Qimonda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Qimonda 512 MBit GDDR3
Qimonda AG
IndustriSemikonduktor
NasibMengajukan pailit di beberapa yurisdiksi
Didirikan2006
Kantor
pusat
Munich, Jerman
Tokoh
kunci
Kin Wah Loh, CEO: Thomas J. Seifert, CFO, COO
ProdukDRAM
PendapatanEUR 1,79 miliar (FY 2008)
Karyawan
Sekitar 13.000 pada puncaknya (2007).[1]; tidak ada jumlah resmi yang diperbarui sejak direstrukturisasi pada Okt 2008
Situs webhttp://www.qimonda.com

Qimonda AG (diucapkan "key-MON-da") adalah sebuah perusahaan memori yang memisahkan diri dari Infineon Technologies (Infineon sendiri adalah unit bisnis Siemens AG yang memisahkan diri) pada 1 Mei 2006 untuk membentuk perusahaan DRAM terbesar kedua di dunia pada waktu itu (menurut firma riset industri Gartner Dataquest). Berkantor pusat di Munich, Jerman, Qimonda adalah perakit semikonduktor 300 mm dan merupakan salah satu pemasok utama produk DRAM untuk pasar PC dan server. Infineon masih menguasai 77,5% sahamnya yang ditulis pada tahun 2008. Infineon ingin mendivestasikan dirinya dari saham tersebut dengan tujuan menjadi pemegang saham minoritas pada tahun 2009. Perusahaan ini telah menerbitkan 42 juta lembar saham ADR. Masing-masing saham ADR mewakili satu saham biasa di Qimonda.

Aliansi[sunting | sunting sumber]

Aliansi strategis Qimonda dengan Nanya Technology Corporation (usaha bersama dengan Inotera) berakhir sesaat sebelum dibeli oleh pesaingnya, Micron Technology, ketika Nanya menolak penawaran pengembangan bersama teknologi Buried Wordline milik Qimonda. Inotera terus memasok DRAM ke Qimonda sampai pertengahan 2009. Qimonda memiliki aliansi strategis lain dengan Suzhou Industrial Park Venture Co. Ltd. asal Tiongkok-Singapura, SMIC, Winbond Electronics Corporation, IBM, Altis, AMD (untuk produk grafis ATI), Toppan Photomasks, Spansion, dan Sandisk.

Produk[sunting | sunting sumber]

Situs perakitan[sunting | sunting sumber]

Pesaing[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Qimonda: Empresa perdeu 1º lugar na lista das maiores exportadoras para a Petrogal". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-17. Diakses tanggal 2012-01-13. 

Media[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]