Siu Ban Ci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Siu Ban Ci atau Sie Ban Ci adalah istri Kertabhumi, dari pasangan ini mempunyai putra Raden Patah. Ia adalah putri Syekh Bentong atau Tan Go Hwat dan Siu Te Yo dari Gresik. Tan Go Hwat merupakan seorang saudagar dan juga ulama bergelar Syaikh Bantong alias Kyai Batong.

Hubungan dengan Karawang[sunting | sunting sumber]

Di Kabupaten Karawang pada tahun 1338 Saka (1416 M), Syekh Quro mendirikan pesantren Pura Dalem Pura Karawang, diberi nama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Al Quran. Salah satu santrinya adalah Syekh Bentong. Syekh Quro ialah penganut Mahzhab Hanafi. Syekh Quro kemudian menikah dengan Ratna Sondari dan lahir Syech Akhmad yang menjadi penghulu pertama di Karawang.

Versi Babad Tanah Jawi[sunting | sunting sumber]

Menurut Babad Tanah Jawi, Raden Patah adalah putra Brawijaya V raja terakhir Majapahit (versi babad) dari seorang selir Tiongkok. Selir Tiongkok ini puteri dari Kyai Batong (alias Tan Go Hwat). Karena Ratu Dwarawati sang permaisuri yang berasal dari Campa merasa cemburu, Brawijaya terpaksa memberikan selir Tiongkok kepada putra sulungnya, yaitu Arya Damar bupati Palembang. Setelah melahirkan Raden Patah, putri Tiongkok dinikahi Arya Damar (alias Swan Liong), melahirkan Raden Kusen (alias Kin San).

Versi Purwaka Caruban Nagari[sunting | sunting sumber]

Menurut Purwaka Caruban Nagari, nama asli selir Tiongkok adalah Siu Ban Ci, putri Tan Go Hwat dan Siu Te Yo dari Gresik. Tan Go Hwat merupakan seorang saudagar dan juga ulama bergelar Syekh Bantong (alias Kyai Batong).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=165&lang=id#sthash.nKCRrg8i.dpuf Diarsipkan 2015-02-16 di Wayback Machine.
  2. Biografi Syekh Nurjati H. R. Bambang Irianto, BA dan Dra. Siti Fatimah, M.hum. 2009. Syekh Nurjati (Syekh Datul Kahfi) perintis Dakwah dan Pendidikan. Cirebon: Zulfana Cirebon
  3. Biografi Syekh Nurjati Diarsipkan 2015-01-20 di Wayback Machine. IAIN Cirebon
  4. Sejarah Makam Syekh Quro Lemah Gandu