Pulau Sherbro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar Landsat Warna Alami Pulau Sherbro, Sierra Leone. Di sebelah barat, terlihat Kepulauan Penyu.
Sherbro Island, Sierra Leone
CountrySierra Leone
ProvinceSouthern Province
DistrictBonthe District
Populasi
 (2013 estimate)
 • Total28.457
Zona waktuUTC±0

Pulau Sherbro berada di Samudera Atlantik, dan termasuk dalam Distrik Bonthe, Provinsi Selatan, Sierra Leone . Pulau ini dipisahkan dari daratan Afrika oleh Sungai Sherbro di utara dan Selat Sherbro di timur. Jaraknya 32 mil (51 km) panjangnya dan mencapai 15 mil (24 km) lebarnya, meliputi area seluas kira-kira 230 mil persegi (600 km2) . Ujung baratnya adalah Cape St. Ann . Bonthe, di ujung timur, adalah pelabuhan utama dan pusat komersial.

Secara historis, ini adalah bagian dari wilayah suku Sherbro yang bersejarah, yang mendominasi wilayah luas di wilayah yang sekarang disebut Sierra Leone. Saat ini mereka terkonsentrasi di bagian selatan dan tengah Distrik Moyamba . Mereka merupakan kelompok etnis terbesar di pulau ini, dengan total populasi 28.457 jiwa. Pulau ini memiliki panjang lebih dari 65 mil (105 km) pantai tropis. Ini telah dialokasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Pembangunan Sierra Leone untuk pengembangan pariwisata.

Aktivitas ekonomi[sunting | sunting sumber]

Budidaya padi rawa, pariwisata, dan perikanan merupakan kegiatan ekonomi utama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau Sherbro telah lama dihuni oleh suku Sherbro, yang secara historis mendominasi etnis lain di sebagian besar wilayah daratan. Penduduk pulau memiliki perekonomian yang didasarkan pada penangkapan ikan yang ekstensif. Mereka juga berdagang menggunakan perahu dengan masyarakat tetangga di desa-desa sepanjang pantai.

Selama invasi Mane pada abad ke-16, Sherbro menjadi pusat salah satu kerajaan utama mereka. [1] :227Raja sepanjang paruh pertama abad ke-17 adalah seorang pria bernama Sherabola atau Selboele, yang diambil dari nama pulau tersebut. [1] :232

Pada abad ketujuh belas penjelajah dan pedagang Portugis, Spanyol, dan Belanda datang ke daerah ini. Mereka berdagang dengan Sherbro dan suku-suku lain di sepanjang sungai hingga pedalaman. Mereka menyebut apa yang sekarang dikenal sebagai Sungai Sherbro sebagai Sungai Madrebombo, yang mungkin disebut "induk drum" dalam bahasa Spanyol. Surat-surat Belanda bertanggal 1633 menyebut sungai itu dalam variasi ejaan sebagai Maderebombo. Versi ejaan lainnya termasuk Madrabomba. (Lihat: Navigantium Atque Itinerantium Bibliotheca )

Pada abad ketujuh belas, Royal African Company, yang didirikan sebagai perusahaan monopoli di Inggris, mulai beroperasi di sini dan di Pantai Guinea sebagai pedagang. Meskipun awalnya mencari emas, khususnya di sepanjang Sungai Gambia, pada awal abad kedelapan belas RAC terlibat dalam perdagangan budak, yang dicakup oleh monopolinya.

RAC mendirikan benteng Kompeni yang dikenal sebagai Pulau York di Pulau Sherbro. Itu adalah pelabuhan untuk mengekspor budak Afrika ke Amerika. Thomas Corker, yang berasal dari Falmouth, Cornwall, telah bekerja dengan RAC selama lebih dari satu dekade ketika dia ditunjuk sebagai agen di sini pada akhir abad ketujuh belas. Ia menikahi putri seorang kepala suku Sherbro, dan kedua putra mereka menjadi kepala keluarga dinasti keluarga pedagang dan kepala suku di wilayah tersebut. Tak lama setelah dipindahkan ke Gambia, dia meninggal dalam perjalanan bisnis ke Inggris pada tahun 1700, namun keturunannya di Sierra Leone hidup dengan baik. [2]

Setelah Inggris Raya menghapuskan perdagangan budak Afrika internasional pada tahun 1808 dalam kemitraan dengan Amerika Serikat, Inggris menggunakan bekas benteng perdagangan RAC di Pulau Sherbro sebagai pangkalan operasi angkatan laut melawan pedagang budak ilegal. Budak yang dibebaskan dimukimkan kembali di koloni Freetown . Namun selama beberapa dekade berikutnya, Spanyol dan Portugal terus membeli budak Afrika untuk koloni mereka di Karibia, serta Amerika Tengah dan Selatan.

Pada tahun 1815 Paul Cuffe, seorang pembuat kapal Afrika-Amerika yang sukses di Boston, Massachusetts, tertarik untuk memukimkan kembali orang kulit hitam bebas di Afrika barat. Inggris telah melakukan ini di Freetown, Sierra Leone sejak tahun 1792. Di sana, para Loyalis Kulit Hitam dari Nova Scotia (orang Afrika-Amerika yang dibebaskan dalam Revolusi Amerika ) bergabung dengan kaum Maroon yang dideportasi dari Jamaika, orang-orang Afrika yang dibebaskan yang dibebaskan dari pedagang ilegal, dan beberapa kelompok etnis di wilayah Sierra Leone yang tertarik pada budaya barat., [3] menyatu menjadi etnis Kreol/Krio . [4] [5]

Cuffe percaya bahwa orang kulit hitam Amerika yang terampil dapat membantu mengembangkan perdagangan antara Sierra Leone dan Amerika Serikat, sehingga menguntungkan keduanya. Pada tahun 1815, ia memukimkan kembali sekelompok 88 orang bebas Amerika di Pulau Sherbro. Setelah kembali ke AS, Cuffe memasarkan muatan barangnya yang diambil di Freetown. [3]

Cuffe meninggal pada tahun 1817, tetapi American Colonization Society (ACS), yang didirikan pada tahun 1820 oleh para abolisionis dan pemilik budak, melanjutkan upaya untuk memukimkan kembali orang kulit hitam yang bebas di Afrika. Mereka menugaskan survei terhadap wilayah yang memungkinkan, termasuk Pulau Sherbro. Mereka menemukan John Kizell, seorang Sherbro lahir secara lokal yang telah kembali setelah ditangkap dan dijadikan budak di Carolina Selatan. Dia memperoleh kebebasan bersama Inggris selama Perang Revolusi Amerika dan termasuk di antara 1.200 Loyalis Kulit Hitam yang bermukim kembali di Freetown pada tahun 1792. Kizell menjadi pemimpin sejumlah orang Sherbro.

Kongres AS mengeluarkan undang-undang pada tanggal 3 Maret 1819, yang mengizinkan pengangkutan orang kulit hitam yang dibebaskan ke "tanah air" mereka. ACS mulai mengembangkan koloni di Afrika untuk orang kulit hitam Amerika yang bebas. Negara ini kemudian dikenal sebagai Republik Liberia . Pada periode ini, sebagian besar orang kulit hitam bebas (dan diperbudak) di AS adalah penduduk asli negara tersebut; mereka memiliki keluarga dan sejarah di sana. Mereka ingin mendapatkan persamaan hak dan perlakuan non-diskriminatif di AS.

Pada tahun 1821, kapal Elizabeth dari New York membawa 86 orang Afrika-Amerika yang bebas (termasuk misionaris Daniel Coker ), serta tiga agen ACS, sebagai kelompok pertama yang disponsori ACS ke Pulau Sherbro. Penyakit dan demam dengan cepat membunuh lebih dari seperempat calon pemukim. [6] Para penyintas pindah pada bulan April 1822 ke Pulau Providence di Cape Mesurado yang kemudian berkembang menjadi negara Liberia saat ini. [6]

Pada tahun 1861 Koloni Kerajaan Inggris di Freetown memperoleh Pulau Sherbro dari masyarakat Sherbro, menempatkannya di bawah yurisdiksi pemerintahnya. Sherbro terus tinggal di sana. Pemerintahan kolonial dan kemudian protektorat mengelolanya sampai Sierra Leone mencapai kemerdekaan pada tahun 1961.

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Bagian dari pesisir Pulau Sherbro

Pulau Sherbro diyakini sebagai tempat berkembang biaknya penyu hijau dan penyu belimbing .[7] Perairan di sekitar pulau ini memiliki tarpon terbesar di dunia. Rekor organisasi sportfishing IGFA telah dibuat dari hasil tangkapan dari daerah ini.

Populasi[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2013, rekor jumlah penduduk pulau yang ditetapkan Pemerintah Sierra Leone adalah 28.457 jiwa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Rodney, Walter (1967). "A Reconsideration of the Mane Invasions of Sierra Leone". The Journal of African History. 8 (2): 219–46. doi:10.1017/S0021853700007039. JSTOR 179481. Diakses tanggal 16 July 2023. 
  2. ^ Tattersfield, Nigel (1991). The Forgotten Trade: Comprising the Log of the 'Daniel and Henry' of 1700 and Accounts of the Slave Trade From the Minor Ports of England 1698–1725 (1778). London. hlm. 309–19. 
  3. ^ a b Harris, Sheldon H. Paul Cuffee: Black America and the African Return. New York: Simon & Schuster, 1972.
  4. ^ Walker, James W. (1992). "Chapter Five: Foundation of Sierra Leone". The Black Loyalists: The Search for a Promised Land in Nova Scotia and Sierra Leone, 1783–1870Perlu mendaftar (gratis). Toronto: University of Toronto Press. hlm. 94–114. ISBN 978-0-8020-7402-7.  Originally published by Longman & Dalhousie University Press (1976).
  5. ^ Dixon-Fyle, Mac; Cole, Gibril Raschid (2006). "Introduction". New Perspectives on the Sierra Leone Krio. New York: Peter Lang. hlm. 2–3. ISBN 978-0-8204-7937-8. A substantial part of this ex-slave population was Yoruba, but members of ethnic groups from other regions of the Atlantic (Igbo, Efik, Fante, etc) were also very much in evidence in this coterie of Liberated Africans. Individuals from ethnic communities indigenous to Sierra Leone were significantly represented among the Liberated Africans [...] Many a Temne, Limba, Mende, and Loko resident of Freetown, influenced by local European officials and missionaries, would come in time to shed their indigenous names, and cultural values, to take on a Creole identity which gave them a better chance of success in the rarefied Victorian ambience[sic] of a progressively westernized Freetown society. 
  6. ^ a b "Excerpt: 'This Child Will Be Great'". Npr.org. Diakses tanggal 2017-01-21. 
  7. ^ "MTN 54:10-12 Sea Turtle Nesting in Sierra Leone, West Africa". Seaturtle.org. Diakses tanggal 2017-01-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]