Pulau Batuberantai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Batuberantai
Koordinat01°14′10″LU,104°34′18″BT
NegaraIndonesia Indonesia
Gugus kepulauanSumatra
ProvinsiKepulauan Riau Kepulauan Riau
KabupatenBatam
Populasi-
Galat Lua: Coordinates not found on Wikidata.

Pulau Batuberantai merupakan salah satu pulau yang berada di Samudra Hindia. Pulau ini berada di sisi barat Pulau Sumatra. Pulau ini Masuk ke dalam gugusan Kepulauan Riau.

Secara administrasi, Pulau Batuberantai masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Batuberantai terletak di Selat Singapura dan berbatasan dengan Singapura.

Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006, pulau ini bernama Pulau Batuberhanti. Dari hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa bumi tahun 2007, Pulau Batuberhanti mengalami perubahan nama menjadi Pulau Batuberantai. Namun, tidak ada sumber yang menjelaskan kenapa pulau ini diberi nama Pulau Batuberantai.

Pulau Batuberhanti disebut juga dengan Pulau Batuberantai oleh masyarakat sekitar karena tampak beberapa gundukan batu kecil yang menyambung menjadi satu kesatuan. Secara fisik tampak seperti batu dan pasir yang muncul di permukaan laut. Apabila air pasang maka pulau ini akan tenggelam dan muncul dipermukaan hanya terlihat satu batuan tertinggi yang berwarna putih yang dijadikan titik Referensi.

Untuk menuju pulau ini sangat mudah karena ditunjang oleh alat transformasi yang tersedia setiap saat sepanjang pagi sampai siang hari.

Pulau Batuberantai tercatat sebagai salah satu pulau yang tidak berpenduduk.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]