Merdeka Sabet Penghargaan Adam Malik Awards 2023". https://rm.id/. Diakses tanggal 2023-01-11.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  15. ^ RM.ID. "AJP 2022 Seleksi 2.423 Karya Pertamina Umumkan 170 Pemenang Teritori, 60 Jurnalis Potensial". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-17.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  16. ^ RM.ID. "Dedikasi Tinggi Beritakan Kesehatan Koran Rakyat Merdeka Sabet 2 Penghargaan Terbaik 1 Kemenkes". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-11.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  17. ^ Trade, corporateName= Department of Foreign Affairs and. "Australian Embassy in". indonesia.embassy.gov.au. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  18. ^ Media, Kompas Cyber (2009-02-19). "Hubungan Indonesia dan Australia bagai "Tom & Jerry"". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  19. ^ RM.ID. "Randy Fotografer RM Raih Juara 2 Lomba Foto Kemenhub". https://rm.id/. Diakses tanggal 2024-05-29.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  20. ^ RM.ID. "Fotografer Rakyat Merdeka Randy Tri Kurniawan Raih Juara 2 Lomba Foto BPKP". https://rm.id/. Diakses tanggal 2024-05-28.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  21. ^ RM.ID. "Fotografer Rakyat Merdeka Raih Juara II PLN Journalist Awards 2023". https://rm.id/. Diakses tanggal 2024-03-21.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  22. ^ RM.ID. "Fotografer Rakyat Merdeka Raih Juara ASDP Journalism Awards 2024". https://rm.id/. Diakses tanggal 2024-06-14.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  23. ^ Tempo.co (2023-11-27). "Kompetisi CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif 2023 Umumkan Para Pemenang". Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-28. 
  24. ^ "2023 APEC Photo Contest Winners Capture Balancing Economic and Social Goals". APEC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-18. 
  25. ^ RM.ID. "Kerjasama PT Mutuagung Lestari Tbk & Masyarakat Kesehatan Syariah - Foto 4". https://rm.id/. Diakses tanggal 2023-11-18.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  26. ^ RM.ID. "12 Media Raih Penghargaan ASDP Journalism Awards 2023". https://rm.id/. Diakses tanggal 2023-11-18.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  27. ^ "Instagram". www.instagram.com. Diakses tanggal 2023-11-18. 
  28. ^ "Mining Industry ID (MIND ID) di Instagram: "MIND ID untuk pertama kalinya menggelar lomba karya jurnalistik MediaMIND 2022. Semua karya jurnalistik merupakan artikel yang sudah tayang di media jurnalis terkait selama periode 16 Oktober 2021 sampai 16 Oktober 2022. Lomba ini bertemakan Hasil Tambang untuk Kehidupan yang terbagi ke dalam lima sub-tema yakni Meningkatkan pertumbuhan eksplorasi dan produksi; Digitalisasi industri pertambangan; Membangun aset hilirisasi berskala global; Aliansi strategis ekspansi bisnis hilirisasi; dan optimasi portofolio dan keberlanjutan. Selamat untuk para pemenang! Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat mengembangkan informasi-informasi terbaik di dunia pertambangan khususnya dalam membangun peradaban. #MINDID #MiningIndustryIndonesia #MiningForLife #SmartMining"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  29. ^ "Pemerintah Kabupaten Tangerang di Instagram: "Halo, Handai Tolan! Dengan berakhirnya perhelatan PNLG Forum 2022, Berikut Tehmin dan Kangmin infokan pengumuman Pemenang Lomba Foto & Instagram Reels, PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) 2022. Tehmin/Kangmin ucapkan selamat kepada para pemenang lomba! Terimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi lebih dari 300 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Tetap Semangat dan teruslah berkarya. Bersama kita ciptakan Tangerang yang semakin Gemilang! Berikut daftar Pemenang Lomba Foto dan Reels Instagram dalam rangka penyelenggaraan PNLG Forum 2022 di Kabupaten Tangerang. FOTO KATEGORI JURNALIS: JUARA 1 : Dwi Pambudi, Rakyat Merdeka Membangun Infrastruktur Berkelanjutan Desa Ketapang JUARA 2 : Fauzan, Kantor Berita Antara Penataan Kawasan Pesisir di Tangerang JUARA 3 : Cecep, Megatrust. Wisata Urban Aquaculture Ketapang JUARA 4 : Hanung Hambara, Jawa Pos Desa Nelayan Ketapang JUARA 5 : Andriyanto, TrenAsia Persiapan Desa Wisata Untuk info selengkapnya Handai Tolan bisa mengunjungi: https://suaratangerang.id/headline/2022/10/29/pengumuman-pemenang-lomba-foto-instagram-reels #PEMSEA2022 #PNLG2022 #TheWinner #FotoKategoriJurnalisPNLG2022 #LombaFotodanIGReels"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-11.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  30. ^ "BioFarma di Instagram: "Hai Biotizen, setelah dilakukan penjurian Lomba Foto yg diselenggarakan Bio Farma dengan tema Lensa Kehidupan di Masa Pandemi pada tanggal 2 Agustus 2022. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang Kategori Jurnalis Juara 1-3 dan 5 orang favorit Kepada para pemenang silahkan dapat DM ke @biofarmaid"". www.instagram.com. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  31. ^ Correcto. "Kampung Markisa Tangerang jadi Lokasi Penyerahan Hadiah Lomba Kreatif Gereget, Pernah Dipuji Erick Thohir". correcto.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-11. 
  32. ^ Ali, Hairuddin (2022-08-10). "Ini Daftar Pemenang Smartfren Unlimited Media Awards 2022". tabloidpulsa.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-11. 
  33. ^ Industry.co.id (2021-08-11). "Ini Para Pemenang Lomba Tulis dan Foto Surveyor Indonesia". Industry.co.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2022-12-11. 
  34. ^ "Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Instagram: "Pengumuman BSI Journalist Photo Competition Usai melakukan proses penjurian yang berlangsung ketat, tiga dewan juri akhirnya sepakat memutuskan nama-nama pemenang. Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan juga terima kasih kepada semua partisipan yang sudah mengirimkan karyanya. Sampai jumpa di BSI Journalist Photo Competition 2022 Narahubung: Sopian +62 857 72249901 @banksyariahindonesia @pewartafotoindonesia #pewartafotoindonesia #pfipusat #pfi #bsi #nabungbsiaja #bersatuuntukindonesia #kompetisifotobsi"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  35. ^ Pertamina (Persero), P. T. "Pemenang Anugerah Jurnalistik Pertamina 2021 | Pertamina". pertamina.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-11. [pranala nonaktif permanen]
  36. ^ Hypeabis. "Hypeabis - Lomba Foto Bisnis Indonesia Di Rumah Aja". Hypeabis. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  37. ^ "Pemenang Lomba Foto Asean". www.antarafoto.com. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  38. ^ "Fotografer Tangerang Juara Aceh Photo Contest - Serambinews.com". aceh.tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  39. ^ RM.ID. "Buku Rindu Baitullah Sah Diluncurkan". https://rm.id/. Diakses tanggal 2023-01-11.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  40. ^ [Full Video] RM Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit, diakses tanggal 2022-12-12 
  41. ^ RM.ID. "CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana Ombak Besar Covid Telah Melahirkan Banyak Tokoh Hebat". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  42. ^ RM.ID. "Kasih Sambutan Di Acara RM Award 2022 Jokowi: Dengan Sinergi, Kita Mampu Tumbuh Lebih kuat". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  43. ^ RM.ID. "Inilah Ucapan 9 Tokoh Peraih Rakyat Merdeka Award 2022". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  44. ^ "Airlangga Hartarto di Instagram: "Indonesia menjadi satu dari satu dari tujuh 'economic wonder' di dunia, yaitu sebagai negara yang berhasil mengendalikan inflasi dan menjaga pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut saya sampaikan saat menghadiri acara Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit yang diselenggarakan di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (28/9). Hal tersebut dikarenakan, Pemerintah Indonesia, sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo @jokowi, mengambil kebijakan 'extra ordinary' dalam penanganan pandemi, yakni 'people first policy' dengan menyeimbangkan antara 'live dan livelihoods'. Dalam kesempatan tersebut, saya juga menerima Penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022 di Bidang Ekonomi. Terima kasih atas apresiasi ini. Penghargaan ini sesungguhnya merupakan apresiasi kepada kita semua, pemerintah maupun seluruh rakyat Indonesia, yang telah bahu-membahu, bergotong royong dalam menangani pandemi dan pemulihan ekonomi nasional."". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  45. ^ "Mahfud MD di Instagram: "Terima kasih kepada Rakyat Merdeka atas award sbg tokoh stabilisator politik, hukum, dan keamanan. Dulu awal Pandemi Covid-19, kami yang di pemerintahan ini semuanya takut. Isinya horor dan teror, berbuat ini dan itu, serba salah. Dulu, Rakyat Merdeka, termasuk hampir setiap hari mengejek, sekarang memuji kita semua. Sekali lg, terima kasih."". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  46. ^ "Kementerian Kesehatan RI di Instagram: "Selamat kepada Pak Menkes @budigsadikin atas anugrah sebagai tokoh pemulihan krisis kesehatan dalam Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit. Semoga kerja keras dan dedikasi yang selama ini diberikan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia untuk bangkit dari pandemi."". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  47. ^ "Kementerian PUPR di Instagram: "Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerima penghargaan sebagai Tokoh Percepatan Pemerataan Infrastruktur pada ajang Rakyat Merdeka Award 2022 yang bertema "Untuk Indonesia Pulih dan Bangkit" di Jakarta (28/9). Menteri Basuki dinilai sebagai menteri yang berhasil menunjukkan prestasi dalam percepatan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan daya saing bangsa sekaligus pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. Menteri Basuki mengatakan, penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh jajaran Kementerian PUPR, mitra kerja, dan para tenaga kerja konstruksi di seluruh Indonesia. "Karena pekerjaan kami tidak ada seorangpun yang bisa mengklaim pekerjaan kita sendiri, semua adalah team work," kata Menteri Basuki. Percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR, khususnya di wilayah 3T, tidak hanya untuk pemerataan pembangunan, tetapi juga bertujuan untuk menurunkan ketimpangan ekonomi antardaerah, sehingga ekonomi tidak hanya meningkat tetapi juga tumbuh secara merata dan berkeadilan. Menteri Basuki Menteri Basuki juga menyampaikan terima kasih kepada Rakyat Merdeka, berharap dukungan dan kerja samanya untuk terus menyebarluaskan informasi yang akurat, terkini, terlengkap, dan tetap menjadi media terpercaya. Menurutnya kritikan yang disampaikan oleh media merupakan bagian dari motivasi untuk memperbaiki kinerja PUPR. #SigapMembangunNegeri"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  48. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Erick Thohir, Tokoh Pemulihan dan Transformasi BUMN". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  49. ^ "Bahlil Lahadalia di Instagram: "Malam ini saya hadir di acara Rakyat Merdeka Award 2022 yang memberikan penghargaan kepada Kementerian Investasi/BKPM @bkpm_id pada kategori "Pemulihan Iklim Investasi". Penghargaan ini saya persembahkan untuk teman-teman DPMPTSP di daerah, teman-teman di Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian/Lembaga, pelaku usaha, akademisi, serta seluruh masyarakat dalam pencapaian realisasi investasi dan mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan memiliki daya saing terhadap negara lain. Seperti yang kita ketahui, investasi adalah kunci dari pemulihan ekonomi dan jangkar pertumbuhan ekonomi, di mana kontribusi investasi terhadap GDP sebesar 33%, serta berperan langsung dalam penciptaan lapangan pekerjaan dan peningkatan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Investasi/BKPM akan terus konsisten mengawal realisasi investasi yang berkualitas, inklusif, kolaboratif, serta berkelanjutan. Terima kasih @_rakyatmerdeka, semoga penghargaan ini menambah motivasi dan semangat kami dalam berkontribusi bagi bangsa dan negara. Untuk Indonesia Pulih dan Bangkit."". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  50. ^ "Teten Masduki di Instagram: "Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada saya sebagai Tokoh Pemulihan dan Digitalisasi UMKM dalam Rakyat Merdeka Award 2022 @_rakyatmerdeka . Pengharhaan ini saya dedikasikan kepada seluruh pihak yang terlibat, khususnya para pelaku UMKM tanah air, atas ketangguhannya dalam menghadapi covid-19 dengan kecepatan adaptasi dan inovasi yang baik, sehingga mampu mematahkan prediksi berbagai lembaga dunia akan keterpurukan UMKM. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman kolega Menteri yang begitu cepat melakukan kebijakan-kebijakan solutif untuk terciptanaya pemulihan ekonomi nasional. #kemenkopukm #tetenmasduki"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  51. ^ RM.ID. "Raih Rakyat Merdeka Award 2022 Arifin Tasrif, Tokoh Akselerator Transisi Energi". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  52. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Budi Karya Sumadi, Tokoh Konektivitas dan Sistem Transportasi Nasional". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  53. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Siti Nurbaya, Tokoh Pemulihan Ekonomi Rakyat Melalui Perhutanan Sosial". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  54. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Retno Marsudi, Tokoh Diplomasi Pemulihan Krisis Global". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  55. ^ "Kejaksaan RI di Instagram: "Highlight Penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022 kepada Jaksa Agung RI sebagai Tokoh Restoratif Justice dan Pemberantas Korupsi."". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  56. ^ Codingest (2022-09-29). "Kepala BNPT RI Dianugerahi RM Award 2022 sebagai Tokoh Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme". BNPT. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  57. ^ Codingest (2022-09-29). "Kepala BNPT RI Dianugerahi RM Award 2022 sebagai Tokoh Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme". BNPT. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  58. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Prof. KH Nasaruddin Umar, Tokoh Pemersatu Dan Penyejuk Bangsa". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  59. ^ a b ISTIQLAL, HUMAS MASJID. "Beranda | Masjid Istiqlal". istiqlal.or.id. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  60. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Prof. Tjandra Yoga Aditama, Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  61. ^ Pertamina (Persero), P. T. "ENERGIA TV | Pertamina". www.pertamina.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-12. [pranala nonaktif permanen]
  62. ^ Pertamina (Persero), P. T. "Jaga Ekosistem Migas Dikala Pandemi, Nicke Widyawati Raih Tokoh Ketahanan Energi Nasional | Pertamina". www.pertamina.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-12. [pranala nonaktif permanen]
  63. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Bakir Pasaman, Tokoh Peningkatan Produktivitas Pertanian". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  64. ^ "Dirut PLN Terpilih Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional". PT PLN (Persero). 2022-09-29. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  65. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Ririek Adriansyah, Tokoh Pengembangan Akses Digital Ke Pelosok Negeri". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  66. ^ "Kementerian Badan Usaha Milik Negara". bumn.go.id. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  67. ^ RM.ID. "Dinobatkan Jadi Tokoh Transformasi Digital Banking Bos Mandiri: Ini Untuk Kepentingan Nasabah". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  68. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Royke Tumilaar, Tokoh Transformasi UMKM Go International". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  69. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Royke Tumilaar, Tokoh Transformasi UMKM Go International". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  70. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Jahja Setiaatmadja, Bankir Penyelamat Usaha Kecil Saat Pandemi". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  71. ^ "PT Bank Syariah Indonesia Tbk di Instagram: "Assalamualaikum, Sahabat Syariah! Kabar baik kembali datang dari BSI. Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Bapak Hery Gunardi mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Transformasi Ekosistem Perbankan Syariah dari ajang Rakyat Merdeka Award tahun 2022. Alhamdulillah, semoga dapat memberikan semangat untuk semakin memajukan ekonomi syariah di Indonesia. #BankSyariahIndonesia"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  72. ^ Budiman, Arief. "Dirut Taspen Dapat Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Pensiunan". detiknews. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  73. ^ "Steve Kosasih di Instagram: "Hari ini kita patut berbangga, karena hari ini kita mendapatkan Rakyat Merdeka Award 2022 dalam kategori Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan. Award ini saya dedikasikan kepada Seluruh Insan TASPEN @taspen di seluruh Indonesia yang sudah bekerja keras dan berkolaborasi menciptakan inovasi keren di masa pandemi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta seperti Wirausaha Pintar, TASPEN Care, TASPEN Pesona, dan juga yang sedang dalam proses yaitu Program Perumahan bagi ASN dan Pensiunan. Ayo seluruh Insan TASPEN, kita bersama berkolaborasi dan bekerja keras untuk mewujudkan TASPEN yang semakin Keren demi Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. TASPEN, Andal Melayani 🫰🏻 #TaspenAndalMelayani #BUMNuntukIndonesia #SatuTaspenUntukASN #SteveKosasih"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  74. ^ "https://twitter.com/mawaluddin/status/1575807002709983232". Twitter. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  75. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  76. ^ "Krakatau Steel di Instagram: "Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai Tokoh Pemulihan dan Transformasi Industri Baja Nasional. Acara digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9). Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir. Selama pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun, Silmy Karim dinilai sukses membawa Krakatau Steel mencetak laba bersih sebesar Rp 1,17 triliun di Semester 2 2022. Naik dua kali lipat dibanding periode sama di tahun sebelumnya. Dua tahun terakhir, Krakatau Steel terus menunjukkan kinerja yang menggembirakan. Makin sehat, setelah selama delapan tahun berturut-turut sempat sekarat dan terus merugi. Ini tahun keempat Silmy Karim menjabat sebagai Direktur Utama Krakatau Steel. Dia memang dikenal sebagai "dokter spesialis" BUMN sakit. Senang menerima tantangan untuk menyehatkan BUMN yang sekarat. Sukses Silmy di KS, saat Perseroan mengantongi investasi senilai 3,5 miliar dolar AS atau setara Rp 52 triliun dari Pohang Iron and Steel Company (Posco). Kesepakatan kerja samanya sudah ditandatangani di hadapan Presiden Jokowi di Seoul, Korea Selatan, beberapa waktu lalu. Ini menunjukkan, BUMN bisa membawa masuk investasi luar negeri. Ketika pandemi Covid-19 melanda, tantangannya luar biasa. Di bawah kepemimpinan Silmy, Krakatau Steel berusaha keras menjaga industri ini agar jangan sampai mati. Silmy juga sukses memompa semangat karyawan KS untuk tetap semangat. Selain itu, KS memiliki kepedulian terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat. Sejumlah industri kecil yang ada kaitannya dengan baja, dibantu pembinaan dan permodalannya. Kiprah Silmy ini, membuat KS bangkit pulih. Dan transformasi industri baja nasional berjalan dengan baik. #krakatausteel #krakatausteelgroup #rakyatmerdeka #silmykarim #tokohpemulihan #transformasi #industribajanasional #BUMNUntukIndonesia"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  77. ^ RM.ID. "Rakyat Merdeka Award 2022 Silmy Karim, Tokoh Pemulihan & Transformasi Industri Baja Nasional". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-12.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  78. ^ "CT, Anis Baswedan dan Johan Budi Terima Penghargaan dari Rakyat Merdeka". detiknews. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  79. ^ RM.ID. "RM.ID - RM Community". https://rm.id/. Diakses tanggal 2023-02-27.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  80. ^ "karim paputungan - DATATEMPO". www.datatempo.co (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-11. 
  81. ^ "RE Rakyat Merdeka Divonis Enam Bulan". Tempo (dalam bahasa Inggris). 2003-10-27. Diakses tanggal 2022-12-11. 
  82. ^ RM.ID. "Karyawan Happy, Para Sahabat Senang Kiki Iswara Kebanjiran Ucapan Selamat, Doa dan Dukungan". https://rm.id/. Diakses tanggal 2022-12-11.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)