Pumped Up Kicks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Pumped Up Kicks"
Singel oleh Foster the People
dari album mini Foster the People and the album Torches
Sisi-B
Dirilis14 September, 2010
Direkam2010
Genre
Durasi
  • 4:00 (album versi)
  • 3:38 (radio edit)
Label
PenciptaMark Foster
ProduserMark Foster
Kronologi singel Foster the People
"Pumped Up Kicks"
(2010)
"Helena Beat"
(2011)
Video musik
"Pumped Up Kicks" di YouTube

"Pumped Up Kicks" adalah sebuah lagu dari band indie pop Amerika Foster the People. Album ini dirilis sebagai single debut band pada bulan September 2010, dan tahun berikutnya disertakan di EP Foster the People dan album debut mereka bertajuk Obor. "Pumped Up Kicks" menjadi hit terobosan grup dan merupakan salah satu lagu paling populer tahun 2011. Lagu ini ditulis dan direkam oleh pentolan Mark Foster saat ia bekerja sebagai penulis komersial jingle. Kontras dengan komposisi musik yang ceria, liriknya menggambarkan pemikiran pembunuhan seorang pemuda bermasalah bernama Robert.

Lagu tersebut mendapat perhatian yang cukup besar setelah diposting secara online pada tahun 2010 sebagai unduhan gratis, dan itu membantu grup mengumpulkan kontrak rekaman multi-album dengan Columbia Records imprint Startime International. "Pumped Up Kicks" terbukti menjadi sleeper hit; pada tahun 2011, setelah menerima pemutaran signifikan di stasiun modern rock, lagu crossed-over ke stasiun radio hit kontemporer. Lagu ini menghabiskan delapan minggu berturut-turut di nomor tiga di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat, menjadikannya Billboard Alternative Songs pertama sebagai single nomor satu yang memecahkan rekor 5 besar AS sejak "Use Somebody" milik Kings of Leon pada tahun 2009. Lagu ini dipuji secara luas oleh para kritikus, dan telah dilisensikan untuk digunakan di berbagai media populer sejak dirilis. "Pumped Up Kicks" juga menerima nominasi Grammy Award untuk Best Pop Duo/Group Performance. Lagu ini tetap menjadi single hit paling sukses dari band ini hingga sekarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gilman, Hannah (June 14, 2012). "Usher Covers Foster the People's 'Pumped Up Kicks'". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September, 2016. Diakses tanggal July 23, 2016. 
  2. ^ "50 Best Singles of 2011 > 11. Foster the People, 'Pumped Up Kicks'". Rolling Stone. December 7, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2016. Diakses tanggal July 23, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]