Quwo Huan Shu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Quwo Huan Shu
曲沃桓叔
Penguasa Negara Quwo
Berkuasa745–731 SM
Pendahulutidak ada
PenerusQuwo Zhuang Bo
Lahir802 SM
Wafat731 SM
AyahJin Mu Hou

Huan Shu dari Quwo (Hanzi: 曲沃桓叔; Pinyin: Qūwò Huán Shū, 802–731 SM), nama leluhur Ji (姬), nama pemberian Chengshi (成師), merupakan penguasa pertama negara Quwo selama Zaman Musim Semi dan Gugur. Ia adalah putra Jin Mu Hou dan pamanda Jin Zhao Hou.

Pada tahun 745 SM, tahun pertama pemerintahan Markis Jin Zhao Hou, Markis Zhao mendirikan Chengshi di Quwo (di sekitar County Quwo modern, Shanxi). Ia kemudian dikenal sebagai Huan Shu dari Quwo. Ia saat itu berusia lima puluh delapan tahun. Ia konon merupakan seorang penguasa yang baik hati yang dikasihi oleh rakyat Quwo.

Pada tahun 739 SM, pada tahun ketujuh pemerintahannya, seorang pejabat Jin bernama Panfu (潘父) membunuh Markis Zhao dan mengundang Huan Shu untuk naik takhta Jin. Ia menerima sambutan Panfu dan berusaha masuk Jin, tetapi ia dikalahkan oleh pasukan Jin dan mundur ke Quwo. Kemudian, suku Jin meminta putra Markis Zhao dari Jin, Ping, untuk naik takhta dan ia menjadi markis berikutnya: Markis Xiao dari Jin.

Pada tahun 731 SM, Huan Shu meninggal dan putranya Shan, naik takhta sebagai penguasa berikutnya di Quwo: Quwo Zhuang Bo. Putra lainnya, Huan Shu, Han Wan, menjadi nenek moyang Negara Han.

Quwo Huan Shu
Negara Quwo
Cabang kadet Wangsa Ji
Lahir: 802 SM Wafat: 731 SM
Gelar kebangsawanan
Jabatan baru Penguasa Quwo
745–731 SM
Diteruskan oleh:
Quwo Zhuang Bo