RBE2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thales RBE2 AESA.

RBE2 (Radar à Balayage Electronique 2 plans) adalah very high performance radar multirole X band yang dikembangkan selama tahun 1990-an untuk pesawat tempur Dassault Rafale Prancis, yang menggabungkan fire control radar detection dan target tracking, yang merupakan hasil kolaborasi antara Thomson-CSF dan Dassault Electronics (sekarang Thales). RBE2 asli adalah passive electronically scanned array (PESA). Radar ini telah dikembangkan menjadi RBE2-AA, active electronically scanned array (AESA).

Pengembangan RBE2 dimulai pada tahun 1989 sebagai proyek bersama antara divisi RCM Thomson-CSF dan Dassault Electronique yang bergabung pada tahun 1998 untuk membentuk Thomson-CSF Detexis. Pengembangan dilanjutkan oleh perusahaan penerus Thomson-CSF, Thales Group.[1][2][3]

RBE2 adalah passive electronically scanned array (PESA), radar yang dipindai secara elektronik dengan pemancar tunggal. Uji coba penerbangan RBE2 dimulai pada tahun 1992 dan radar produksi pertama dikirimkan pada Mei 1997.

Pada bulan April 2002, agen pengadaan pertahanan Prancis, Délégation Générale pour l'Armement (DGA), memberikan kontrak kepada Thales Group untuk mengembangkan radar demonstrator active electronically scanned array (AESA) berdasarkan radar RBE2, untuk memenuhi harapan Angkatan Udara dengan menggabungkan deteksi radar kontrol tembakan canggih dan kebutuhan pelacakan target. Varian RBE2-AA (array aktif) yang dihasilkan telah diuji pada pesawat uji coba Mirage 2000 dari Pusat Tes Penerbangan DGA dan kemudian pada Rafale. Sementara tes pertama dilakukan dengan pemancar-penerima buatan AS, radar saat ini menampilkan bagian-bagian yang diproduksi oleh Thales. Radar menggunakan sekitar 838 modul GaAs T/R.[4][5]

Pada bulan Juli 2004, DGA memberikan kontrak senilai 90 juta euro untuk pengembangan radar demonstrator AESA kedua. Produksi RBE2-AA dimulai pada tahun 2008 dan mulai beroperasi pada tahun 2013.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (June, 2002) Europe targets cockpits, sensors. Aerospace America.
  2. ^ Streetly, Martin (September 1992). "Rafale radar begins flight trials". Microwave Journal. 35: 49. 
  3. ^ "Premier Radar Serie Du Rafale". Sud Ouest (dalam bahasa French). 6 May 1997. 
  4. ^ (November 4, 2008). Flying the flag for Rafale. Flight International.
  5. ^ Lake, Jon. "Latest Standard Rafale Gains Clearance; First Indian Aircraft Flies". Aviation International News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-09.