Quwo Zhuang Bo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zhuang Bo dari Quwo
曲沃莊伯
Penguasa negara Quwo
Berkuasa731–716 SM
PendahuluHuan Shu dari Quwo
PenerusAdipati Wu dari Quwo
Informasi pribadi
Kematian716 SM
AyahHuan Shu dari Quwo

Zhuang Bo dari Quwo (Hanzi sederhana: 曲沃庄伯; Hanzi tradisional: 曲沃莊伯; Pinyin: Qūwò Zhuāng Bó, †716 SM), nama marganya adalah Ji (姬), nama pemberiannya adalah Shan (鱓), merupakan pemimpin kedua negara Quwo pada periode musim semi dan gugur. Dia adalah putra Huan Shu dari Quwo dan saudara tiri Wuzi dari Han.

Pada tahun 724 SM, Zhuang Bo dari Quwo membunuh Markis Xiao dari Jin di ibu kota Jin, Yi (翼). Kemudian, pasukan Jin menyerang Zhuang Bo dari Quwo sehingga ia mundur kembali ke Quwo. Putra Markis Xiao dari Jin naik takhta dan menjadi Markis E dari Jin.

Menurut Catatan Sejarah Agung, pada tahun 718 SM, ketika Zhuang Bo dari Quwo mendengar berita kematian Markis E dari Jin, dia membawa pasukan untuk menyerang Jin. Raja Ping dari Zhou memerintahkan Adipati Guo (虢公) untuk menyerang Zhuang Bo dari Quwo, jadi Zhuang Bo dari Quwo mundur kembali ke Quwo. Orang-orang Jin meminta putra Markis E dari Jin, untuk naik takhta dan dia menjadi penguasa Jin berikutnya: Markis Ai dari Jin.

Zuo Zhuan memiliki catatan berbeda dari acara tersebut. Konon Zhuang Bo dari Quwo beraliansi dengan negara Zheng dan negara Xing (邢) dan mereka menyerang Yi (翼), ibu kota Jin. Raja Huan dari Zhou mengirim pasukan untuk membantu Quwo sehingga Markis E dari Jin melarikan diri. Segera setelah itu, Zhuang Bo Quwo mengkhianati Raja Huan dari Zhou dan menyerangnya. Raja Huan dari Zhou kemudian mengirim Adipati Guo (虢公) selama musim gugur tahun itu untuk menyerang Quwo dan untuk menempatkan putra Gongzi Guang dari Markis E dari Jin, di atas takhta Jin dan Gongzi Guang menjadi Markis Ai dari Jin.

Pada tahun 716 SM, Zhuang Bo meninggal dan putranya Cheng naik takhta Quwo dan menjadi Adipati Wu dari Quwo.

Quwo Zhuang Bo
Negara Quwo
Cabang kadet Wangsa Ji
Meninggal: 716 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Huan Shu dari Quwo
Penguasa Quwo
731–716 SM
Diteruskan oleh:
Adipati Wu dari Quwo