Raden Kusen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raden Kusen
Adipati Terung
Informasi pribadi
KelahiranRaden Husain
Kin San
1456 M
Palembang, Majapahit
Kematian1560 M
Terung, Demak Bintoro
Nama lengkap
Raden Kusen Adipati Terung
AyahArya Dillah
IbuSiu Ban Ci atau Tan Eng Kian
Istri3
Anak
AgamaSyiwa-Buddha

Raden Kusen dengan nama asli Raden Husain/ Kin San bergelar Adipati Pecat Tondo Terung, adalah Adipati Terung dan panglima perang Kerajaan Majapahit. Ia merupakan saudara seibu (sebenarnya satu Bapak yaitu Prabu Brawijaya,dikarenakan Arya Damar atau Arya Dilah mandul) dari Raden Patah yang mendirikan Kesultanan Demak. Beliau seharusnya menggantikan Ayah angkatnya, Pangeran Arya Damar sebagai Adipati di Palembang, namun Beliau dengan saudaranya, Raden Patah memilih meninggalkan tanah kelahirannya di Palembang, dan pergi berpindah ke tanah jawa. Keturunannya, Sultan-Sultan Palembang merupakan pewaris sah dari Kadipaten Palembang.

Kelahiran Dua Bersaudara Hasan dan Husain[sunting | sunting sumber]

Menurut Babad Tanah Jawi, Brawijaya V, (Raja Majapahit Terakhir) Mempunyai Banyak Selir, salah satunya Siu Ban Ci Puteri Tionghoa dari Kyai Batong (alias Tan Go Hwat), yang dicemburui oleh Sang Permaisuri Brawijaya, Ratu Dwarawati Puteri Champa. Brawijaya terpaksa memberikan/ menghadiahi Siu Ban Ci kepada adipatinya di Palembang, yaitu Arya Dillah. Arya Dillah mendapati Siu Ban Ci dalam keadaan Hamil hasil perkawinan dengan Brawijaya yang kemudian melahirkan anak yang diberi nama Raden Bagus Hasan yang dikemudian hari dikenal dengan Raden Patah. Lalu Arya Dillah menikahi Siu Ban Ci dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Raden Husain/ Kin San (yang sebenarnya Raden Husain atau Raden Kusen anak kandung Prabu Brawijaya juga.

Berpetualang ke Tanah Jawa[sunting | sunting sumber]

Raden Husain dengan Raden Hasan pun memulai perjalanan merantau ke Tanah Jawa. Mereka singgah di Cirebon untuk menuntut Ilmu dengan Sunan Gunung Jati, Raden Kusen menikahi Puteri Sunan Gunung Jati bernama Nyai Mertasari dikenal juga dengan Nyaimas Ranggaluwung(bukan Ranggaluwung tetapi yang benar Nyai Mas Ranggawulung), (namun tidak beranak,dikarenakan Nyai Mertasari yang dikenal juga dengan Nyai Mas Ranggawulung rahimnya kering,sehingga mengangkat 2 orang anak dari istri Raden Kusen dengan Rara Asmara atau Rara Huning) dan dikaruniai 4 orang anak yang diberi nama Raden Surodirejo (Adipati Palembang I), Raden Santri (Pangeran Aryo Kesumo Cirebon),Ariyo Timbul,dan Ariyo Balitar. Raden Patah melanjutkan perjalanan untuk bertemu dan berguru dengan Sunan Ampel. sementara itu, Raden Kusen mengabdi kepada Raja Brawijaya,ayahanda kandung beliau.

Mengabdi kepada Kerajaan Majapahit[sunting | sunting sumber]

Raden Kusen diberi tanah di Kadipaten Terung, sementara itu, Raden Patah membuka Perkampungan baru di Demak Bintoro, atas perintah Sunan Ampel. Mengetahui anaknya membuka Lahan Baru, Brawijaya memanggil Raden Patah ke hadapannya. Bukannya menghukumnya karena tidak memberikan Upeti, Raden Patah ditwari untuk menjadi Adipati Demak.

Pengkudetaan Brawijaya V oleh Girindrawardhana (Brawijaya VI)[sunting | sunting sumber]

Setelah itu, terjadi pengkudetaan yang dilakukan oleh Girindrawarddhana kepada Brawijaya, Girindrawarddhana mengangkat dirinya sebagai Raja Majapahit dengan gelar Brawijaya VI. Semua Kadipaten pun harus tunduk dibawah kepemimpinan Brawijaya VI. Tidak dengan Raden Patah yang mengetahui bahwa Ayahnya dikudeta oleh Brawijaya VI, Raden Patah yang merasa dirinya paling berhak meneruskan Tahta Kerajaan Majapahit pun melepas kan diri dari Wilayah Kekuasaan Brawijaya VI, dan mendirikan Kesultanan Demak, Kerajaan yang bercorak Islam karena banyak Adipati Majapahit yang dikala itu sudah memeluk Islam atas Dakwah dari Para Walisongo dan atas Izin Allah Azza Wa Jalla.

Perang dengan Demak[sunting | sunting sumber]

Dimasa pemerintahan Raden Patah ing Kesultanan Demak, Raden Patah mengumpulkan pasukan yang dipimpin oleh Sunan Ngudung ayah dari Sunan Kudus untuk menyerang Ibukota Majapahit dan mengkudeta Brawijaya VI. Brawijaya VI menyiapkan pasukan yang dipimpin oleh Adipati Terung (Raden Kusen). Kedua pasukan bertemu di perbatasan di tepi Sungai Sedayu. Pada awalnya, kedua panglima memutuskan untuk saling berjauhan. Setelah 4 tahun tanpa kepastian, para pasukan merasa tidak puas dan mendesak Adipati Terung untuk memerintahkan penyerangan. Pasukan Majapahit pun menghancurkan pasukan Muslim, ditambah terbunuhnya Sunan Ngudung oleh tombak yang tertancap di bagian dada oleh Adipati Terung membuat Moral pasukan berkurang dan memaksa Pasukan Muslim untuk mundur. Setelah beberapa dekade, Raden Patah kembali menyiapkan pasukan yang lebih kuat dari serangan pertama, Adipati Terung pun kembali dipercaya untuk menjadi panglima karena kesuksesan sebelumnya, namun nasib tersenyum kepada Pasukan Majapahit dan Pasukan Muslim mengkocar kacirkan semangat luhur pasukan Majapahit, Adipati Terung (Raden Kusen) melarikan diri kearah Blambangan, dan Kesultanan Demak berhasil menaklukan Kerajaan Majaphit bertanda berakhirnya era Kerajaan Majapahit.

Bergabung dengan Demak[sunting | sunting sumber]

Setelah itu, Raden Kusen pergi ke Ibukota Kesultanan Demak untuk menyerahkan diri. Raden Patah menerima penyerahan diri Raden Kusen (sebenarnya bukan menyerahkan diri namun Raden Fatah atau Raden Patah atau Raden Hasan atau Raden Kasan menemui Raden Husain atau Raden Kusen untuk membantunya mengelola kerajaan Demak), dan memberikan Raden Kusen Tanahnya kembali di Terung, (Sekarang Sidoarjo), Raden Kusen pun meninggal dunia dan dimakamkan disana,namun Raden Kusen bangkit kembali karena sebenarnya Raden Kusen hanya mati suri (demi menghormati dan menjaga nama masyurnya Raden Patah kakaknya,sehingga mau dimakamkan).Setelah bangkit dalam kubur Raden Kusen pergi kedaerah yang sekarang disebut Sragen (bhumi Soekowati) untuk bertemu dengan Raden Joko Tingkir (cucu dari Prabu Brawijaya ,dan anak dari Prabu Handayaningrat Pengging) dan selanjutnya didharmakan (karena Raden Kusen adalah penganut yang taat Agama Dharmma (Syiwa-Buddha) disana (seperti janji Raden Kusen pada mendiang istrinya Dyah Ayu Gauri atau Dyah Ayu Hori, bahwa setelah meninggal Raden Kusen juga dikremasi/didharmakan), selanjutnya abu Raden Kusen dibawa ke Kriyan Mojokerto dan dicandikan disana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. Babad Tanah Jawi

2.web :

dongengsejarahradenkusen.blogspot.com