Jin E Hou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Markis E dari Jin
晉鄂侯
Penguasa negara Jin
Berkuasa724–718 SM
PendahuluMarkis Xiao dari Jin
PenerusMarkis Ai dari Jin
Wafat718 SM
AyahMarkis Xiao dari Jin

Markis E dari Jin (Hanzi sederhana: 晋鄂侯; Hanzi tradisional: 晉鄂侯; Pinyin: Jìn È Hóu) merupakan penguasa keempat belas Negara Jin. Dia juga adalah penguasa keempat Jin di periode musim semi dan gugur. Ia bertakhta selama enam tahun.

Menurut Catatan Sejarah Agung, ketika Zhuang Bo dari Quwo mendengar berita kematian Markis E dari Jin, ia membawa pasukan untuk menyerang Jin. Raja Huan dari Zhou[1] memerintahkan Adipati Guo (虢公) untuk menyerang Comte Zhuang dari Quwo sehingga Comte Zhuang mundur kembali ke Quwo. Orang-orang Jin meminta putra Markis E dari Jin, Guang, untuk naik takhta dan dia menjadi penguasa Jin berikutnya: Markis Ai dari Jin.

Zuo Zhuan memiliki catatan berbeda dari peristiwa tersebut. Ia mengatakan bahwa Comte Zhuang dari Quwo beraliansi dengan negara Zheng dan negara Xing (邢) dan mereka menyerang Yi (翼), ibu kota Jin. Raja Huan dari Zhou mengirim pasukan untuk membantu Quwo sehingga Markis E melarikan diri. Segera setelah itu Comte Zhuang mengkhianati Huan dari Zhou dan menyerangnya. Raja Huan kemudian mengirim Adipati Guo (虢公) selama musim gugur tahun itu untuk menyerang Quwo dan untuk menempatkan putra Markis E dari Jin, Guang, di atas takhta Jin dan Guang menjadi Markis Ai dari Jin.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ According to the yearly chronicle of the feudal lords (No. 14 of "Records of the Grand Historian"). House of Jin (No. 39 of "Records of the Grand Historian" describes that the king was King Ping of Zhou, but King Ping of Zhou was dead in BC 720.
Jin E Hou
Cabang kadet Wangsa Ji
Wafat: 718 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Markis Xiao dari Jin
Markis Jin
724–718 SM
Diteruskan oleh:
Markis Ai dari Jin