Pusat Ekumenis Kun Iam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pusat Ekumenis Kun Iam
觀音蓮花苑
Pusat Ekumenis Kun Iam pada siang hari
Agama
AfiliasiBuddhisme
Lokasi
LokasiAvenida Dr. Sun Yat-Sen, New Port Area  Makau  Tiongkok
Arsitektur
ArsitekCristina Rocha Leiria
TipeKontemporer
Dibangun olehPemerintah Makau Portugal dengan dukungan UNESCO
Peletakan batu pertama1997
Rampung21 Maret 1999
Biaya konstruksi30 juta Pataca Makau
Tinggi maksimum32 meter

Pusat Ekumenis Kun Iam (Hanzi sederhana: 观音莲花苑; Hanzi tradisional: 觀音蓮花苑; Pinyin: Guānyīn liánhuā yuàn, Portugis: Centro de Ecuménico Kun IamInggris: Kun Iam Ecumenical Centre), penduduk lokal menyebutnya Patung Guan Yin, adalah sebuah karya terakhir yang merupakan bagian dari rangkaian Monumen Persahabatan Tiongkok-Portugal, terletak di sebuah pulau buatan yang terhubung ke tepi pantai oleh sebuah jembatan sepanjang 60 meter,[1] di seberang jalan Avenida Dr. Sun Yat-Sen, New Port Area, Makau, negara Republik Rakyat Tiongkok.[2]

Kun Iam (dalam bahasa Kantonis) adalah nama figur bodhisatva dalam Buddhisme Mahayana dan Vajrayana yang merupakan perwujudan sifat welas asih dan kasih sayang. Dalam bahasa Mandarin figur bodhisatva ini disebut "Guan Yin" dan dalam bahasa Sanskerta adalah Avalokitesvara.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Perencanaan dan pembangunan Pusat Ekumenis Kun Iam ini dilakukan oleh pemerintah Makau Portugal pada tahun 1997, dan pada tanggal 21 Maret 1999, pusat ini diresmikan pembukaannya oleh Perdana Menteri Portugal dan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Qian Qichen.

Pusat ini dirancang dan dibuat oleh arsitek dan pematung Portugal, Cristina Rocha Leiria, dengan dukungan UNESCO, dalam rangka untuk mempromosikan saling menghormati dan persahabatan antara sesama manusia dan peradaban.

Tahap akhir pembangunan dikerjakan oleh perusahaan pengecoran Grup Chén Guāng (晨光集團公司) dari Nanjing, Tiongkok, dengan memasang empat puluh tujuh (47) potong bagian di lokasinya saat ini.[3]

Total biaya pembangunan Pusat Ekumenis Kun Iam ini mencapai 30 juta Pataca Makau.[4]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pusat Ekumenis Kun Iam pada malam hari

Wajah patung ini secara khusus dirancang untuk menunjukkan "Universalitas" yang diekspresikan dalam konsep "Ekumenis" - tanpa menunjukkan ciri khas etnis tertentu.

Simbol dari pusat ini, patung Guan Yin, dibuat dari sekitar 50 ton bahan perunggu cor, dan memiliki ketinggian 20 meter. Sementara tinggi total keseluruhan Pusat Ekumenis Kun Iam ini beserta fondasinya yang berbentuk bunga lotus dengan enam belas (16) kelopak[5] adalah 32 meter.[1]

Bagian fondasi patung berbentuk seperti bunga lotus yang memiliki luas 600 meter persegi[4] mancakup sebuah Ruang Kontemplasi di mana pengunjung dapat beristirahat, mendengarkan musik, membaca, dan mendapatkan video, CD, buku, materi pengajaran, patung, dan berbagai informasi mengenai Pemikiran Timur, ditampilkan di Loket Informasi. Kubah ini didekorasi dengan figur, simbol, dan teks yang terkait dengan Lao Tse, Konfusius, Mencius, dan Buddha, dilukis pada kertas nasi oleh seniman lokal Kwok Woon dan Joana Ling.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Kun Iam Ecumenical Centre". Museu de Macau. Diakses tanggal 25 November 2016. 
  2. ^ "Macau Attractions". Travel China Guide. Diakses tanggal 24 November 2016. 
  3. ^ "觀音蓮花苑 Lotus Statue". Macau Central. Diakses tanggal 25 November 2016. 
  4. ^ a b "Macau Monuments and Sculptures". Macau Holiday. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-26. Diakses tanggal 25 November 2016. 
  5. ^ "KUN IAM ECUMENICAL CENTRE". Mini Cards. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-25. Diakses tanggal 25 November 2016.