AN/FPS-129

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
GLOBUS II.jpg

AN/FPS-129 HAVE STARE radar, yang dikenal sebagai radar Globus II, adalah sebuah sistem pengawasan ruang angkasa yang dioperasikan oleh Badan Intelijen Norwegia. Tugas yang dinyatakannya adalah untuk mengamati luar angkasa, mengamati kepentingan luar negeri daerah Norwegia, dan untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan dalam bidang penelitian dan pengembangan. Radar dapat digunakan untuk penelitian dan pembangunan nasional melalui Norwegia Militer Research Institute (Forsvarets Forskningsinstitutt) atau lembaga-lembaga ilmiah sipil.

Globus II memiliki dua tugas dalam tugas dinyatakan mengamati luar angkasa. Tugas pertama adalah untuk mengumpulkan data metrik dari satelit, yang digunakan oleh Space Command AS untuk memproduksi dan mempertahankan Space Catalog, yang berisi data orbit pada semua benda buatan manusia di luar angkasa. Tugas kedua adalah untuk menciptakan citra radar resolusi tinggi dengan objek yang dipilih dalam ruang. Globus-II diduga mampu mengamati satelit di orbit geosynchronous pada jarak sekitar 40.000 kilometer dari Vardø, yang mana radar ini digunakan.

TPO adalah 200 kW, yang relatif sedikit bila dibandingkan dengan radar lainnya. Globus-II masih bisa melihat benda-benda jauh, karena kombinasi dari antena, yang merupakan diameter piringan 27 meter, dan frekuensi yang relatif tinggi memberikan antena terkonsentrasi, memungkinkan energi untuk digunakan dengan efek maksimum. Hal ini diduga dapat mendeteksi benda-benda dalam rentang ukuran 1–10 cm.

Satu radar jenis ini sebelumnya ditempatkan di Vandenberg Air Force Base, California dan telah dipindahkan ke stasiun Globus II di Vardø, Norwegia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]